• Home
  • News
  • Dorong Wanita Berorganisasi, Wali Kota Lantik Pengurus Dekranasda dan GOW Kota Medan
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 19 April 2018 14:07:00

Dorong Wanita Berorganisasi, Wali Kota Lantik Pengurus Dekranasda dan GOW Kota Medan

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Medan (Pelita Batak):
Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi melantik pengurus dan anggota Dekranasda Kota Medan periode 2018-2021 di Gedung Serba Guna PKK Kota Medan Jalan Rotan Medan, Kamis  (19/4). Selain itu Wali Kota juga melantik ketua serta pengurus Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Medan periode 2018-2023.

Kedua organisasi ini merupakan bagian dan pengembangan potensi kaum perempuan serta budaya khas Kota Medan. Diharapkannya pelantikan ini menjadi momentum awal kebangkitan organisasi wanita yang siap beperan aktif di tengah-tengah masyarakat Kota Medan.

Dihadapan Sekda Kota Medan Ir H Syaiful Bahri Lubis, Ketua Dekranasda Kota Medan sekaligus Ketua TP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani Dzulomi bEldin, Ketua GPTKi Kota Medan Hj Nurul Khairani, Ketua BKOW Provinsi Sumut  Kemalawati AE SH, pimpinan OPD serta camat se-Kota Medan, Wali Kota menjelaskan, Dekranasda merupakan organisasi non pemerintah yang memiliki misi unrtuk melestarikan nilai-nilai budaya bangsa berupa produk kerajinan .

Produk kerajinan itu dihasilkan, jelas Wali kota, melalui program kegiatan pembinaan, pelatihan dan pemasaran hasil kerajinan daerah dengan mengikusertakan dalam berbagai pameran baik dalam maupun luar negeri. Sedangkan GOW merupakan mitra kerja pemerintah guna peningkatan peran wanita dalam pembangunan berperspektif  gender, terutama melalui pendidikan, ketrampilan, partisipasi pada sektor publik dan berbagai kegiatan lainnya.

"GOW kita harapkan dapat lebih memberdayakan potensi yang dimiliki untuk peningkatan eksistensi wanita dalam kegiatan pemerintahan, pembngunan dan kemasyarakatan. Selama ini GOW kita nilai telah berhasil mengawal; perjuangan dalam meningkatkan kesejahteraan kaum perempuan tanpa membuat perempuan merupakan kodratnya," kata Wali kota.

Oleh karenanya melalui pelantikan yang dilakukan, Wali Kota ingin kedua organisasi (Dekranasda dan GOW) dapat menjadi teamwork yang solid dan responsif terhadap perkembangan dan dinamika yang terjadi di masyarakat. Di samping itu senantiasa menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait dalam upaya mendukung pembangunan daerah.

"Dukungan itu tentunya sangat kita butuhkan bagi terwujudnya masyarakat kota Medan yang lebih sehat, terdidik, sejahtera, berdaya saing dan berbudaya berlandaskan iman dan takwa. Selain itu terus berkreasi dan berkarya untuk menciptakan inovasi yang dapat mendukung pembangunan Kota Medan baik fisik maupun mental masyarakatnya," harapnya.

Sebelumnya, Ketua Dekranasda kota Medan Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin SH mengatakan, hasil kerajinan lokal sebagai suatu perwujudan perpaduan keterampilan untuk menciptakan suatu karya dan nilai keindahan yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari suatu kebudayaan. Artinya, kerajinan tumbuh melalui proses waktu dan perlu terjaga mutu kreatifitas maupun kelestarian penyedia produk kerajinan lokal tersebut.

"Untuk itulah peran kita sebagai pengurus Dekranasda Kota Medan agar dapat menggali, mengembangkan dan melestarikan warisan budaya lokal dan mempromosikan produk kerajinan lokal," kata Hj Rita.

Selain itu tambah Hj Rita Marahani lagi, melalui pengelolaan yang baik, dia yakin masyarakat akan semakin berdaya dalam menciptakan lapangan kerja serta mengembangkan ekonomi kreatif sebagai bagian dari entitas pembangunan. Jika masyarakat berdaya, Hj Rita optimis perekonomian rakyat yang telah diusung semakin menguat sehingga perekonomian daerah, khususnya di Kota Medan semakin meningkat secara keseluruhan.

Atas dasar itulah Hj Rita Maharani mengingatkan seluruh pengurus yang baru dilantik bahwa banyak pekerjaan rumah yang harus  segera dillakukan. "Mari kita bangun teamwork yang solid, menumpahkan pemikiran dalam mencetuskan program-program kerja yang akan kita laksanakan ke depannya. Selain itu dukungan dari Bapak Wali Kota juga kita perlukan untuk menajamkan peran Dekranasda Kota Medan," harapnya.

Prosesi pelantikan ditandai dengan penandatanganan surat keterangan dan dilanjutkan dengan penyematan pin. Wali Kota bersama Ketua Dekranasda dan TP PKK Kota Medan selanjutnya memberikan ucapan selamat kepada seluruh pengurus yang dilantik. Sedangkan Ketua GOW Kota Medan yang terpilih adalah Asmalita Zulkarnain SPsi. (H|TAp)
  BeritaTerkait
  • Busana Rancangan Rita Maharani di Gebyar Kerajinan Daerah Sumut 2016

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Busana hasil rancangan istri Wali Kota Medan, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin S MSi mengundang decak kagum seribuan pengunjung yang memadati Merdeka Walk ketika menyaksikan pagelaran busana dalam rangka memeriahkan Gebyar Kerajinan Dae

  • Akhyar Nasution Ajak IPM Pro Aktif dalam Pencegahan Narkoba

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Sebagai organisasi pelajar Muhammadiyah, ikatan pelajar Muhammadiyah (IPM) harus memegang teguh tiga hal utama yaitu tertib dalam beragama tertib dalam belajar dan tertib b

  • Syahputri Kini Ketua PKK Dan Dekranasda Pematang Siantar

    3 tahun lalu

    Pematangsiantar (Pelita Batak) :Ketua Tim Penggerak PKK Provsu, Evi Diana Erry Nuradi melantik Ketua Tim Penggerak PKK dan Dekranasda Kota Pematang Siantar, Syahputri Hefriansyah untuk masa bhakti 201

  • Hj Rita Maharani & Pangkostrad Senam Jantung Sehat Bersama Warga Medan Johor

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Ketua TP PKK Kota Medan sekaligus Ketua Yayasan Jantung Sehat Indonesia (YJI) Cabang Utama Sumut Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin S MSi mengikuti senam jantung sehat  bersama Pa

  • Wali Kota Harap Kepengurus PD IPEMI Jalankan Amanah Dengan Baik

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Salah satu sumber pembangunan yang masih belum digarap dengan serius adalah potensi kaum perempuan. Sebagai negara mayoritas Muslim terbesar di dunia, maka para Muslimah di Indone

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb