• Home
  • News
  • Dinas Pertanian Langkat Mesti Tingkatkan Produktivitas Pangan
KSP Makmur Mandiri
Senin, 13 Juni 2016 17:19:00

Dinas Pertanian Langkat Mesti Tingkatkan Produktivitas Pangan

BAGIKAN:
Ist
Wabup Langkat H. Sulistianto saat memimpin apel gabungan Pemkab. Langkat yang berlangsung dihalaman kantor Bupati Langkat, Senin 13 Juni 2016.

Langkat (Pelita Batak):

Sejumlah indikator kekhawatiran  serta  tantangan kedepan  pencapaian  swasembada beras  di Kabupaten Langkat. Selayaknya Dinas Pertanian Langkat  mempriritaskan produktivitas pangan. Hal itu diungkapkan Wabup H. Sulistianto yang mewakili Bupati Langkat saat membacakan sambutan pada apel gabungan Pemkab Langkat yang berlangsung di halaman kantor Bupati Langkat, Senin 13 Juni 2016.

"Walaupun saat ini Kabupaten Langkat setiap tahunnya mampu mencapai swasembada beras dan menjadi salah satu Kabupaten pemasok beras   khususnya di  Sumatera Utara , situasi kekhawatiran  ini  perlu menjadi perhatian serius bersama katanya. Beberapa hal penyebab kekawatiran tersebut selain   jumlah penduduk setiap tahunnya  bertambah yang menyebabkan tantangan  kebutuhan pangan terutama beras  serta adanya  alih fungsi dan fragmentasi lahan pertanian dan  rusaknya insfrastruktur/jaringan irigasi.

Selain kendala lainnya masih tingginya susut hasil, belum terpenuhinya kebutuhan pupuk dan benih sesuai rekomendasi spesifik lokasi dan lemahnya permodalan petani serta harga komuditas pangan jatuh dan sulit memasarkan hasil pada saat panen raya. Untuk itu, Wabup  Sulistianto mengingatkan kepada Instansi terkait di Langkat dalam hal ini Dinas Pertanian  Langkat agar  terus melakukan perencanaan dan memprogramkan peningkatan produksi dan produkvitas komoditi pangan.

“Terus berkoordinasi, lakukan monitoring dan evaluasi program-program peningkatan produksi dan produktivitas komoditi pangan, dengan seluruh pengurus Dewan ketahanan Pangan di Langkat  sehingga swasembada pangan dapat berkelanjutan” harap  Sulistianto.(R5)

  BeritaTerkait
  • Mentan Optimis Sumut Kembali Lima Besar Produksi Padi

    4 tahun lalu

    Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut untuk mengejar target produksi pertanian padi, jagung dan kedelai (Pajale) di tahun 2016. Dengan demikian, Sumut dapat kembali menempati urutan lima besar nasional sebagai

  • Dua Penyuluh Pertanian Sumut Terbaik Nasional

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi bangga dan memberikan apresiasi khusus kepada Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Serdang Bedagai Rudi Effendi Hasibuan dan Cerdas

  • Penyuluh Se-Tabagsel, Tapteng dan Sibolga Disemangati Gubernur

    3 tahun lalu

    Padang Sidempuan (Pelita Batak):Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menyebutkan, dalam rangka mewujudkan swasembada pangan berkelanjutan dengan peningkatan produkvitas dan produksi berb

  • Sumut Harus Masuk Tiga Besar Nasional Produksi Pajale

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Pencapaian Provinsi Sumatera Utara (Provsu) masuk lima besar nasional sebagai penyumbang produksi padi patut mendapat apresiasi. Namun dengan kondisi Sumut yang dinilai cukup pote

  • Warga Sibuhuan Padang Lawas Dapat Bantuan Peningkatan Swasembada Pangan

    4 tahun lalu

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi menyerahkan bantuan benih, pupuk dan mesin pertanian kepada sejumlah Kelompok Petani (Poktan) dilapangan Balaka Sitongkol, Kecamatan Lubuk Barumun, Padang Lawas (Palas), Minggu (28/8/2016).

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb