• Home
  • News
  • Dr Benny Pasaribu: Pembentukan Holding BUMN Tak Tepat
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 09 Juni 2017 17:23:00

Dr Benny Pasaribu: Pembentukan Holding BUMN Tak Tepat

BAGIKAN:
Ist
Mantan Deputi Menteri Negara BUMN, Dr Benny Pasaribu
Jakarta(Pelita Batak): Ekonom yang juga mantan Deputi Menteri Negara BUMN, Dr Benny Pasaribu menyebut pembentukan Holdingisasi di pasar monoplistik dan dikuasai BUMN seperti di Indonesia saat hendaknya dihindari. Holdingisasi hanya sesuai dan  diperkenankan atau  dipertimbangkan jika pasarnya sudah bersaing, dimana   pihak swasta sudah cukup kuat.

Hal ini dikatakan Benny sehubungan  dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 72 tahun 2016 tentang holdingisasi BUMN. Ia katakan, Ibarat pedang bermata dua, holdingisasi dapat meningkatkan kinerja keuangan BUMN, dan pada sisi lain bisa mengurangi manfaatnya bagi bangsa dan negara.

"Memang dengan holdingisasi terjadi perampingan struktur organisasi sehingga ada efisiensi dalam bentuk penurunan gaji dan upah termasuk belanja direksi dan komisaris. Namun, bisa juga berdampak pada penurunan mutu pelayanan dan dampak sosialnya bagi masyarakat,"kata Benny di Jakarta, Jumat 8 Juni 2017.

Mantan ketua Banggar DPR-RI ini menjelaskan, perusahaan holding yang dibentuk tidak lagi memiliki pesaing yang menjadi best practise sehingga sulit membandingkan apakah perusahaan tersebut sudah efisien atau tidak di pasar.  Atau dengan kata lain holding tidak lagi memiliki pesaing berupa BUMN yang sejenis.

"Solusinya, holdingisasi harus dilakukan secara selektif sehingga tidak terkesan hanya sekadar merubah struktur organisasi yang dilakukan oleh kementerian BUMN," kata Benny.

Benny melanjutkan, holdingisasi boleh dipertimbangkan untuk BUMN sejenis yang menghadapi pesaing yang kuat dari pihak swasta di pasar. Karena, semakin kuat persaingan di pasar maka BUMN boleh disatukan melalui merger.

"Dahulu awal tahun 2000 an pernah kita lakukan merger BUMN yang bergerak di bidang perniagaan menjadi PT PPI (Perusahaan Perniagaan Indonesia),.karena beberapa perusahaan perniagaan ini berada pada pasar yang persaingannya sangat ketat terutama dari pihak swasta,"ungkap Benny.yang juga mantan Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) ini.

Jadi, menurut Benny BUMN yang kegiatan usahanya tidak ada pesaing atau dalam kondisi persaingannya tidak sempurna (monopolistik) dengan kekuatan terbesar di tangan BUMN, maka holdingisasi itu akan merugikan bangsa dan negara dan sebaiknya dihindarkan (terlarang).

"Bagaimanapun BUMN itu masih penting sebagai alat intervensi negara dalam rangka menjaga stabilitas harga dan persediaan barang jasa di pasar sesuai pasal 33 UUD 1945," pungkas Benny.(R1)
  BeritaTerkait
  • Dirgahayu ke 14 Humbahas: Sekilas Sejarah Peran Serta Masyarakat yang Ada di Parserahan Atas Berdirinya Kabupaten Humbang Hasundutan

    3 tahun lalu

    Oleh: Gandhi PakpahanPARNADOS (PARSAHUTAON NAHUMALIANG DOLOKSANGGUL)PARNADOS yang berdiri pada tanggal 27 Januari 1995 mempunyai benang merah dengan PERNADOS yang berdiri sebelumnya dan wadah lain set

  • Mubes Generasi Muda Pasaribu Medan : Marisi Dame Pasaribu Terpilih Ketum 2017-2019

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Deklarasi dan Musyawarah Besar (Mubes) I Generasi Muda Pasaribu Medan Sekitarnya Tahun 2017 bertemakan "Marsada tu Hamajuon" di Convention Hall Hotel Pardede International Medan,

  • Pusat Habatakon (Batak Center) Didirikan untuk Menyelamatkan Kebudayaan Batak di Masa Depan

    2 tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Kebudayaan Batak perlahan-lahan ditinggalkan oleh penganutnya yaitu orang-orang Batak itu sendiri, semakin tergerus oleh kemajuan teknologi informasi, pergaulan bebas, hedonisme

  • Diskusi Terbatas RE Foundation : Dorong Revisi Perpres tentang Dana Perkebunan untuk PAD Daerah

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Sumatera Utara sebagai provinsi no dua di Indonesia untuk luas lahan perkebunan kelapa sawit, belum bisa berkontribusi untuk mendongkrak Pendapatan Asli Daerah. Dana Perkebunan Kelapa Sawit yang dihimpun,

  • Forum Bangso Batak Indonesia (FBBI) Gelar Acara Senandung Rindu Bona Pasogit Jilid Pertama

    3 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak): Forum Bangso Batak Indonesia (FBBI) menggelar Acara Senandung Rindu Bona Pasogit Jilid Pertama di Lapo Codian, Jakarta, Sabtu 8 April 2017.   Para pendukung aca

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb