• Home
  • News
  • Dipertanyakan, PT SAK Menangkan Rehabilitasi Gedung Kantor Disdik Taput
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 23 Agustus 2016 20:55:00

Dipertanyakan, PT SAK Menangkan Rehabilitasi Gedung Kantor Disdik Taput

BAGIKAN:
Pelita Batak :
Kemenangan PT SAK pada tender rehabilitasi gedung kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Utara (Disdik Taput) patut di pertanyakan, sebab anda indikasi tiga perusahaan dari pulau Jawa sebagai pendamping yang dibawa oleh PT SAK. Kemudian pengalaman kerja oleh PT SAK masih dipertanyakan.
 
Demikian dikatakan Harapan Silalahi selaku ketua Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI) Kabupaten Tapanuli Utara kepada Wartawan, Selasa (23/8/2016) di Tarutung.
 
"Adanya dugaan kita, karena beberapa Layanan Pengadaan Secara Elektrik (LPSE) yang di ikuti oleh PT SAK di daerah Jawa Barat tidak melengkapi persyaratan yang lengkap, serta belum memiliki pengalaman yang mahir, serta kita menduga adanya sikap korporasi pada pemenangan tender Rehabilitasi Gedung Kantor Diknas Taput yang berbiaya Rp 3,4 miliar tersebut," jelas Harapan.
 
Kecurigaan juga berdasar dari segi penawaran, yakni CV.Marina dengan penawaran Rp 2.858.117.000,00, PT Tata Permai Indah nilai Penawaran Rp 2.970.292.000,00, PT Cipta Nusantara Rp 3.185.956.000,00 dan PT SAK yang menjadi pemenang dengan penawaran Rp3.312.355.000,00. Serta hanya PT Tata Permai Indahlah perusahaan yang berasal dari Meda, Sumut.
 
Menurut Harapan, dari data yang diperolehnya sejumlah lelang layanan pengadaan secara elektronik yang diikuti PT SAK di Jawasa Barat selalu terkendala akan kelengkapan persyaratan. Seperti halnya, Tenaga Personil Inti tidak dapat memenuhi persyaratan pengalaman kerja yang ditetapkan. Kemudian untuk pelaksana, tenaga adminitrasi dan logistik tidak menyampaikan daftar riwayat hidup. Serta metode pelaksanaan tidak ada dasar perhitungan jumlah waktu pelaksanaan pekerjaan dan teknis sebagian besar dokumen tidak bertanda tangan dan bermaterai serta dukungan bank tidak ada. Bahkan jadwal-jadwal material tidak ada alat bukti dan dukungan alat tidak ada.
 
"Oleh karena itu, kita tetap akan mempertanyakan hal tersebut pada Panitia Lelang, serta mengajak pihak Kepolisian melalui Satuan Tipikor untuk menyelidiki dugaan korporasi ini," tegas Harapan.
 
Menanggapi hal tersebut, Kabag Pengram Tapanuli Utara Martunggul Simamora, saat di konfirmasi seputar adanya indikasi tidak lengkap persyaratan pada lelang rehabilitasi gedung kantor dinas pendidikan oleh perusahaan PT SAK, tim Pelita Batak tidak mendapat jawaban.
 
Demikian juga Kabid Sarana Prasarana (Sarpras) Dinas Pendidikan Taput Rudi Sinaga, saat di konfirmasi melalui kedua Nomor Selulernya 081263082*** dan 081260815***, tidak bisa tersambung.
 
Kasubbag Humas Polres Taput AIPTU W Barimbing kepada wartawan mengatakan pihaknya akan segera menyelidiki adanya dugaan penyimpangan dalam tender tersebut. "Kita akan segera menyelidiki kalau adanya dugaan korporasi antara panitia dengan rekanan/perusahaan guna meloloskan pemenangan tender,dan ada juga lebih baiknya,apabila ada perusahaan yang di rugikan,kita siap bekerja sama untuk mengungkap ini," tegasnya. (FH)
  BeritaTerkait
  • Analisa Harga Satuan Bahan Pada Proyek di Kabupaten Tapanuli Utara Berpotensi Rugikan Negara

    4 tahun lalu

    Taput(Pelita Batak): Merujuk Perpres 54 tahun 2010 mengenai etika pengadaan, pada pasal 6 disebutkan salah satunya adalah menghindari dan mencegah terjadinya pemborosan dan kebocoran keuangan negar

  • Dugaan Proyek Mark-Up Di Kabupaten Tapanuli Utara Harusnya Menjadi Perhatian Penegak Hukum

    4 tahun lalu

    Taput(Pelita Batak): Banyaknya dugaan proyek Mark-up di Kabupaten Tapanuli Utara diharapkan menjadi perhatian pihak penegak hukum. Ada indikasi terjadi praktek korupsi, sehingga menimbulkan kerugia

  • Pemkab Tapsel Kembali Kucurkan Dana APBD Ke Kejaksaan Negeri

    3 tahun lalu

    Tapsel (Pelita Batak) : Setelah sebelumnya mengalokasikan dan merealisasikan APBD Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun 2017 mencapai Rp.1.294.000.000 untuk Kejaksaan Negeri Kabupaten Tapanuli Selatan beru

  • Pemkab Tapsel Kembali Kucurkan Dana APBD Ke Polres

    3 tahun lalu

    Tapsel (Pelita Batak) : Setelah sebelumnya Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang mengalokasikan dan merealisasikan Apbd Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun

  • Rencana Pembangunan Kawasan Danau Toba dan Peluang Masyarakat Adat Diseminarkan di Parapat

    4 tahun lalu

    Parapat (Pelita Batak): KSPPM, BAKUMSU, CAPPA dan Sajogyo Institute bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK) dan Kantor Staf Presiden (KSP) menyelenggarakan seminar

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb