• Home
  • News
  • H Andi Suhaimi Berikan Inovasi Lingkungan Hidup
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 29 Januari 2020 22:09:00

H Andi Suhaimi Berikan Inovasi Lingkungan Hidup

BAGIKAN:
Rahmat Purba | Pelita Batak
Labuhanbatu (Pelita Batak):
Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe didampingi Ketua TP PKK dan pimpinan 0PD(organisasi perangkat daerah) memberikan beragam inovasi lingkungan hidup, Rabu (29/1/2020).

Hal ini disampaikan Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe pada  giat bersosialisasi tentang kebersihan lingkungan di halaman kantor Bupati setempat.

"Dengan adanya sosialisasi tentang kebersihan lingkungan, masyarakat nantinya dapat mengetahui apa saja yang harus dilakukan terhadap lingkungan. Jangan pernah bosan, terus galakan dan pertajam. Selain itu, saya minta berikan inovasi untuk pelestarian lingkungan hidup," ucap Andi Suhaimi.

Andi Suhaimi pun mengajak seluruh komponen masyarakat agar selalu bersyukur kepada Allah SWT. Ucapan syukur tersebut menurutnya, sudah banyak kenikmatan yang telah diberikan Allah SWT kepada umat ciptaanNya. Selayaknya, ucapan syukur tersebut dibarengi dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan hidup.

"Apa yang disampaikan dalam doa yang kita dengar bersama. Hidup ini harus kita jaga yang dititipkan Allah SWT kepada kita. Karena, apa yang telah ada bukan titipan nenek moyang kita, melainkan titipan untuk anak dan cucu kita. Makanya, sudah sewajarnya kita harus melakukan yang terbaik untuk melestarikan lingkungan kita secara bersama-sama. Buat rasa aman dan nyaman," ucap Andi Suhaimi. 

Ada 16 bank sampah di Kabupaten Labuhanbatu. Ke-16 bank sampah tersebut akan menjadi pantuannya dan menurutnya, harus menghasilkan pundi-pundi ekonomi nantinya. Selain itu, dia (Andi Suhaimi) telah memiliki program. Program pembangunan untuk kedepannya bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Iabuhanbatu. Untuk itu, dia berharap dukungan dari berbagai elemen masyarakat agar berjalan program pembangunan tersebut nantinya.

"Ada 16 bank sampah di Kabupaten Iabuhanbatu. Bank sampah ini terus dalam pantauan saya. Karena, bank sampah ini harus menjadi pundi pundi perekonomian di Labuhanbatu nantnya. Selain hal itu juga, saya memiliki program untuk membangun fasilitas-fasilitas yang bermanfaat bagi masyarakat Labuhanbatu," ucapnya.

Alumni Institut Teknologi Medan (ITM) ini menginginkan, seluruh lapisan masyarakat harus menjadi pejuang pejuang pembangunan di Kabupaten Labuhanbatu. Sebagaimana dimaksudkan, terwujudnya pembangunan yang merata di seluruh daerah di Kabupaten Labuhanbatu akan memberikan dampak baik untuk generasi generasi penerus pada masa yang akan datang.

"Jadilah pahlawan atau, pejuang untuk perkembangan Kabupaten Labuhanbatu. Karena, berkembang dan majunya Kabupaten Labuhanbatu, untuk kesejahteraan anak-anak kita pada masa mendatang," ujarnya.

H Andi Suhaimi Dalimunthe juga menghimbau kepada perusahaan pabrik kelapa sawit agar dapat mengelola limbahnya sesuai dengan ketentuan peraturan yang ada. "Saya juga menghimbau kepada pihak pihak perusahaan pabrik agar mengelola limbahnya sesuai aturan. Jika ada pihak kami cerewet, semata-mata bukan karena unsur pribadi. Namun, Kita menjalankan sesuai ketentuan perundang-undangan. Bila ada perusahaan yang masih membandel, tidak menutup kemungkinan kita lakukan teguran sesuai prosedur. Kalau pelanggaran berat, kemungkinan besar pabrik akan kita tutup," terangnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Labuhanbatu H Kamal Ilham Nasution mengutarakan, Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu melalui pihaknya terus menggalakan kebersihan lingkungan di setiap Wilayah Kecamatan. Selain itu, memberikan himbauan kepada pihak-pihak perusahaan pabrik kelapa sawit. "Alhamdulillah, kita sedang galakan bersih-bersih lingkungan. Membidik sampah-sampah disetiap kecamatan dan membawa/mengumpulkannya ke bank sampah. Melatih kader-kader kebersihan agar dapat berperan serta mensosialisasikan tentang pelestarian lingkungan hidup. Bagi perusahaan pabrik kelapa sawit juga telah kita berikan himbauan secara berkala," tutur Kamal Ilham.

Adapun laporan yang disampaikannya Ketua pelaksana Ida Farida pada kegiatan peringatan hari lingkungan hidup tahun 2019 yaitu, penyaluran bantuan dari Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu berupa 2 unit Viar yang nantinya diserahkan ke Bank Sampah Desa Sidorukun Kecamatan Pangkatan dan Desa Pondok Batu Kecamatan Bilah Hulu.

"Kemudian, pembagian trophy/piala dan sertiiikat kepada pemenang perlombaan, sertiiikat kepada pihak perusahaan, 2 orang aktitis pemerhati lingku ngan, sertiiikat untuk 15 orang guru pemerhati ling-kungan, sertiiikat Adiwiyata, 5 unit angkong diberi-kan kepada sekolah dan pemerintah desa serta penyantunan anak yatim dan kaum dhuafa. Terakhir, akan dilaksanakan penanaman pohon bersama forkopimda (forum komunikasi pimpinan daerah) secara bersama-sama. Anggaran kegiatan berasal dari APBD Kabupaten Labuhanbatu melalui Dinas Lingkungan Hidup  2019," tutupnya.(Rahmat Purba)
  BeritaTerkait
  • Pemkab Labuhanbatu Sambut TimPuja Indah Tebing Tinggi

    2 bulan lalu

    Labuhanbatu (Pelita Batak):Berdasarkan surat Sekeretaris Daerah Kabupaten Labuhanbatu, Ahmad Muflih,S.H.,M.M. Nomor 005/5578/Litbang/I/XII/2019, Tanggal 13 Desember 2019 Perihal Penyambutan Kunjungan

  • Bupati Labuhanbatu Hadiri Sarasehan di Selat Beting

    2 bulan lalu

    Labuhanbatu (Pelita Batak):Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT bersama Kasdim 0209/LB, Wakil Ketua KTNA Provinsi Sumatera Utara H. Raya Pasaribu, Ketua Komisi Penyuluh Kabupaten Labuh

  • Ketua TP.PKK Labuhanbatu Berikan Materi Penyuluhan Kesehatan Ibu, Bayi dan Anak

    2 minggu lalu

    Labuhanbatu (Pelita Batak):Bertempat di lapangan dusun Sukaramai desa tebing linggahara kecamatan bilahbarat, Senin (10/2/2020) ketua tim penggerak PKK kabupaten labuhanbatu Hj.Rosmanidar hasibuan mem

  • Ini Tiga Anggota Dewan Riset Nasional (DRN) Bermarga Batak

    8 bulan lalu

    Jakarta (Pelita Batak):Anggota Dewan Riset Nasional (DRN) masa bakti 2019-2022 resmi dikukuhkan. Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir memimpin pengukuhan anggo

  • Tengku Erry Minta Berikan Pelayanan Kesehatan Terbaik Kepada Masyarakat

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Kesehatan merupakan salah satu faktor penentu kualitas sumber daya manusia. Kesehatan merupakan syarat untuk melakukan aktivitas secara optimal dan pada gilirannya akan berpengaru

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb