• Home
  • News
  • Dukung Hari Ulos, Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto akan Hadir 17 Oktober di Medan
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 28 September 2016 11:09:00

Dukung Hari Ulos, Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto akan Hadir 17 Oktober di Medan

BAGIKAN:
Ist|PelitaBatak
Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto menerima kedatangan panitia hari ulos 2016 di ruang kerjanya

Medan (Pelita Batak) :
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Agus Hermanto menyatakan dukungannya akan pelaksanaan hari ulos ke-2 tahun 2016. Bahkan, politikus Partai Demokrat ini menyatakan kesediaannya menghadiri kegiatan yang akan digelar di Hotel Danau Toba Internasional Medan.

Sebagaimana terungkap dalam pertemuan Agus dengan Panitia Hari Ulos diantaranya Pembina Willmar E Simanjorang, RAY Sinambela, Ketua Umum Panitia Enni Martalena Pasaribu, Royana Marpaung, dan Ria Simanjuntak di ruang kerjanya di Gedung DPR RI Jakarta, Rabu (28/9/2016).

Pertemuan yang diagendakan tersebut, sebagai bagian dari roadshow panitia untuk mensosialisasikan pelaksanaan hari ulos di Medan. Sebagaimana disampaikan Ketua Umum Panitia Enni Martalena Pasaribu, panitia akan menggelar sejumlah kegiatan yang ada kaitannya dengan ulos. Seperti pameran, fashion show, sejumlah lomba dan berbagai kegiatan lainnya.

"Kita ingin mengedukasi masyarakat tentang ulos, sebagai warisan budaya masyarakat Sumut umummnya dan Batak secara khusus," kata Enni.

Selain mengadakan perayaan tahunan, panitia terus berupaya untuk mememinta kepada Pemerintah untuk menetapkan 17 Oktober sebagai hari ulos nasional. Dengan peringatan yang diagendakan secara resmi di kalender nasional, menurut Enni, pelestarian ulos akan semakin terjamin.

Harapannya akan mampu mendorong peningkatan taraf hidup para pengrajin ulos di daerah.

Kembali dijelaskan Enni, bahwa perayaan hari ulos yang telah dilakukan sejak 17 Oktober 2015, dilatarbelakangi telah ditetapkannya ulos sebagai warisan budaya tak benda nasional pada 17 Oktober 2014 oleh pemerintah. "Jadi kita ingin, tidak hanya berhenti di situ. Bahkan kita sedang berencana untuk mendaftarkan ulos sebagai warisan budaya dunia yang terdaftar di Unesco," lanjut Enni menjelaskan telah dibentuknya tim pengusulan ulos menjadi warisan budaya dunia ke Unesco.

Pada prinsipnya, Agus Hermanto, dapil Jawa Tengah ini menyampaikan perlunya memelihara dan melestarikan budaya lokal. Kekuatan bangsa ini adalah dari budaya lokal yang terintegrasi menjadi budaya nasional. Jadi, ia sepakat dengan panitia agar kiranya ulos yang berasal dari Sumatera Utara bisa dijadikan ikon budaya yang berasal dari Indonesia di kancah internasional.

Namun, ditekankan Agus, bahwa pekerjaan mulia ini bukanlah pekerjaan yang mudah. Untuk itu, panitia diharapkan terus komitmen. Tantangan bukan saja datang dari luar sumber budaya itu sendiri, melainkan tantangan dari dalam akan lebih berat. Dimana era globalisasi ini cukup mempengaruhi cara pandang masyarakat terhadap budayanya sendiri.

Kesempatan tersebut, panitia menyerahkan bundel rencana kegiatan dan program yang telah disusun panitia kepada Agus Harmanto. Dengan harapan, pemerintah pusat juga memberikan perhatian yang lebih lagi untuk pelestarian ulos. (TAp/rel)

  BeritaTerkait
  • Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto Dorong Ulos Menjadi Warisan Budaya Internasional

    5 tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto akan mendorong Ulos yang kini menjadi warisan budaya nasional menjadi warisan budaya internasional. Hal itu disampaikan usia menerima audiens

  • Ketua DPRD Medan Dukung Penetapan Hari Ulos Nasional

    5 tahun lalu

    Ketua DPRD Medan Dukung Penetapan Hari Ulos Nasional Medan (Pelita Batak) Ketua DPRD Kota Medan, Henry Jhon Hutagalung menyatakan dukungannya untuk penetapan hari ulos, 17 Oktober, menjadi kalender tahunan. Warisan budaya yang dimiliki bangsa ini, k

  • Jika Ingin Go UNESCO, Ulos Harus Menjadi 'Ulos Indonesia'

    5 tahun lalu

    Pengajuan ulos sebagai warisan budaya tak benda menjadi warisan budaya internasional atau dunia harus pertama sekali ulos menjadi milik Indonesia. Tidak lagi disebut sebagai ulos batak atau yang lainnya, melainkan menjadi 'ulos Indonesia'.

  • Perlu 'Marsirippa' Mewujudkan Ulos Sebagai Warisan Budaya Dunia

    5 tahun lalu

    Sebuah bangsa yang mandiri adalah bangsa yang berbudaya dan budayanya itu mengakar dalam pribadi masyarakatnya. Namun kepemilikan budaya yang

  • Anggota DPR RI, Rooslynda Marpaung Dukung Perayaan Hari Ulos 17 Oktober Mendatang

    5 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Anggota DPR RI asal Sumut Rooslynda Marpaung menyatakan mendukung kegiatan hari ulos ke-2 yang akan dilaksanakan pada 17 Oktober 2016 mendatang. Bahkan ia menyatakan kesediaannya untuk hadir dalam acara yang akan digelar di Hotel Dan

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb