• Home
  • News
  • Dinkes Sidimpuan : Covid 19 Bukan Kendala Cegah Stunting
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 11 Agustus 2020 23:35:00

Dinkes Sidimpuan : Covid 19 Bukan Kendala Cegah Stunting

BAGIKAN:
Saut Togi Ritonga| Pelita Batak
Padangsidimpuan (Pelita Batak) :
Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang melanda dunia sekarang ini tidak menjadi kendala bagi Pemerintah Kota Padangsidimpuan dalam melanjutkan program pencegahan stunting di daerah.

Kadis Kesehatan Pemkot Padangsidimpuan, melalui Kabid Kesehatan Masyarakat Ita Arbaiah, Senin 10 Agustus 2020 mengatakan tidak ada penghalang yang berarti di tengah pandemi COVID-19 untuk tidak melanjutkan program pencegahan stunting di Kota Padangsidimpuan.

"Pelayanan gizi penting bagi kelompok anak usia dini, remaja serta ibu hamil dan menyusui. Melalui program perbaikan gizi masyarakat ini harus dilakukan sehingga menciptakan masyarakat yang sehat," ujarnya.

Pemerintah pusat hingga daerah juga mengajak  dan mendorong masyarakat melalui promosi kesehatan selalu menyampaikan agar masyarakat menerapkan pola makan yang sehimbang serta gaya hidup sehat selama pandemi berlangsung.

"Pemerintah juga melibatkan masyarakat guna menerapkan pola makan seimbang dan gaya hidup sehat," kata Ita.

Utuk tahun 2020 ini Pemerintah Kota Padangsidimpuan melalui Dinas Kesehatan masih menekanan pada pemberian vitamin A dan pemberian tablet tambah darah pada remaja putri. 

Pelayanan kesehatan bagi ibu bersalin dan nifas dengan menerapakan IMD (inisiasi menyusui dini) dan pemberian ASI Eksklusif yang dilaksanakan oleh Faskes terutama Fasilitas Kesehatan tingkat pertama (FKTP) milik pemerintah.

Kemudian khusus kegiatan spesifik gizi, surveilans gizi tetap melakukan pemantauan pertumbuhan Balita, skrinning atau pelacakan dan konfirmasi gizi buruk, pencatatan dan pelaporan gizi.

Tidak hanya itu saja, suplementasi gizi berupa penyediaan makanan tambahan penyuluhan pada Balita, penyediaan makanan tambahan pemulihan bagi Balita juga turut disediakan dan berlanjut ditengah pandemi COVID-19.(STR)
  BeritaTerkait
  • Pemko Sidimpuan Gelar Swab Massal

    satu minggu lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan melalui Dinas kesehatan melakukan kegiatan Swab Massal Covid-19 di Puskesmas Sadabuan, Senin 21 September 2020.Wakil Walikota Pa

  • Sebut Walikota Sidimpuan Isolasi Mandiri, Kuasa Hukum Siap Laporkan Sejumlah Media Online Dan Akun Ke Polisi

    4 minggu lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Kuasa Hukum Pemerintah Kota Padangsidimpuan akan menempuh jalur hukum terkait pemberitaan beberapa media online dan status media sosial beberapa orang yang menyebut dir

  • Bersiap Menghadapi New Normal Dengan Protokol Kesehatan

    3 bulan lalu

    Labuhanbatu (Pelita Batak):Sejak pandemi Covid-19 muncul, hampir semua orang mengalami kendala untuk menjalani kehidupan normal akibat pembatasan yang perlu dilakukan untuk mencegah penularan virus Co

  • Pemko Gelar Rapat Koordinasi dan Ketertiban Umum

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Pemko Medan menggelar rapat Koordinasi Ketentraman dan Ketertiban Umum di Medan International Convention Centre (MICC) Jalan Gagak Hitam/Ring Road Medan, Jumat (10/11). Rapat ini

  • Pemko Padangsidimpuan Fasilitasi Balita Gizi Buruk Dirujuk Ke RS Haji Medan

    11 bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) merujuk balita penderita gizi buruk, Hanif Saputra (2) ke Rumah Sakit Haji Medan dengan menggunakan ambulance RSUD didampingi orangtuanya

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb