• Home
  • News
  • Foto Jurnalistik Bagian Dari Perdamaian
KSP Makmur Mandiri
Minggu, 20 Oktober 2019 16:19:00

Foto Jurnalistik Bagian Dari Perdamaian

BAGIKAN:
Ist|PelitaBatak
Medan (Pelita Batak):
Pewarta Foto Indonesia (PFI)  Medan bekerjasama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pers Mahasiswa Kreatif, Universitas Negeri Medan berhasil melaksanakan kegiatan Seminar Jurnalistik "Prepare To Be A Great Journalist" di VIP Room Digital Library Unimed, Sabtu (19/10).

Kegiatan yang dibuka oleh Dr. Yasaratodo Wau, M.Pd., selaku perwakilan dari Wakil Rektor Kemahasiswaan Unimed menghadirkan dua pemateri Elsa Fany Luluk, S.Pd (Reporter DAAI TV) dan Kadri Boy Ladani Tarigan, S.Sos., M.I.Kom., (Fotografer PFI Medan). 

Yasara menyebutkan jurnalis menjadi salah satu pilar untuk menciptakan perdamaian. Kondisi di masyarakat bisa ditentukan dengan berita atau foto jurnalistik yang tayang di media massa. 

"Karena berita dunia  bisa terguncang dan ricuh, tetapi karena berita juga dunia bisa damai. Oleh karena itu, setiap jurnalis harus benar-benar bijak dalam menghasilkan dan mempublikasikan berita," ucap Yasaratodo dalam sambutannya. 

Kadri Boy Tarigan juga mengungkapkan hal yang sama saat menyampaikan materi foto jurnalistik di depan ratusan peserta mahasiswa Unimed dan undangan. "Seorang fotografer jurnalis harus bisa memahami apa efek dari karyanya kepada masyarakat. Jangan cuma bisa motret, tapi dengan foto jepretan kita bisa menciptakan perdamaian serta perubahan yang lebih baik," ungkap pewarta foto lepas tersebut. 

Boy juga menambahkan, fotografer harus berani dan tidak konyol dalam menjalankan tugasnya di lapangan. Seorang fotografer jurnalis harus mampu memperhitungkan kemungkinan yang terjadi terutama untuk liputan yang chaos. Maka itu seorang fotografer harus rajin membaca dan melihat karya-karya foto jurnalistik yang banyak beredar di internet. 

"Kita harus pintar dan jeli melihat kesempatan. Disiplin dan tidak malas bergerak, itu kuncinya," tambah Kadri Boy. Seminar ini merupakan salah satu tahapan kegiatan dalam penyeleksian bagi calon kru baru angkatan 32 Persma Kreatif. 

Pimpinan umum Persma Kreatif, Tomi menyambut positif kegiatan ini. Seminar ini menjadi salah satu wadah untuk membentuk mahasiswa dalam membentuk minatnya menjadi wartawan atau fotografer jurnalis. 

"Dengan adanya Seminar ini diharapkan para peserta terkhusus calon kru baru Persma Kreatif mendapatka ilmu untuk mempersiapkan diri menjadi jurnalis yang baik," ungkap Tomi. (*)
  BeritaTerkait
  • Kekerasan Terhadap Pers Marak, Jurnalis di Medan Aksi Damai

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Jurnalis gabungan dari sejumlah organisasi pers menggelar aksi unjuk rasa terkait penganiayaan jurnalis Adi Palapa Harahap, yang bekerja sebagai kontributor iNews TV (MNC B

  • Kronologi Tersendiri Penganiayaan Sebastian Hutabarat di TKP, Tempat Diskusi dan Minum Kopi

    2 tahun lalu

    08:15-08:20 Sepeninggal JM, SH ditarik kembali ke tempat diskusi dan minum kopi mereka sebelumnya. JS dan anggotanya mulai memaki-maki dan memukuli SH. Berkali kali Jautir menyebut siapa dirinya, dan

  • LBH Pers dan PFI Padang Mengutuk Tindakan Anggota TNI Aniaya Wartawan

    3 tahun lalu

    Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers Kota Padang dan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Padang mengutuk tindakan yang dilakukan oleh oknum TNI AU-Paskhas Lanud Suwondo Medan. Pernyataan tersebut terkait tindakan arogansi terhadap dua jurnalis saat meliput bentrokan

  • Pedoman Media Siber

    4 tahun lalu

    Pedoman Media Siber Kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal

  • Ini Ulasan Firman Jaya Daeli Pada Seminar Sekolah Lemdik-Sespimti Polri

    3 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak) : Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam hal ini Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dari aspek sistem ketatanegaraan (Sistem Konstitusi UUD 1945 dan Sistem Legislasi/Tap MPR RI) pada hakekatnya mengandung dan men

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb