• Home
  • News
  • GAMKI Dukung Pemprov Sumut dalam Penanganan Pencemaran Bangkai Babi
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 21 November 2019 17:05:00

GAMKI Dukung Pemprov Sumut dalam Penanganan Pencemaran Bangkai Babi

BAGIKAN:
Ist|pelitabatak

Medan (Pelita Batak):

Buah dari pertemuan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi  dengan warga Kristen di Sumatera Utara pada hari Selasa (19/11/2019) di Aula Rumah Dinas Gubsu Jln. Sudirman, Medan, Sumatera Utara, kemarin memberikan dampak strategis bagi kerukunan di Sumatwra Utara.

Pada kesempatan itu, Gubernur Edy memaparkan pencemaran lingkungan yang diakibatkan pembuangan bangkai babi oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Gubernur juga menyampaikan bahwa pembuangan bangkai tersebut adalah hal yang sensitif dan dapat merusak nama baik Sumatera Utara.


Pada kesempatan itu Gubernur meminta kepada GAMKI SUMUT dan DPC GAMKI Kota Medan sebagai pelaksana di lapangan untuk berkerjasama dan turun kelapangan untuk ikut membersihkan bangkai babi tersebut.

Menindaklanjuti arahan Gubernur langsung dilakukan rapat tehnis bersama para senioren dan unsur pengurus GAMKI pada hari Rabu (20/11/2019) di restoran Babura Medan, Sumatera Utara.

Dalam pertemuan tersebut dihadiri Dr.R.E. Nainggolan, Pdt. R. Bambang Yonan, Albiner Silitonga, Kombes. Pol. Purn. Maruli Siahaan SH, MH, Ronal Naibaho, Jadi Pane sebagai Penasehat dan Landen Marbun, SH Ketua DPD GAMKI SUMUT serta Parulian Tampubolon ketua DPC GAMKI Kota Medan.

Dalam rapat yang menindaklanjuti permintaan Gubernur Sumatera Utara tersebut, maka GAMKI akan bekerjasama dengan Sat Pol PP. GAMKI dan Sat Pol PP sudah melaksanakan pertemuan tehnis terkait penanganan pencemaran lingkungan yang diakibatkan bangkai babi, dengan beberapa kesepakatan :

1. GAMKI sebagai Ormas Pemuda Kristen akan ikut mensosialisasikan tentang bahaya pencemaran lingkungan ini agar seluruh peternakan babi yang mayoritas dikelolah oleh warga non Muslim agar menjaga kebersihan peternakannya.

2. Bila ada bangkai babi yang diketahui mati, maka GAMKI yang  bekerjasama dengan Sat Pol PP untuk menguburkannya bersama-sama.

3. GAMKI dan Sat Pol PP Pemprov Sumut secara bersama-sama akan melakukan patroli dan pembersihan.

4. GAMKI dan Pemprovsu  melalui dinas Peternakan Sumatera Utara akan turun kelapangan melakukan pencegahan dengan membagikan vaksin anti hog cholera yang terjangkit pada babi.

Kegiatan ini akan terus berlanjut sampai penanganan bangkai babi ini dapat dimaksimalkan di semua stake holder.(TAp|IS)

  BeritaTerkait
  • Praktisi Hukum Dukung Polisi Tangkap Pelaku Pembuangan Bangkai Babi Ke Sungai

    5 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Praktisi hukum,  Dr Drs H. Mhd Syafi'i, SH, MH, M.Si mendukung penuh upaya pihak kepolisian menangkap pelaku pembuangan ratusan bangkai babi disejumlah sungai dan dikawa

  • Sesuai Perintah Gubsu, GAMKI Terjun Bantu Penanganan Bangkai Babi Terinfeksi Hog Kholera

    4 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Sebagai bentuk perhatian pemerintah provinsi Sumatera Utara terhadap wabah virus hog kholera yang menyerang hewan ternak berkaki empat (babi) di daerah ini, dengan mengajak DPC Ge

  • Danau Toba, Dikuasai Negara

    tahun lalu

    Oleh Bachtiar SitanggangBerita dan foto di harian SIB Medan beredar di WhatsApp seorang penyelam memegang karus yang isinya ikan busuk. Bupati Tobasa menanggapi berita itu mengatakan "sudah panggil. T

  • Terindikasi African Swine Fever, Ribuan Ekor Babi Mati

    5 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Ribuan ternak babi di Provinsi Sumatera Utara yang mendadak mati diduga tidak hanya terjangkit virus Hog Cholera atau Kolera Babi, melainkan juga terindikasi diserang virus Africa

  • Kadin Komitmen Dukung Pertumbuhan Ekonomi Sumut

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Utara (Sumut) berkomitmen turut terlibat aktif dalam mendongkrak pertumbuhan perekonomian Sumut. Sebagai pintu gerbang Indonesia bagian

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb