• Home
  • News
  • Gagahnya Nikson Nababan Kenakan Tunggal Panaluan dan Piso Halasan di Partangiangan Borsak Mangatasi Se-Tapanuli Raya
KSP Makmur Mandiri
Senin, 14 Oktober 2019 07:16:00

Gagahnya Nikson Nababan Kenakan Tunggal Panaluan dan Piso Halasan di Partangiangan Borsak Mangatasi Se-Tapanuli Raya

BAGIKAN:
Ist|PelitaBatak
Nikson Nababan usai 'Dibulang-bulangi'

Tarutung (Pelita Batak):

Ribua warga keturunan Borsak Mangatasi (Nababan), Boru, Bere dan Ibebere se-Tapanuli Raya, menghadiri acara Partangiangan (Doa Syukuran) ke-64 Borsak Mangatasi se-Tapanuli Raya di Lapangan Oppu Gaja Nababan, Desa Sitabotabo, Kecamatan Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara Minggu (13/10/2019).


Rombongan Borsak Mangatasi yang datang dari berbagai penjuru Se-Tapanuli Raya, juga dihadiri sejumlah tokoh bermarga Nababan dari luar daerah.

Partangiangan Borsak Mangatasi ke-64, yang mengambil tema Efesus 4:3 'Haringgashon Mangaradoti Hasadaon' (Berusahalah Memelihara Kesatuan Ruh Dalam Ikatan Sejahtera) diawali dengan ibadah kebaktian Minggu, kemudian dirangkai dengan upacara adat Batak dan penampilan Tortor Sigale-gale yang dibawakan rombongan Borsak Mangatasi (Nababan) kabupaten Humbang Hasundutan.

Ketua Panitia, Liberty Nababan menyampaikan Partangiangan Borsak Mangatasi se-Tapanuli Raya digelar setiap tahun sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Dikatakannya, hingga saat ini keturunan marga Nababan telah mampu berkiprah diantara marga-marga Batak lainnya, baik tingkat daerah nasional maupun Internasional.

Pada kesempatan itu salah seorang putra terbaik marga Nababan, Nikson Nababan, yang juga sebagai Bupati Tapanuli Utara mendapat kehormatan dan 'Dibulang-bulangi'.

(Diberi seperangkat pakaian kebesaran adat Batak) sebagai rasa syukur marga Nababan, atas terpilihnya kembali Nikson Nababan memimpin kabupaten Tapanuli Utara untuk periode ke-dua, masa jabatan 2019-2024.

Sebagaimama diketahui, Nikson Nababan kembali memenangi Pemilukada Tapanuli Utara 17/4/2018 dan telah dilantik untuk masa jabatan periode kedua 2019-2024.

"Terimakasih atas dukungan yang saya dapatkan pada Pemilukada yang lalu, saya dipercaya memimpin Tapanuli Utara untuk lima tahun ke depan," kata Nikson yang terlihat gagah dengan pakaian khas Batak dengan tunggal panaluan dan piso halasan.

Nikson menyampaikan terimakasih kepada Toga Sihombing, (Silaban, Lumbantoruan, Nababan, Hutasoit) dan seluruh warga Taput yang masih memberikan kepercayaan kepadanya untuk memimpin Tapanuli Utara.

"Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan saya kebijakan dan kekuatan dalam melanjutkan amanah yang diberikan," ucapnya.(mr|int )

  BeritaTerkait
  • Pagelaran Adat Budaya Sianturi Lumban Gambiri

    5 bulan lalu

    Muara, Tapanuli Utara (Pelita Batak):Pesta partangiangan bolon atau doa syukuran Sianturi Lumban Gambiri se-Indonesia 2019 yang digelar selama tiga hari berturut-turut, di Huta Sihilap, Kecamatan Muar

  • Taput Gelar Pagelaran Kesenian di PRSU, Dr RE Nainggolan MM : Tidak Ada Pemimpin yang Sempurna

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Bupati Tapanuli Utara periode 1999-2004, Dr RE Nainggolan MM, mengatakan tidak ada pemimpin atau manusia yang sempurna. Namun dengan dukungan semua masyarakat, pemimpin aka

  • Setelah Lelang Produk Pertanian, Pemkab Taput Bentuk Penjaminan Harga

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan merencanakan akan menerbitkan kebijakan penjaminan harga produk pertanian. Harga produk pertanian akan dijamin pemerintah, sehin

  • Nikson Nababan Ajak DPRD dan Mahasiswa Bersama di Panggung

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Ribuan warga menghadiri Pagelaran Malam Kesenian Tapanuli Utara (Taput) di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) Tapian Daya, Jl Gatot Subroto Medan, Sabtu (25/3/2017). Bupati T

  • Buka FDT 2016, Pagar Betis Siswa Puluhan Kilo Meter Sambut "Karnaval Pejabat"

    3 tahun lalu

    Muara (Pelita Batak) :<br></br> Pembukaan Festival Danau Toba 2016 di Muara, Tapanuli Utara berlangsung dengan "karnaval pejabat". Ratusan siswa/siswi SMA menjadi pagar betis sepanjang jalan dari Bandara Silangit hingga lokasi acara

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb