• Home
  • News
  • Gorga Batak Sudah Ada, Ornamen Melayu di Underpass Titi Kuning Dirasa Kurang Menonjol
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 28 Januari 2020 18:47:00

Gorga Batak Sudah Ada, Ornamen Melayu di Underpass Titi Kuning Dirasa Kurang Menonjol

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Medan (Pelita Batak):
Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Kadis Perdagangan Kota Medan Damikrot menghadiri Rapat Pembahasan Ornamen Underpass Titi Kuning di Kantor Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) II Medan Jalan Sakti Lubis No 1, Selasa (28/1).

Rapat ini dipimpin Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) II Medan Selamet Rasidi. Ia mengatakan bahwa masyarakat Etnis Melayu mengkritik terkait penggunaan motif ornamen Melayu yang dinilai kurang dan tidak menonjolkan nilai Melayu karena Kota Medan merupakan Tanah Melayu.

"Adanya keinginan bahwa ini adalah tanah melayu seharusnya berbau melayu. Tentunya kamu harus bersikap adil dan menampung keinginan dari masyarakat etnis Melayu yang ada di Kota Medan tetapi untuk menonjolkan Budaya Melayu yang ada di underpass tersebut sebab Kota Medan merupakan Tanah Melayu," ungkap Selamet.

Lebih lanjut Selamet menjelaskan akan menambah ornamen tepak sirih yang akan diletakkan di pintu masuk dan pintu keluar underpass tersebut nantinya sesuai usulan yang diajukan salah satu sejarawan Kota Medan.

"Ornamen yang telah ada tidak akan diubah tetapi akan ditambah dengan lebih menonjolkan budaya Melayu dengan menambah ornamen di bagian pintu masuk dan pintu keluar. Sehingga budaya Melayu lebih ditonjolkan," jelasnya.

Motif ornamen yang berada pada Underpass Titi Kuning saat ini diantaranya motif Semut Beriring dan motif Lebah Bergayut dari Etnis Melayu; motif Tapak Sulaiman, motif Pangeret-eret dan motif Embun Sikawetan dari Etnis Karo, dan motif Sopo Panision dari Etnis Mandailing.

Selanjutnya ada motif Pahu-pahu Natundal, motif Gorga Ganjo Mardompak dan motif Gorga Hail Putor dari Etnis Simalungun; motif Boras Pati, motif Adop Adop dan motif Simeol Eol dari Etnis Toba; motif Songket Batu Bara dari Etnis Melayu Batu Bara dan yang terakhir motif Gorga Parsalimbat dari Etnis Phak Phak.

Menanggapi hal tersebut, Kadis Perdagangan Kota Medan Damikrot mengungkapkan bahwa Pemerintah Kota Medan menyambut baik ditambahkannya ornamen Melayu di Underpass Titi Kuning, tentunya penambahan ornamen Melayu akan semakin memperindah dan mempercantik kawasan Underpass Titi Kuning tersebut.

"Saat ini ornamen di Underpass Titi Kuning selain ornamen Melayu terdapat juga Ornamen dari Kebudayaan lokal Kota Medan. Sebagai Kota Multikultural dengan beragam kebudayaan tentunya penambahan ornamen Melayu akan semakin memperlihatkan jati diri dan mencitrakan Kota Medan yang merupakan Tanah Melayu," katanya.

Selain dari Pemko Medan, rapat ini juga dihadiri sejarawan, pengamat jalan secara teknis, mewakiki Gubernur Sumut, perwakilan dari Etnis Melayu Kota Medan, beberapa staf BBPJN II Medan, serta beberapa OPD terkait dilingkungan Pemko Medan.(KR|TAp)
  BeritaTerkait
  • Tengku Erry Video Conference dengan Presiden di Underpass Titi Kuning Soal Sertifikasi Tenaga Kerja

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka acara percepatan sertifikasi tenaga kerja konstruksi secara  serentak di seluruh Indonesia tahun 2017 di Gelora Bung Karno, Senayan Jak

  • Instalasi PDAM dan PLN Ganggu Pengerjaan Underpass Titi Kuning

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Progres proyek pembangunan underpass Titi Kuning Medan sudah mencapai 50 persen. Belum dipindahkannya saluran air minum milik PDAM Tirtanadi di jalur Jl Brigjen Katamso dan instal

  • Evaluasi Penataan Infrastruktur Jalan dan Drainase Medan

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Pemko Medan terus fokus membenahi infrastruktur baik jalan maupun drainase yang ada di Kota Medan. Pembenahan itu dilakukan dalam rangka  untuk menjadikan Medan Rumah Kita se

  • Dua Jam Arungi Sungai Deli, Gubsu Tiba di Jalan Perdana

    7 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi bersama Gubsu Edy Rahmayadi mengarungi Sungai Deli, Selasa (10/9). Arung sungai dilakukan dalam rangka Pesta Sungai Deli 2019 yang d

  • Pemko Medan Dukung USAID IUWASH PLUSH Tingkatkan Akses Air Bersih dan Sanitasi

    5 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Pemko Medan mendukung penuh program USAID Indonesia Urban Water, Sanitation and Hygiene Penyehatan Lingkungan Untuk Semua (IUWASh PLUS) dalam rangka peningkatan akses air bersih d

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb