• Home
  • News
  • Dua Gubernur dari Indonesia Jadi Pembicara The 5th International Green Island Forum
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 21 Maret 2017 07:26:00

Dua Gubernur dari Indonesia Jadi Pembicara The 5th International Green Island Forum

BAGIKAN:
Ist|PelitaBatak

Korea (Pelita Batak) :
Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi bersama Gubernur Nusa Tenggara Barat Muhammad Zainul Majdi menjadi pembicara dalam pertemuan internasional The 5th International Green Island Forum yang berlangsung di Jeju Island, Korea, Senin (20/03/2017).

Sementara Ketua Komite 2 DPD RI Parlindungan Purba juga melakukan persentase pertama  dengan makalah National Green Climate Change Policy and Vision atau kebijakan dan visi lingkungan hidup serta perubahan iklim.

Dalam diskusi internasional itu, Gubsu Tengku Erry Nuradi menyebutkan Sumatera Utara akan meniru langkah Jeju Island dimana kepulauan tersebut terkenal dengan lingkungannya ramah dan asri, jauh dari polusi dengan menerapkan green transportation.

"Green Transportation atau kendaraan listrik (Electric Vehicles/EVs) telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia karena meningkatnya jumlah orang yang mulai menyadari pentingnya transportasi yang ramah lingkungan. Ini bisa kita terapkan di Pulau Samosir, Danau Toba dan Kepulauan Nias," sebut Tengku Erry.

Erry juga menyebutkan, selain kerjasama dengan Jeju Island mengenai transportasi ramah lingkungan, juga investor Jeju, Korea sedang merencanakan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terapung yang ramah lingkungan diperairan Danau Toba. "Semoga ini berjalan lancar," sebut Tengku Erry.

Seperti diketahui, Pulau Jeju, terletak di lepas pantai barat daya Korea, sejak tahun 2011 telah mempelopori kampanye untuk mempopulerkan kendaraan listrik (EVs) dan mengurangi emisi karbon. Kampanye dilakukan sejak terpilih sebagai ‘Test Bed’ untuk mobil bertenaga baterai oleh Kementerian Lingkungan Hidup Korea.

Pulau ini menjadi lingkungan yang ideal untuk menguji EVs, karena kecil dan berbentuk oval, sehingga memudahkan pengemudi untuk melakukan perjalanan di sekitar pulau dengan satu baterai. Di Pulau Jeju, pengemudi dapat melakukan perjalanan di pesisir jalan sepanjang 180 kilometer. Sebuah mobil listrik dengan baterai yang terisi penuh dapat dikemudikan antara 100 kilometer dan 150 kilometer. Ini menarik juga bagi wisatawan.

"Pemanasan global harus kita imbangi dengan teknologi ramah lingkungan. Ini upaya menyelamatkan bumi dan tentunya sangat bermanfaat bagi anak cucu kita kelak," demikian Tengku Erry.(TAp)

  BeritaTerkait
  • Dorong Investasi Bidang Energi, Parlindungan Purba Fasilitasi Investor Korea ke Sumut

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Tengku Erry Nuradi menyebutkan Pemerintah Korea melalui Green Tecnology Center Korea serius mendorong energi terbarukan Sumatera Utara.

  • Jadi Pusat Wisata di Kawasan Asean, Pemerintah Minta Masyarakat Ikut Kembangkan Danau Toba

    3 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak):Program kerjasama "Western Indonesia Economic and Business Hub for Asean" khususnya di Sumatera Utara telah berjalan. Program tersebut merupakan kebijakan yang mengedepankan pen

  • USM-Indonesia Akan Gelar Konferensi Internasional Bidang Kesehatan

    2 tahun lalu

    Medan(Pelita Batak): Sebagai bagian dari proses internasionalisasi, Universitas Sari Mutiara (USM) Indonesia akan menyelenggarakan konferensi internasional pertama di bidang kesehatan (First Sari Muti

  • RE Nainggolan: Harus Satukan Sikap dan Tekad Agar UNESCO Akui Ulos

    4 tahun lalu

    Tokoh masyarakat Dr RE Nainggolan,MM mengajak seluruh elemen masyarakat menyatukan sikap dan tekad untuk mengajukan ulos sebagai warisan budaya dunia ke UNESCO. Rencana dan pekerjaan yang mulia, jika masih ada orang maupun kelompok yang mau memperjuangkan

  • 7 Nama Komisioner KPID Sumut Beredar Dua Versi

    4 tahun lalu

    Informasi diperoleh, Jumat (20/5/2016) mengatakan, beredar dua versi tujuh nama Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumut, lantaran masing-masing calon diduga membayar meminta kepastian nama mereka masuk dalam daftar yang ditetapkan.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb