• Home
  • News
  • Dinas PMD Kota Padangsidimpuan Siap Bersinergi Untuk Pembangunan Desa
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 14 Agustus 2020 20:06:00

Dinas PMD Kota Padangsidimpuan Siap Bersinergi Untuk Pembangunan Desa

BAGIKAN:
Saut Togi Ritonga| Pelita Batak
Padangsidimpuan (Pelita Batak) :
Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kota Padangsidimpuan siap bersinergi semua pihak termasuk dengan wartawan untuk memantau pembangunan disetiap desa yang ada di wilayah kota Padangsidimpuan.

Hal itu diungkapkan Kepala dinas PMD Syafaruddin Harahap kepada wartawan, Jumat 14 Agustus 2020, dalam rangka peran serta untuk kebaikan dan kemajuan sesuai tujuan pelaksanaan pembangunan.

" Kita tidak hanya bekerjasama dengan aparat pemerintahan saja, Akan tetapi peranan dari rekan - rekan wartawan juga sangat kita butuhkan dalam memantau pembangunan di desa," ucap Syafaruddin.

Ia menjelaskan, bahwa sejauh ini dinas PMD terus melakukan pembinaan kepada seluruh desa yang ada di kota Padangsidimpuan khususnya dalam penggunaan dana desa dan melaksanakan pembangunan mengikuti peraturan yang sudah di tetapkan pemerintah.

Salah satunya kata Syafar, Peraturan Walikota (Perwal) Padangsidimpuan tentang tata cara pembagian dan penetapan besaran dana desa.

Terkait penggunaan dana desa pihak PMD melakukan pembinaan dan pengawasan serta menyampaikan peraturan yang berlaku terkait penggunaan dana desa tersebut agar efektif dan bermanfaat bagi masyarakat desa.

"Penggunaan dana desa ini kewenangannya ada di pemerintahan desa sendiri, Kita hanya sebatas melakukan pembinaan dan pengawasan. Tetapi kita pastinya menyampaikan agar dana desa itu bisa membangun serta memajukan masyarakat desa dan yang paling penting dana desa ini adalah swakelola serta benar - benar untuk kepentingan masyarakat desa," ucapnya.

Disamping itu, Syafar juga mengingatkan kepada pemerintahan desa,  Agar dana desa jangan hanya digunakan untuk pembangunan fisik saja. Tetapi, digunakan juga untuk pemberdayaan masyarakat karena itu sudah menjadi salah satu prioritas didalam pengunaan dana desa.

Kemudian Syafar juga berharap agar para kepala desa tetap melakukan koordinasi yang kongkrit dengan pihak dinas PMD dan juga dengan instansi terkait serta bisa menerima saran- saran dari pendamping desa agar kedepannya dalam menggunakan dana desa terhindar dari tindakan hukum.

Selanjutnya, Syafaruddin juga meminta agar kantor desa dipergunakan dan dibuka pada jam kerja, supaya pemerintahan di desa itu terlihat hidup dan berjalan sebagaimana mestinya.(STR)
  BeritaTerkait
  • Resepsi Hari Jadi Tapsel di Padangsidimpuan Dihadiri Gus Irawan

    3 tahun lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) : Serangkaian kegiatan dalam rangka menyemarakkan Hari Jadi ke-67, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan menggelar malam resepsi di Halaman Rumah Dinas Kantor Bupati Lam

  • Pj. Walikota Lantik 55 Pejabat Pemko Padangsidimpuan

    2 tahun lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak):Pj. Walikota Padangsidimpuan DR H Sarmadan Hasibuan melantik  55 pejabat eselon III dan IV , bertempat di aula Kantor Walikota Padangsidimpuan, Jumat (20/7). Dalam

  • TP PKK Kota Medan Siap Sinergikan Program Pokok PKK Pusat

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Medan siap mensinergikan Program Pokok PKK Pusat, terutama 10 Program Pokok PKK, sehingga visi misi PKK akan tercap

  • Robbi Arianto Napitupulu : Karang Taruna Siap Jadi Garda Terdepan Dukung Program Walikota Padangsidimpuan

    9 bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Bertempat di gedung Adam Malik jalan Serma Lian kosong, Walikota Irsan Efendi Nasution melantik kepengurusan Karang Taruna Kota Padangsidimpuan masa Bakti 2019 - 2024,

  • Kembangkan Inovasi 'Unit Reaksi Cepat Anti Kekerasan Anak dan Perempuan'

    4 tahun lalu

    Batu Bara (Pelita Batak) : Untuk ke tiga kalinya Bupati Batu Bara H OK Arya Zulkarnain SH MM meraih penghargaan Kepala Daerah Innovatif dari Koran Sindo tahun 2016 di Bandung, Jawa Barat. Sebelum nya Bupati Batu Bara meraih penghargaan Kepala Daerah Inov

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb