• Home
  • News
  • Dinas Pariwisata Gelar Pagelaran Lintas Etnis Sidimpuan
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 29 Oktober 2020 13:49:00

Dinas Pariwisata Gelar Pagelaran Lintas Etnis Sidimpuan

BAGIKAN:
Saut Togi Ritonga|Pelita Batak
Padangsidimpuan (Pelita Batak) :
Bertempat di Kebun Agro Wisata Batang Bahal Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, Dinas Pariwisata menggelar pagelaran seni budaya lintas etnis.

Pagelaran yang di inisiasi Bidang Pengembangan Pariwisata  itu dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Ir Arwin Siregar, MM bersama Ketua DPRD Siwan Siswanto, Rabu 28 Oktober 2020.

Pembukaan ditandai dengan tabuhan gordang sambilan sebagai simbol dimulainya 
Pagelaran Seni Budaya Lintas Etnis Kota Padangsidimpuan Tahun 2020 yang di ikuti etnis Batak Angkola, Mandailing, Simalungun dan etnis Minang.

Wakil Walikota Arwin Siregar dalam arahan mengharapkan dengan diselenggarakannya acara tersebut kiranya
dapat menambah kecintaan terhadap seni dan budaya di kota Padangsidimpuan
yang beragam etnis nya, memupuk rasa persatuan dan kebhinekaan dalam berbangsa dan bernegara.

"Dengan acara ini, mengingatkan kita bahwa Padangsidimpuan adalah 
Kota Budaya dengan berbagai macam etnis yang perlu kita lestarikan bersama
agar tidak punah di telan zaman yang telah di dominasi oleh teknologi Modern
dan Digital," ujar Arwin.

Arwin berharap kegiatan itu dapat terus dilaksanakan guna memotivasi masyarakat untuk lebih mencintai seni dan budaya khas daerah, terpelihara dan terjaga kelestariannya.

Tidak lupa Wakil Walikota juga berpesan agar semua hadirin dan peserta harus tetap menerapkan Protokol 
Kesehatan demi keamanan dan kenyamanan bersama. 

Sementara Ketua DPRD Siwan Siswanto dalam sambutannya mengatakan, keberagaman suku dan budaya yang ada di kota Padangsidempuan merupakan bukti bangsa yang besar. "Keberagaman ini harus terus dirawat dan dipelihara dan dibingkai dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujarnya.

Selanjutnya, Siwan berharap agar pagelaran itu  dapat menjadi ajang untuk menambah pengetahuan dan memahami nilai nilai budaya secara baik khususnya bagi kalangan pencinta seni budaya dan sarana promosi daerah.

Plt Kadis Pariwisata Mei Jenni, S.Sos, MM mengatakan Pagelaran seni budaya lintas etnis kota Padangsidimpuan tahun 2020 merupakan bagian dari integral pembangunan dunia pariwisata pelestarian nilai nilai seni dan budaya daerah.

Pementasan atau atraksi budaya daerah yang bertujuan melestarikan dan sarana pengembangan potensi bakat, kreatifitas, kecerdasan para generasi muda mudi untuk menjadi figur yang dapat berperan dalam mempromosikan karya seni budaya. 

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah M Jusar Nasution, Asisten I Setdakot Iswan Nagabe, Asisten II Rahuddin Harahap, Wakil Ketua TP PKK, OPD, dan undangan lainnya.(Saut Togi Ritonga)
  BeritaTerkait
  • Usai Gelar Pagelaran Budaya Lintas Etnis, Dispar Sidimpuan Gelar Pemilihan Putri Pariwisata 2020

    4 minggu lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Dinas Pariwisata Kota Padangsidimpuan kurun waktu belakangan ini di masa pemberlakuan Perwal 28 tahun 2020 (Prokes Covid 19), tampaknya gencar  menyelenggarakan ke

  • Jadikan Medan Destinasi Wisata Budaya Melalui Gemes 2017

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Dalam upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara sekaligus edukasi dan ekplorasi keragaman kesenian dan budaya Melayu sebagai sebuah kearifan lokal

  • Pagelaran Seni Budaya Sembilan Etnis Ramaikan Sidimpuan Expo 2019

    tahun lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak):Meramaikan suasana Sidimpuan Expo 2019 yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Pemko Padangsidimpuan yang ke 18, Dinas Pariwisata menyelenggaran

  • Walikota Sidimpuan Diminta Tindak Sejumlah Pejabat Langgar Prokes Covid 19

    4 minggu lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Penegakan Peraturan Walikota (Perwal) Padangsidimpuan Nomor 28 tahun 2020 terkait disiplin Protokol Kesehatan (Prokes) Covid 19 hendaknya tidak tajam ke masyarakat saja

  • Terciduk di FB, Sejumlah Pejabat Pemko Sidimpuan Langgar Prokes Covid 19 Hadiri Pagelaran Budaya Lintas Etnis

    4 minggu lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Penegakan Peraturan Walikota (Perwal) Padangsidimpuan No 28 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan (Prokes) Covid 19, tampaknya menjadi sia sia dengan ulah sejumlah peja

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb