• Home
  • News
  • Eksplorasi dan Promosi Pariwisata Kota Medan Lewat Fotografi
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 15 Desember 2020 07:19:00

Eksplorasi dan Promosi Pariwisata Kota Medan Lewat Fotografi

BAGIKAN:
IST|Pelita Batak
Medan (Pelita Batak):
Apresiasi dan ucapan selamat disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Asisten Administarsi Umum (Asmum) Kota Medan Renward Parapat kepada para pemenang Lomba Fotografi Medan Heritage & Ekonomi Kreatif 2020 yang berlangsung di Garuda Plaza Hotel Medan, Jalan Sisingamangaraja Medan, Senin (14/12).

Adapun bentuk apresiasi diwujudkan dengan penyerahan hadiah bagi pemenang dalam lomba yang digelar Dinas Pariwisata Kota Medan tersebut. Diharapkan, para fotografer khususnya di Kota Medan semakin terpacu mengasah kemampuan diri sekaligus menjadi wadah mengeksplorasi potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di Tanah Melayu Deli.

Dalam sambutan Plt Wali Kota yang dibacakan Asmum dikatakan, pandemi Covid-19 berimbas langsung pada dunia pariwisata Indonesia termasuk Kota Medan. Maka dari itu, perlu adanya upaya untuk menghidupkan kembali gairah pariwisata meski di tengah kondisi pandemi yang masih melanda.

"Jika pariwisata terus kita promosikan meskipun di tengah suasana pandemi, kita optimisi dunia pariwisata akan bangkit dan kembali pulih dengan tetap memperhatikan aturan dan peraturan terutama penerapan protokol kesehatan. Sebab, Wonderful Indonesia harus tetap menjadi brand yang menjual di mata dunia," kata Asmum.

Kecanggihan tekhnologi terutama media sosial, sambung Asmum, juga turut mendukung kemudahan mempromosikan sektor pariwisata. Dengan menyebarluaskannya ke media sosial, maka dapat berdampak dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

"Tanpa disadari, berbagai potensi wisata dapat semakin dikenal lewat postingan di media sosial. Bahkan saat ini, para vlogger maupun youtuber dengan jumlah follower yang banyak juga ikut dilibatkan guna mempromosikan sektor pariwisata. Tujuannya, untuk menarik kehadiran para wisatawan dan secara otomatis berdampak pula pada pendapatan daerah," ungkapnya.

Dengan adanya lomba foto heritage dan ekonomi kreatif 2020 ini, jelas Asmum, turut menjadi salah satu upaya memperkenalkan pariwisata di Kota Medan. "Semoga potensi pariwisata yang dihadirkan dalam sebuah karya visual ini mampu menggairahkan kembali dunia pariwisata di Kota Medan yang kita cintai," harapnya.

Sebelumnya, Kadis Pariwisata Kota Medan Agus Suriyono dalam laporannya mengungkapkan bahwa lomba foto diikuti oleh dua kategori yakni kategori umum dan sertifikasi. Tujuan digelarnya lomba tersebut, bilang Agus untuk memberi ruang dan wadah bagi fotografer dalam meningkatkan kemampuan fotografinya.

"Hasil foto yang diperoleh juga menjadi sarana promosi pariwisata dan ekonomi kreatif Kota Medan. Dengan harapan, pariwisata Kota Medan semakin dikenal dan menjadi daya tarik wisatawan untuk datang mengunjunginya," kata Agus.

Bagi para pemenang yang terdiri dari juara satu, dua, tiga, harapan 1 dan 2 tersebut, jelas Agus, akan mendapatkan piala, sertifikat dan uang pembinaan. "Penilaian foto yang dilakukan juri berdasarkan tiga aspek yakni kesesuaian tema, ide dan kreatifitas serta tingkat kesulitan. Untuk itu, bagi pemenang, kami ucapkan selamat," pungkasnya.(*)
  BeritaTerkait
  • Sampaikan Keluhan Warga, Anggota DPD RI Santroni Kantor PT Telkomsel

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Sebagai anggota dewan perwakilan daerah (DPD) RI, Parlindungan Purba SH MM seolah tidak mau tinggal diam dan hanya mendengar keluhan warga. Ia menindaklanjuti berbagai keluhan per

  • Melalui Kedaulatan Pangan dan Ekonomi Kerakyatan Menuju Humbang Hasundutan Hebat dan Bermentalitas Unggul

    2 tahun lalu

    PendahuluanKITA patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kini Kabupaten Humbanghasundutan usianya mencapai 16 Tahun setelah terbentuk menjadi daerah pemekaran otonomi daerah baru salah satunya di I

  • Buka FDT 2016, Pagar Betis Siswa Puluhan Kilo Meter Sambut "Karnaval Pejabat"

    5 tahun lalu

    Muara (Pelita Batak) :<br></br> Pembukaan Festival Danau Toba 2016 di Muara, Tapanuli Utara berlangsung dengan "karnaval pejabat". Ratusan siswa/siswi SMA menjadi pagar betis sepanjang jalan dari Bandara Silangit hingga lokasi acara

  • Hari Ulos Tahun 2017 akan Digelar di Pantai Bebas Parapat

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Panitia Hari Ulos tahun 2017 menggelar sejumlah kegiatan kebudayaan di pinggiran Danau Toba. Sebagai panitia atas kerjasama antara Yayasan Pemberdayaan Perempuan Indonesia dengan

  • Akhyar Tutup Lomba Photografi Objek & Daya Tarik Wisata

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menutup Pameran & Lomba Photografi Objek dan Daya Tarik Wisata Kota Medan di Taman Sri Deli, Minggu (2/12). Apabila pariwisata K

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb