• Home
  • News
  • FKPD Medan Tanda Tangani Fakta Integritas Sapu Bersih Pungli
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 02 November 2016 12:44:00

FKPD Medan Tanda Tangani Fakta Integritas Sapu Bersih Pungli

BAGIKAN:
Ist|PelitaBatak

Medan (Pelita Batak) :
Seluruh unsur pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Medan telah bulat tekad memberantas pemungutan liar (pungli) di ibukota Provionsi Sumatera Utara ini. Kebulatan tekad ini diaplikasikan dengan penandatanganan Fakta Integritas oleh seluruh unsur FKPD dalam sebuah Apel Kebangsaan dan Peningkatan Keamanan serta Sinegitas FKPD Medan dalam Tindakan Saber Pungli di Lapangan Benteng Medan, Senin (1/11/2016).

Selain Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi, unsur pimpinan FKPD yang menandatangani Fakta Integritas ini adalah Kapolrestabes Medan, Kombes Pol H Mardiaz Kusin Dwihananto SIk, Dandim 02/01 BS, Kol Inf Maulana Ridwan, Dandenpom I/5 Medan, Mayor CPM David Medion SIP, Kajari Medan, Olopan Nainggolan SS MH, Ketua PN Medan, Dr Herdi Agusten SH MH, Kajari Belawan, M Syarifuddin SH MH dan Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Tri Setyadi Artono.

Fakta Integritas itu berisikan komitmen untuk berperan proaktif dalam pencegahan dan pemberantasan KKN serta tidak terlibat di dalammnya. Tidak meminta atau menerima pemberian secara langsung atau tidak langsung berupa suap, hadiah, bantuan, atau bentuk lainnya yang tidak sesuai ketentuan yang berlaku. Berperan aktif dalam meningkatkan wawasan kebangsaan dan keamanan, serta pemberantasan pungutan liar.

Selain itu bersikap transparan, jujur, objektif, dan akuntabel dalam melaksanakan tugas. Menghindari pertentangan kepentingan dalam pelaksanaan tugas. Memberi contoh dalam kepatuhan terhadap peraturan perundangudangan dalam melaksanakan tugas, terutama kepada karyawan dan pegawai yang berada di lingkungan kerja serta menyampaikan informasi penyimpangan instansi serta turut menjaga kerahasiaan saksi atas pelanggaran peraturan  yang dilaporkan.

Dalam apel yang diikuti oleh segenap jajaran ASN Pemko Medan, lurah, Banbinkamtibmas, serta Babinsa Kota Medan itu, Wali Kota selaku Inspektur Upacara mengajak semua pihak untuk membangun etos kerja baru sekaligus budaya baru, dalam pelayanan publik, yakni dengan menghindari sejauh-jauhnya prilaku yang berpoentsi sebagai pungutan liar. “Sehingga kita juga mampu membangun citra baru dalam pelaynan publik yang semakin berkualitas, dalam arti mudah, cepat, sederhana, transparan dan akutabel,” kata Wali Kota.

Berkaitan dengan itu, lanjut Eldin, perlu ditingkatkan koordinasi dari seluruh institusi, khususnya dengan FKPD sampai di tingkat kecamatan dan kelurahan, sehingga tercapai pemahaman dan sikap sama guna mengefektifkan tindakan sapu bersih pungli di semua level pemerintahan.

Guna mewujudkan itu, Wali Kota juga mengajak semua pihak untuk mengefektifkan pelaksanaan Surat Edaran Wali Kota Medan No 141/9975 Tanggal 23 September 2016 yang salah satu isinya menghimbau tentang larangan pungutan liar, baik di tingkat SKPD, kecamata, kelurahan, sampai dengan Kepala Lingkungan. “Komitmen pemerintah menghapus pungli tidak dapat ditawar-tawar lagi. Semua aparatur harus memiliki integritas untuk bebas pungli,” tegas Wali Kota.

Selain itu tambah Wali Kota lagi, efektivitas pemberantasan punli ini dapat berjalan dengan baik apabila mendapat dukungan penuh dari seluruh lapisan masyarakat. Dikatakan Eldin, dukungan itu dapat diwujudkan dengan tidak memberi imbalan kepada para pegawai yang bertugas di SKPD, termasuk kecamatan dan kelurahan yang terkait langsung dengan pelayanan publik.

“Untuk itu mulai hari ini, saya mengajak masyarakat untuk tidak memberi imbalan kepada aparat kita yang bertugas di SKPD yang terkait dengan pelayanan publik. Sebab, apratur kita telah diberi gaji maupun insentif atas kerja yang dilakukannya. Insya Allah jika masyarakat melakukan hal itu, praktik pungli dapat kita minimalisir dan hilangkan di Kota Medan,” ungkapnya optimis.

Lantas bagaimana apabila ada apratur di lingkungan Pemko Medan mealkukan pungli? Eldin langsung menegaskan akan mengambil tindakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, seperti peringatan, pembinaan maupun tindakan tegas sesuai dengan peraturan yang berlaku. “Jadi pelaku pungli pasti kita tindak!” tegasnya.

Utamakan pencegahan

Sementara itu Kapolresta Medan, Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwihananto Sik mengatakan, sebelumnya seluruh unsur FKPD telah melakukan rapat koordinasi terkait pembentukan Satgas Saber Pungli Kota Medan. “Hari ini kita lakukan pengukuhan dengan penanggungjawab Bapak Wali Kota Medan dibantu dengan seluruh unsur FKPD Kota Medan,’ jelas Kapolrestabes.

Selanjutnya untuk Ketua Satgas Saber Pungli Kota Medan, kata Kapolrestabes, dijabat Wakapolrestabes Medan, sedangkan wakil ketuanya Kepala Inspektorat Kota Medan dan Kasi Intel kejari Kota Medan. Kemudian bilangnya, tim ini dibagi menjadi 4 kelompok kerja. Pertama, kelompok intelijen, kedua pencegahan, ketiga yustitisi dan keempat penindakan.

“Masing-masing tim akan melakukan langkah-langkah. Yang utama melakukan pencegahan. Untuk itu dalam rapat koordinasi dengan unsur SKPD, kita telah mengundang pimpinan unit menyangkut pelayanan dengan masyarakat, baik yang berada di lingkungan Polrestabes Medan seperti pelayanan SIM dan SKCK maupun lingkungan Pemko Medan diantaranya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta Dinas Perhubungan,” jelasnya.

Selanjutnya tegas Kapolrestabes, langkah yang dilakukan tim selanjutnya untuk mengecek langsung apakah ada biaya tambahan yang dilakukan diluar yang telah ditetapkan sesuai aturan kepada masyarakat ketika melakukan pengurusan untuk mendapatkan pelayanan publik.

“Sebagai langkah awal kita akan melakukan sosialisasi dulu. Contohnya pelayanan SIM, masyarakat hanya diwajibkan membayar penguruan SIM Rp.120 ribu. Apabila diminta melebihi itu, jangan dipercaya. Berati itu ada calo yang mengambil kesempatan> begitu juga ketika masyarakat melakukan pengurusan di instansi pelayanan publik lainnya di Kota Medan,” paparnya.

Setelah dilakukan sosialisasi, Kapolrestabes menegaskan tim akan melakukan pengecekan langsung ke instansi pelayanan publik yang bersangkutan. Apabila ditemukan ada pengutipan yang melebihi ketentuan berlaku, maka tim akan melakukan penindakan sesuai dengan peraturan hukum berlaku.

Apel Kebangsaan dan Peningkatan Keamanan serta Sinegitas FKPD Medan dalam Tindakan Saber Pungli diawali dengan laporan komandan upacara kepada inspektur upacara. Setelah itu Wali Kota selaku inspektur upacara didampingi unsur FKPD Kota Medan mengecek kesiapan apasukan. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan nota kesepahaman keamanan dan fakta integritas, termasuk membacakan nama yang masuk dalam struktur Satgas Saber Pungli Kota Medan serta penandatanganan fakta integritas. (TAp)

  BeritaTerkait
  • Cegah Pungli Dengan Sistem Elektronik di Sumut

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi mengaku terus terang bahwa dirinya paling banyak menjadi sasaran kemarahan ketika sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) o

  • Bupati Dosmar Lantik Anggota Unit Pemberantasan Pungli Kabupaten Humbang Hasundutan

    4 tahun lalu

    Doloksanggul(Pelita Batak): Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor melantik anggota unit pemberantasan pungutan liar untuk wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan. Pembentukan unit pemberantasan

  • FKPD Kota Medan Bentuk Satgas Saber Pungli

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi memimpin rapat koordinasi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Medan di The Heritage Grand Aston

  • Terjadi OTT di Dinas Kebersihan, Pemkab Jepara Belajar ke Pemko Medan

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Meski baru saja Pemerintah Kota Medan dihebohkan dengan terjadinya penangkapan terhadap sejumlah pegawai di Dinas Kebersihan yang diduga melakukan Pungutan liar,

  • Gubernur dan Jajaran FKPD Tandatangani 'Sumut Bebas Korupsi, Birokrasi Bersih dan Melayani'

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menandatanganani dokumen fakta integritas dalam rangka menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Mela

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb