• Home
  • News
  • Diselimuti Kabut Asap, Pemko Sidimpuan Lakukan Uji Udara, Pertimbangkan Liburkan Sekolah
KSP Makmur Mandiri
Senin, 23 September 2019 17:37:00

Diselimuti Kabut Asap, Pemko Sidimpuan Lakukan Uji Udara, Pertimbangkan Liburkan Sekolah

BAGIKAN:
Saut Togi Ritonga | Pelita Batak
TIM Pemko Sidimpuan mengambil sampling udara untuk diuji laboratorium di Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Batu.

Padangsidimpuan (Pelita Batak) :

Dikarenakan Kabut asap yang kurun waktu beberapa hari ini terlihat semakin menebal, Pemerintah Kota Padangsidimpuan melakukan uji laboratorium atas kualitas udara di Kota Padangsidimpuan dan bila hasilnya menyatakan mengkhawatirkan maka nantinya akan dijadikan bahan pertimbangan meliburkan anak sekolah.

"Pagi tadi, sudah di ambil sampling udara dan dibawa ke laboratorium terdekat di Rantauprapat Labuhanbatu. Insya Allah, sesegera mungkin kita  sudah dapat hasilnya," kata Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, Senin, 23 September 2019.

Dikatakannya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Syahraini Lubis sedang dalam perjalanan membawa contoh udara di Kota Padangsidimpuan menuju laboratorium di Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu.  

Irsan mengatakan secara kasat mata kondisi udara sudah sangat mencemaskan. Berkabut asap tebal dan mengganggu jarak pandang mata. Namun, sebelum ada uji lab, pihaknya belum bisa memutuskan apakah Indeks Kualitas Udara (IKU) tersebut sudah membahayakan atau tidak.

"Saya sangat memahami keresahan masyarakat terkait kabut asap yang menyelimuti udara saat ini. Tetapi untuk mengambil kebijakan meliburkan anak sekolah, kita harus memiliki dasar ilmiah, sehingga tidak salah mengambil keputusan," jelas Irsan.

Sebagai langkah awal, Wali Kota Irsan Efendi Nasution sudah memerintahkan jajarannya membagikan masker dan imbauan tentang tata cara menjaga kesehatan pada saat bencana kabut asap kepada masyarakat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Kesehatan beserta seluruh Puskesmas diwajibkan membagikan masker gratis dan memberikan imbauan tentang tindakan antisipasi mencegah penyakit Inpeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Imbauan yang disampikan berupa tata cara menjaga kesehatan pada saat bencana kabut asap,  antara lain, kurangi aktifitas di luar ruangan dan menutup pintu dan jendela ruangan atau rumah agar partikel asap tidak masuk. 

Perbanyak minum air putih, cuci tangan pakai sabun setiap selesai melakukan aktifitas di luar rumah. Memakai masker jika hendak bepergian atau berada di luar rumah. Jika ada keluarga yang terserang ISPA, sesak nafas ataupun asma, segera bawa berobat.

Kepada seluruh masyarakat, Wali Kota Padangsidimpuan mengajak untuk tidak melakukan pembakaran lahan di kebun maupun hutan. Sebab, bencana asap ini berasal dari kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau. 

"Bencana ini sangat menyiksa, tolong jangan tambah lagi," pesan Wali Kota Sidimpuan sembari memerintahkan Camat, Lurah dan Kepala Desa memantau wilayah masing-masing dari pembakaran hutan dan lahan.(Saut Togi Ritonga)

  BeritaTerkait
  • Dampak Kabut Asap, Pemko Padang Sidempuan Liburkan Sekolah

    tahun lalu

    Padang Sidempuan (Pelita Batak) : Wakil Walikota Padangsidimpuan Ir. Arwin Siregar mengeluarkan  Instruksi Walikota Padangsidimpuan nomor 660.32/5380/2019 tanggal 23 September 2019 tentang Antis

  • BPBD Sosialiasi Tanggap Bencana di Sekolah

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Guna mengantisipasi para siswa tidak panik dan langsung mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan saat terjadi bencana, Pemko Medan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah

  • Antisipasi Efek Kabut Asap, Pemko Padangsidimpuan Bagikan Masker

    tahun lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) : Kabut asap yang sudah terjadi sejak beberapa hari melanda Kota Padangsidimpuan tampaknya sudah semakin parah.  Sudah banyak warga yang mengeluhkan kondisi ini d

  • Kabut Asap di Medan, Pemko Bagi Masker Antisipasi Terpapar Langsung

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Pembagian ribuan masker kembali dilakukan Pemko Medan, Selasa (24/9). Kali ini yang membagikan masker adalah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan dan Dinas Pariwi

  • Asap Selimuti Medan, Pemko Bagikan Ribuan Masker untuk Warga

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Menyikapi semakin pekatnya asap yang timbul akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau dan Jambi yang telah memasuki wilayah Kota Medan, Pemko Medan pun terus me

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb