• Home
  • News
  • Dua Tahun Jokowi-JK, Maruarar Sirait Sebut Banyak Keberhasilan Ekonomi Dicapai
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 20 Oktober 2016 17:54:00

Dua Tahun Jokowi-JK, Maruarar Sirait Sebut Banyak Keberhasilan Ekonomi Dicapai

BAGIKAN:
Ist|PelitaBatak
Maruarar Sirait
Jakarta (Pelita Batak) :
Banyak keberhasil yang telah dicapai dua tahun pemerintahan Jokowi-JK. Pemerintahan berjalan on the track, khususnya dalam perbaikan kondisi ekonomi masyarakat. Demikian disampaikan oleh Politikus PDI Perjuangan Maruarar Sirait pada diskusi Kebangsaan di gedung DPR RI Senayan Jakarta, Kamis (20/10/2016).
 
Turut hadir dalam diskusi ini Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Pengamat Politik Indobarometer M Qodari dan Pengamat Ekonomi Indef Enny Sri Hartati. Teman diskusi ini adalah "Refleksi 2 Tahun Pemerintahan Jokowi."
 
‎Menurut Maruarar, di bawah pemerintahan Jokowi-JK kondisi ekonomi bangsa ini semakin membaik. Hal tersebut dengan indek kebahagian yang semakin meningkat.
 
Lebih lanjut Ketua DPP TMP ini mengungkapkan bahwa selama dua tahun Jokowi telah memberikan perbaikian diantaranya pengangguran yang semakin menurun dari 5,8 menjadi 5,5.
 
Selain itu pertumbuhan ekonomi pada semester 1 2015 juga mengalami peningkatan dari 4,7  menjadi 5,04.
 
"Perbaikan juga sangat terasa seperti Inflasi  menurun dari  2,2  menjadi  1,97. Gini Rasio juga sama mengalami perbaikian dari 0, 08 menjadi 3,97," jelasnya.
 
Pada bidang politik Maruarar mengungkapkan meskipun di awal-awal pemerintahan Jokowi-JK dihadapkan dengan pertarungan politik yang sangat kental di Parlemen antara KMP dan KIH.
 
"Di awal sangat kental politiknya. Di awal sangat terasa pertarungan ide dan kepentingan, misalnya pada pembahasan UU MD3," kata Maruarar.
 
Pertarungan politik di Parlemen tidak berjalan lama. Pasalnya pada tahun 2015 sampai ini pertarungan politik tersebut mulai mencair. Hal tersebut dapat terlihat seluruh kebijakan yang dibuat oleh pemerintah mendapat dukungan DPR.
 
"Saat ini penguatan politik terjadi di DPR. Ini bisa terlihat APBNP 2015 berjalan lancar, Pemilihan Kapolri berjalan lancar dan UU Tax Amnesty juga berjalan lancar," tambahnya.
 
Kendati demikian,  Politikus PDIP ini berharap agar DPR masih bisa menjalankan fungsi Check and  Balance untuk mengawasi jalannya pemerintah. Baginya di era Jokowi-JK ruang demokrasi juga dibuka lebar. Masyarakat diberi kekebasan luas untuk menyampaikan pendapatnya.
 
"Menjaga check and balance bagi DPR itu sangat  penting.  Membuka ruang domokrasi juga penting. Jokowi Tidak ingin menciptakan pemerintahan yang otoriter," tambahnya.
 
Pada bidang hukum Maruarar menilai bahwa  pemerintah Jokowi-JK mampu menyinergiskan fungsi lembaga hukum. Selain itu, Pemerintah juga sangat mendukung pemberantasan korupsi di Indonesia. Dengan menolak revisi UU KPK yang dianggap publik akan melemahkan fungsi KPK.
 
"Meskipun diawal pemerintahannya lembaga hukum bertarung antara KPK dan Polri. Tapi hal itu bisa diredam," ujarnya. (TAp/rel)
  BeritaTerkait
  • Viktor Sirait : Infrastruktur Dan Tugas Panggilan Pelayanan Membangun Indonesia Maju

    2 bulan lalu

    BERDUKA Cita Mendalam atas wafatnya Ketua Umum DPP Bara JP : VIKTOR SIRAIT, pada hari Kamis, tanggal 18 Februari 2021, jam 03.30, di RS Cibinong. Sebuah "Kepergiaan" akibat serangan jantung dalam usia

  • Kegiatan Peringatan Hari Ibu di Medan

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Peran perempuan Indonesia merupakan bagian yang tidak bisa terpisahkan dalam perjuangan panjang bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan. Oleh karenanya momentum pe

  • MAHFUD MD SOSOK IDEAL MENJADI CAWAPRES JOKOWI

    3 tahun lalu

    Prof. Dr. Mahfud MD, SH, MSU adalah pribadi yang tangguh, kompeten, tegas, nasionalis, religius,  dan selalu konsisten dengan apa yang dikatakan dan diperbuatnya. Punya kemampuan intelektualitas

  • Marandus Sirait : Hutan Kemasyarakatan Memerlukan Kerjasama

    5 tahun lalu

    Keberhasilan pengelolaan hutan kemasyarakatan memerlukan kerjasama dengan barbagai pihak sehingga tujuan akhirnya berupa peningkatan kesejahteraan masyarakat bisa dicapai.

  • Fun Walk For Wonderful Toba di Monas, Cara Orang Batak Dukung Pemerintah

    5 tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak):   Puluhan ribu warga masyarakat menghadiri acara Fun Walk For Wonderful Toba yang dilaksanakan di Silang Monas, Jakarta, Minggu (15/5/2016), yang dibuka langsung

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb