• Home
  • News
  • GenPI Sumut Hadirkan Parapat Night Market, Destinasi Digital Para Milenial
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 02 November 2018 09:57:00

GenPI Sumut Hadirkan Parapat Night Market, Destinasi Digital Para Milenial

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Medan (Pelita Batak):
Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Sumatera Utara melakukan terobosan. Bersama GenPI Danau Toba, mereka akan merilis Parapat Night Market, Sabtu (3/11). Wisatawan milenial sekitar Danau Toba, menjadi target utama destinasi ini.

Menurut Ketua GenPI Sumut, Fito Fitato, Parapat Night Market digelar mulai pukul 19.00 WIB. Event ini diluncurkan sebagai destinasi baru di Danau Toba.

"Pada gelaran perdana nanti, kami akan menyuguhkan pentas seni. Berupa tarian dan musik tradisional khas Batak. Intinya kami akan mengenalkan budaya Batak pada para pengunjung. Di samping itu, kami siapkan 15 stand kuliner tradisional yang bisa dinikmati para pengunjung," ujarnya, Kamis (1/11) malam.

Fitato menambahkan, Parapat Night Market akan dipusatkan di daerah Pagoda. Yakni, sebuah tempat yang juga disebut Pasar Jumpa Tengah di kawasan Tebing Tinggi. Namun, belakangan lokasi ini lebih popular dengan sebutan Stage Parapat. 

"Kini, Stage Parapat menjadi salah satu ikon yang secara geografis masuk dalam wilayah Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara," imbuhnya.

Untuk menyukseskan Parapat Night Market, sejumlah spot foto yang instagramable disiapkan. Pengunjung bisa memanfaatkannya untuk melakukan swafoto.

"Tidak bisa dipungkiri, peran generasi milenial dalam mempopularkan sebuah destinasi wisata cukup besar. Diakui atau tidak, sebagian dari mereka terbiasa hunting spot-spot menarik untuk swafoto, lalu mempublish-nya di media sosial," ucapnya.

Parapat Night Market diharapkan menjadi gebrakan positif yang akan membuat Stage Parapat semakin dikenal. Sebab, GenPI Sumut berupaya menghidupkan Stage Parapat. Caranya, dengan menghadirkan pertunjukan secara kontinue.

"Rencananya, setelah kegiatan Parapat Night Market, akan dilanjutkan dengan pentas seni setiap Sabtu dan Minggu malam. Sasarannya para tamu hotel yang biasanya kebingungan mencari tempat hiburan saat malam," tandasnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik peluncuran destinasi yang menyasar generasi milenial. Menpar menjelaskan, destinasi digital adalah destinasi yang heboh di dunia maya, viral di media sosial, dan nge-hits di Instagram.

"Sedangkan gmilenial atau lebih populer kids zaman now sering menyebut diferensiasi produk destinasi baru ini dengan istilah Instagramable. Saya ingin tahun 2018 ini ada 100 destinasi digital di 34 provinsi di Tanah Air," kata Arief.

Digital destination, lanjutnya, menjadi tuntutan di era booming teknologi, yakni generasi milenial merupakan konsumen yang paling haus akan pengalaman dibanding generasi-generasi sebelumnya. Hasil survei di seluruh dunia (Everbrite-Harris Poll, 2014) membuktikan bahwa milenial lebih memilih menghabiskan uang mereka untuk pengalaman ketimbang membeli barang-barang. (TAp|rel)
  BeritaTerkait
  • Jemput UNESCO Global Geopark, Hidupkan The Kaldera Danau Toba

    12 bulan lalu

    TOBASA (Pelita Batak):Selama di The Kaldera Danau Toba, Menpar Arief Yahya juga meminta progress perkembangan UGG - UNESCO Global Geopark yang ditargetkan tahun 2019 ini masuk. Tidak ada pilihan lain,

  • Kemenpar Siapkan Danau Toba Go Digital

    4 tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Danau Toba sebagai satu dari 10 'Bali Baru' terus dibenahi pemerintah. Kemenpar pun siap memasarkannya lewat digital.   Progres percepatan destinasi prio

  • Superstar Libra Bikin Pariwisata Sumut Makin Berdenyut

    2 tahun lalu

    Batubara (Pelita Batak):Pariwisata Sumatera Utara (Sumut) memasuki era baru. Kehadiran Kapal Pesiar Superstar Libra menjadi momentumnya. Kapal ini bersandar di Pelabuhan Kuala Tanjung, Kabupaten Batu

  • BPODT Bangun The Kaldera - Toba Nomadic Escape, Destinasi Kelas Dunia di Danau Toba

    tahun lalu

    SIBISA TOBASA (Pelita Batak):Semakin mantap. Status Danau Toba sebagai Destinasi Super Prioritas semakin dipertegas dengan hadirnya destinasi kelas dunia. Namanya The Kaldera Toba Nomadic Escape. Dest

  • LinkAja Meriahkan Pekan QRIS Nasional 2020 di Medan Melalui Kerja Sama Strategis

    4 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Kegiatan Pekan QRIS Nasional 2020 yang sedang dilaksanakan di 46 kota di seluruh Indonesia terhitung sejak 9 hingga 15 Maret 2020 bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb