• Home
  • News
  • Dugaan Pertanggungjawaban Fiktif 300 Unit Tong Sampah Rp 150 Juta, Lurah Porsea Sebut Terima dari Pihak Swasta
KSP Makmur Mandiri
Senin, 20 Februari 2017 04:53:00

Dugaan Pertanggungjawaban Fiktif 300 Unit Tong Sampah Rp 150 Juta, Lurah Porsea Sebut Terima dari Pihak Swasta

BAGIKAN:
Freddy Hutasoit
Satu dari 300 unit tong sampah yang ditemukan tersebar di Kecamatan Laguboti sudah dalam keadaan 'sekarat'.
Tobasa(Pelita Batak): Penggunaan anggaran Dinas Pasar, Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Tobasa tahun anggaran 2015 dan 2016 diduga bermasalah. 
 
Antara lain, pertanggungjawaban dana pengadaan 300 unit tong sampah senilai Rp 150 juta, berdasarkan informasi yang beredar di lapangan, diduga telah direkayasa. Sebelumnya target pendistribusian tong sampah ini di kecamatan Porsea, namun berdasarkan investigasi lapangan diketahui 300 unit tong sampah dimaksud justru di salurkan ke tempat yang berbeda dengan yang ada dalam kontrak.
           
Lurah Porsea  Edward Sidabutar yang ditanya Selasa 14 Februari 2017 lalu terkait penyaluran 300 unit tong sampah dari Dinas Pasar, Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Tobasa, mengaku tidak ada menerima atau mengetahui pendistribusian tong sampah dimaksud ke kelurahan yang dipimpinnya.
 
Justru  Lurah ini menegaskan, bahwa tong sampah di pusat kota Porsea merupakan sumbangan salah satu perusahaan swasta melalui pengajuan proposal bantuan yang disampaikan pihaknya pada Oktober 2015 lalu.
 
Padahal dalam Surat Perintah Kerja (SPK) tertera Nomor SPK : 02/SPK/PKPP/APBD/DPKP/2015,bahwa mulai dilaksanakannya pengadaan tong sampah tersebut pada 01 April 2015 oleh CV. KJ. Akan tetapi tong sampah tersebut tak kunjung disampaikan ke masyarakat di sekitaran Kota Porsea.
 
"Realisasi tong sampah di Kelurahan Porsea untuk tahun 2015, kita peroleh dari pihak swasta. Dalam hal ini perusahaan melalui pengajuan proposal bantuan dan bukan dari Dinas Pasar, Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Tobasa  kita mendapatkan bantuan tong sampah. Ini kita terima pada oktober 2015 lalu, kalau tidak salah sekitar  200 unit, untuk pengajuan proposal itu saya lakukan setelah beberapa bulan saya dilantik,dan terkait ditampungnya pengadaan tong sampah di APBD 2015 kemarin, saya tidak tahu,"katanya.
 
"Mungkin karena melihat tong sampah di kelurahan Porsea telah teralisasi, lantas Dinas Pasar, Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Tobasa  mengalokasinya ke tempat lain. Kala itu kepala dinas yang  bersangkutan pernah meninjau langsung ke tempat kita,"tambahnya.
 
Sayangnya penanggung jawab teknis kegiatan pengadaan 300 unit tong sampah tersebut, Humusor Ivan Tampubolon saat hendak dikonfirmasi sejumlah wartawan di kantornya belum berhasil. "Saya kebetulan sedang rapat pak, nanti saya kabari jika waktu senggang," katanya.(FH)
  BeritaTerkait
  • Jokowi Minta Jaga dan Lindungi Danau Toba,  

    4 tahun lalu

    Presiden Joko Widodo beserta Ny Iriana didampingi Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi dan Ketua TP PKK

  • Kekerasan Terhadap Pers Marak, Jurnalis di Medan Aksi Damai

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Jurnalis gabungan dari sejumlah organisasi pers menggelar aksi unjuk rasa terkait penganiayaan jurnalis Adi Palapa Harahap, yang bekerja sebagai kontributor iNews TV (MNC B

  • Pemko Medan Bersama Dirjen Migas Resmikan Jaringan Gas Bumi Rumah Tangga

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Produksi gas bumi nasional hingga kini masih cukup besar, sehingga harus mampu dimanfaatkan secara maksimal untuk penggunaan dalam negeri dan untuk menciptakan kesejahteraan masya

  • Buat Heboh, Ini Identitas 11 Warga Mencurigakan dari Lampung

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak)Minggu pertama Desember 2016, ada 11 orang warga Lampung yang mencurigakan mengontrak rumah di Dusun 1 Parhuling Kelurahan Pasar Siborongborong Kec

  • Pembangunan LRT di Medan Segera Terwujud

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Pemko Medan dan Kementrian Keuangan Republik Indonesia melakukan Penandatanganan Kesepakatan Induk tentang Penyediaan Fasilitas Penyiapan Proyek dan Pendampingan Transaks

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb