• Home
  • News
  • Gotong Royong Massal Bersihkan Cadika Pramuka
KSP Makmur Mandiri
Sabtu, 19 November 2016 17:21:00

Gotong Royong Massal Bersihkan Cadika Pramuka

BAGIKAN:
Ist|PelitaBatak

Medan (Pelita Batak) :
Setelah Kecamatan Medan Marelan, kini giliran Kecamatan Medan Johor menjadi lokasi gotong royong massal kerjasama masyarakat dengan Pemko Medan dibantu  aparat TNI dan Polri, Sabtu (19/11/2016). Objek gotong royong difokuskan di Lapangan Cadika Pramuka Jalan Karya Wisata Medan. Selain membersihkan kolam, gotong royong dilakukan untuk pembuatan parit pembuatan parit pembatas, serta pembersihan sampah hasil pembakaran barang bukti narkoba.

Gotong royong ini dipimpin langsung Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi didampingi Wakil Wali Kota, Ir Akhyar Nasution MSi. Sejumlah SKPD terkait, Dinas Bina Marga, Dinas Pertamanan, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan, Dinas pencegah dan Pemadam Kebakaran serta seluruh jajaran Kecamatan Medan Johor terlibat dalam gotong royong tersebut.

Kebetulan saat gotong royong digelar, Kwarcab Pramuka Kota Medan tengah menggelar Pertemuan Pramuka Penegak dan Pendega (Raimuna) Cabang VII Kota Medan di lokasi yang sama. Kehadiran para pramuka ini sangat positif, sebab mereka langsung ikut membantu dalam gotong royong tersebut. Apalagi salah satu fokus gotong royong yang dilakukan yakni pembuatan camping ground yang nantinya akan dipergunakan para pramuka.

Gotong royong diawali dengan apel bersama yang dipimpin Wakil Walikota. Dalam arahan singkatnya, Akhyar memberikan sejumlah instruksi sehingga gotong royong yang akan dilakukan nanti maksimal.Setelah itu seluruh peserta gotong royong dibagi menjadi empat tim, masing-masing tim selanjutnya bertugas untuk  membuat camping ground, pembuatan parit pembatas, pembersihan kolam, dan pembersihan sampah hasil pembakaran barang bukti narkoba.

Untuk mendukung kelancaran gotong royong, Dinas Bina Marga menurunkan sejumlah alat berat, terutama pembuatan camping ground maupun parit pembatas. Kemudian Dinas Pertaman menurunkan mobil tangga  untuk memotong dahan-dahan pohon yang dinilai sudah tua dan rapuh. Selain itu petugas Dinas Pertamanan dipimpin langsung sang kadis, Zulkifli Sitepu melakukan pengecetan pot-pot bunga yang warna cetnya sudah pudar akibat terkena panas dan hujan.

Di sisi lain sejumlah petugas BNPB menggunakan sampan kecil membersihkan permukaan kolam dari sampah. Gotong royong ini dimulai sekitar pukul 07.00 WIB, seluruh peserta gotong royong  dengan penuh semangat dan tan akenal lelah sedikit pun bekerja untuk menjadikan Lapangan Cadika Pramuka menjadi lebih bersih dan indah. Selain digunakan sebagai lokasi perkemahan maupun outbond, lokasi itu acap kali dijadikan sebagai tempat wisata keluarga.

Itu sebabnya Wali Kota minta agar Lapangan Cadika Pramuka harus bersih dari sampah dan dipelihara keasriannya. Apalagi lokasi ini menjadi salah satu ruang terbuka sekaligus hutan kota yang dimiliki Kota Medan. “Jadi saya ingin tempat ini benar-benar terawat dan terjaga keindahannya. Setelah gotong royong ini selesai dilakukan, kita minta jajaran Kecamatan Medan Johor benar-benar menjaga dan mengawasi tempat ini,” kata Wali Kota.

Selanjutnya Eldin mengungkapkan rasa senangnya, sebab setelah dua kali digelar gotong royong massal ini, animo masyarakat mengikutinya cukup tinggi. Hal ini menunjukkan keinginan menjadikan gotong royong sebagai budaya dalam kehidupan sehari-hari direspon positif masyarakat. Untuk itu Eldin ingin gotong royong ini terus ditumbuhkembangkan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. “Saya minta camat dan lurah agar terus mengajakuntuk terus bergotong royong, minimal membersihkan parit yang ada di depan rumahnya amsing-masing,” pesannya.

Didampingi Wakil Wali Kota beserta sejumlah pimpinan SKPD, Wali Kota selanjutnya meninjau seluruh lokasi gotong royong. Selain ingin melihat sejauh mana hasil gotong royong yang dilakukan, Eldin ingin memberikan motivasi kepada seluruh peserta gotong royong untuk lebih semangat lagi. Di samping itu tak lupa Wali Kota memberikan arahan, terutama kepada Kadis Bina Marga, Khairul Syahnan untuk dkitindaklanjuti dalam gotong royong tersebut.

Sama seperti Wali Kota, Wakil Wali Kota juga sangat senang melihat partisipasi masyarakat mendukung gotong royong ini semakin tinggi.  Dia menilai hal itu menunjukkan tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup bersih mulai tinggi. Di samping itu masyarakat telah menyadari bahwa Medan menajdi rumah tempat tinggal yang harus terus dijaga dan dirawat. “"Saya merasa sangat senang, kepedulian kita terhadap kebersihan lingkungan semakin tumbuh,"ujar Akhyar.

Untuk itulah bilang Akhyar, Wali Kota telah mengistruksikan agar setiap Sabtu pagi digelar gotong royong masyarakat. Selain masyarakat dan jajaran Pemko Medan, gotong royong ini juga akan didudukung penuh petugas Polri dan TNI. “Medan adalah rumah kita. Jadi marilah sama-sama kita jaga kota kita ini, Pemko Medan tidak dapat bekerja sendiri, perlu dukungan dari seluruh lapisan masyarakat,"ungkapnya. (TAp)

  BeritaTerkait
  • 1.000 Personel Akan Bersihkan Kawasan Jalan Kampar Belawan

    5 hari lalu

    Medan (Pelita Batak):Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 21 Februari mendatang, Pemko Medan akan menggelar gotong royong massal di kawasan Medan Belawan, tepatnya di Jalan Kam

  • Gotong Royong Jadikan Kehidupan Manusia Modern Lebih Berdaya dan Sejahtera

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Wali Kota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (P3APM) Kota Medan, H. Damikrot, S. Sos,

  • Pemko Medan Rencanakan Danau Griya Martubung Jadi Wisata Air Kembali

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Kadis Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Medan HM Husni meninjau kawasan Danau Griya Martubung di Jalan Pancing, Kelurahan

  • Wali Kota Ajak Warga dan Semua Pihak Bersihkan Sungai Kera

    8 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH mengajak seluruh warga yang bermukim di sepanjang pinggiran Sungai Kera untuk mendukung gotong royong massal guna membersihkan sungai

  • Camat dan Lurah Tak Peduli, Warga Blok 4 dan Blok 8 Griya Martubung Tetap Bersihkan Saluran

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Menjadi langganan banjir saat musim penghujan, warga blok 4 dan blok 8 Griya Martubung bersepakat mengadakan gotong royong membersihkan parit dan saluran air lainnya.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb