• Home
  • News
  • Gelar Natal Bersama di Pearaja, DPP KMDT Ajak Masyarakat Kawasan Danau Toba Dukung Pembangunan
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 30 Desember 2020 07:02:00

Gelar Natal Bersama di Pearaja, DPP KMDT Ajak Masyarakat Kawasan Danau Toba Dukung Pembangunan

BAGIKAN:
ist| Pelita Batak
Para pengurus KMDT dipimpin Ketua Umum St. Edison Manurung memberikan sambutan pada Perayaan Natal KMDT di Gereja Pearaja, Tarutung Minggu (27/12/2020)
Taput (Pelita Batak):
Puncak kegiatan Perayaan Natal Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) dilaksanakan dengan ibadah natal, yang khidmat di Gereja HKBP Pearaja, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Minggu (27/12/2020). Natal dalam suasana pandemik Covid-19, KMDT mengajak seluruh masyarakat khususnya warga Tapanuli Raya untuk mendukung program pembangunan yang dilakukan Pemerintahan Joko Widodo untuk kawasan Danau Toba.

Acara yang digelar dengan protokol kesehatan dan disiarkan secara live streaming tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat daerah, para pendeta, DPP KMDT dan pengurus KMDT se-Kawasan Danau Toba, dan warga sekitar.

Dikatakan Edison Manurung, Danau Toba yang merupakan danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara memiliki potensi yang sangat besar untuk memajukan kawasan sekitarnya bahkan Indonesia. Kekayaan alam, budaya dan sosial ekonomi yang dimilikinya mampu menarik perhatian seluruh warga dunia.

"KMDT lahir sebagai bukti keikutsertaan masyarakat kawasan danau toba untuk mendukung pemerintah dalam ,mewujudkan pembangunan di kawasan danau toba. Pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden kita Bapak Ir Joko Widodo, Danau Toba telah mendapat perhatian besar, kita sebagai masyarakat bersama pemerintah daerah dan seluruh elemen harus mendukung," ujar Edison.


Penyerahan bingkisan natal bagi waarga persembahan Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Martuani Sormin
secara simbolik

Dipesankan Edison, bahwa pembangunan danau toba bukan semata hanya sekitar danau saja, melainkan juga seluruh kawasan di Sumatera Utara akan merasakan manfaatnya. Konektifitas tempat-tempat wisata yang ada di 33 Kabupaten/Kota akan saling terkait dan mendukung. Seperti di Tarutung ada wisata rohani, sebagai tempat dimana kantor pusat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), wisata rohani Salib Kasih dan lain sebagainya.

Mantan Ketua DPP KNPI itu juga menyampaikan pesan Natal, dimana Kristus lahir sebagai pembawa damai. “Karena itu, masyarakat di kawasan Danau Toba juga harus selalu menghadirkan damai, terlebih agar pembangunan Danau Toba bisa segera dituntaskan. Jangan ada lagi masalah-masalah yang timbul. Sama-sama kita dukung Presiden Jokowi. Sebab apa yang tengah dikerjakan semua juga untuk kebaikan rakyat,” seru Edison.

Selain acara ibadah natal, pada kesempatan itu juga diberikan tali kasih berupa paket Natal dari Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Martua Sormin kepada jemaat, baik di wilayah Taput maupun daerah lain di Danau Toba, sebanyak 400 paket.

Rencananya, pada 5 Januari 2021, DPP KMDT dengan Anggota DPR RI Ependi Sianipar dan bekerja sama dengan Dirjen Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI akan menyebarkan ribuan benih ikan di Danau Toba.

Sementara itu Enni Pasaribu Wakil Ketua Umum DPP KMDT yang juga hadir pada Perayaan Natal tersebut mengakui banyak potensi besar yang bersemayam di KMDT. “Sekarang tinggal bagaimana kita memadukan potensi-potensi tersebut agar bisa menjadi kekuatan besar dalam mendorong percepatan pembangunan kawasan Danau Tiba mendunia,” katanya.

Tidak dipungkiri, pemikir-pemikir dari keluarga besar masyarakat danau toba yang tersebar di seluruh Indonesia dan dunia akan memberikan sumbangsih ide, tenaga dan hal lain untuk mewujudkan pembangunan kawasan danau toba. Termasuk di dalamnya pembangunan generasi unggul, sehingga pengelolaan kawasan berdasarkan kepentingan masyarakat dan berkelanjutan. (TAp)
  BeritaTerkait
  • Bermarga Hasibuan, Erry Harapkan Negeri Berbilang Kaum Makin Harmonis

    5 tahun lalu

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi ditabalkan bermarga Hasibuan oleh tokoh adat dan Raja-raja Luhut di Kabupaten Padang Lawas (Palas), Minggu (28/8/2016). Marga Hasibuan merupakan marga ketiga yang disandang Tengku Erry Nuradi set

  • Susun Program Kerja, Panitia Natal Bersama KMDT 2020 Gelar Rapat Perdana

    8 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Sebagai bentuk keseriusan dan komitmen untuk pelaksanaan natal Komite Masyarakat Danau Toba bersama Masyarakat Kawasan Danau Toba, panitia pelaksana menggelar rapat penyusunan pro

  • Terima Audiensi DPP KMDT, Kapolda Sumut Dukung Program Menciptakan SDM Unggul Kawasan Danau Toba

    7 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs Martuani Sormin MSi mengapresiasi sejumlah program kerja yang dilakukan Komite Masyarakat Kawasan Danau Toba (KMDT) diantaranya untuk membangun SDM Un

  • Ketua Umum KMDT, St Edison Manurung Ucapkan Selamat untuk Ephorus HKBP Pdt Dr Robinson Butar-butar

    4 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Ketua Umum Komite Masyarakat Danau Toba St Edison Manurung mengapresiasi proses berjalannya Sinode Godang HKBP yang tertib dan sangat demokratis serta mengikuti protokol kesehatan

  • Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting Dukung Program Kerja KMDT

    3 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting mendukung program Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) untuk mempercepat pembangunan pariwisata di kawasan Danau Toba. Pembangunan kawasan danau To

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb