• Home
  • News
  • Dinas P3A Kabupaten Labuhanbatu Monev PATBM Kedesa Tanjung Harapan
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 09 Juni 2021 16:15:00

Dinas P3A Kabupaten Labuhanbatu Monev PATBM Kedesa Tanjung Harapan

BAGIKAN:
Rahmat purba | pelita batak
Dinas P3A Kabupaten Labuhanbatu Monev PATBM Kedesa Tanjung Harapan

Labuhanbatu (Pelita Batak):

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Kabupaten Labuhanbatu dibawah pimpinan Tinur Bulan, S.Km, M.Kes, terus berupaya meningkatkan pelayanan perlindungan terhadap anak, upaya tersebut dibuktikan dengan melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) didesa Tanjung Harapan Kecamatan Pangkatan Kabupaten Labuhanbatu Rabu 9/6/2021 diaula kantor Kepala Desa setempat.

Kegiatan dimaksud sebagai jejaring antar lembaga penyedia layanan anak yang memerlukan perlindungan khusus provinsi dalam bentuk penguatan perlindungan anak berbasis masyarakat, sekaligus ajang penilaian Kabupaten/Kota Layak Anak yang mana Kabupaten Labuhanbatu termasuk salah satu Kabupaten dengan pencapaian nilai layak anak yang cukup signifikan lebih kurang 900 poin penilaian.

Monev tersebut menghadirkan kepala Dinas P3A Provinsi Sumatera Utara Hj.Nurlela, SH, M.AP, beserta rombongan. Narasumber dari provinsi Sumatera Utara yang juga mantan Sekdaprovsu Dr.Ir, Hj.Raja Sabrina, M.Si, dan diikuti oleh beberapa perwakilan OPD, Kabid Perlindungan Hak Perempuan dan Perlindungan Khusus Anak dinas P3A Kabupaten Labuhanbatu, H.Tuti Novrida Ritonga, Camat Pangkatan Hulwi SE, Kepala Desa Tanjung harapan Rustam Effendi Ritonga, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Tokoh masyarakat, Tokoh agama dan aktivis PATBM Desa Tanjung harapan.

Afini, Ketua Panitia pelaksana kegiatan yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Perlindungan Hak Perempuan dan Perlindungan Khusus Anak Provinsi Sumatera Utara melaporkan bahwa dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah surat Kepala Dinas Pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Provinsi Sumatera Utara Nomor 061/0469/PPPA/2021, tanggal 31 Mei 2021, yang bertujuan memonitoring dan mengevaluasi pelaksanaan Perlindungan Anak terpadu berbasis masyarakat bagi aktivis PATBM di desa atau kelurahan an an-naml rangka penguatan para aktivis yang nantinya akan diberikan PATBM Awards sebagai desa atau kelurahan peduli anak. Yang diharapkan kan dapat memantau kemajuan implementasi semua komponen rencana kegiatan PATBM pada tingkat Desa/ Kelurahan dan Kabupaten.

Sementara itu Kepala Dinas P3A Kabupaten Labuhanbatu Tinur Bulan S.Km, M.Kes mengatakan, bahwa Kabupaten Labuhanbatu dengan luas 2.561,38 KM terdiri dari 9 Kecamatan, 75 Desa 23 Kelurahan dengan jumlah penduduk lebih kurang 494. 178 jiwa dan 181. 229 adalah usia anak.

Berbicara tentang perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat sama-sama kita mengetahui bahwa ini merupakan gerakan dari kelompok warga masyarakat Kat dengan perlindungan anak. Labuhanbatu sudah menginisiasi program PATBM sejak tahun 2018 pada peringatan Hari Anak Nasional melalui penandatanganan MOU dari segala unsur elemen baik lintas sektor, vertikal, media, dunia usaha serta masyarakat.

Disampaikan Tinur, bahwa di Kabupaten Labuhanbatu hingga saat ini ini masih setara 13% n desa atau kelurahan yang telah membentuk PATBM yaitu 12 desa dan 1 Kelurahan karena mengalami stagnasi di masa pandemi Covid-19.

Keikutsertaan Desa Tanjung harapan dalam penilaian PATBM  Award ini, merupakan hasil monitoring dan evaluasi dari tim Kabupaten dalam melaksanakan penilaian kegiatan di desa atau kelurahan baik secara administrasi maupun dari segi pelaksanaan tujuan PATBM itu sendiri.ujar Tinur Bulan.

Di sisi lain selaku narasumber Hj, Sabrina menyampaikan terkait peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan perlindungan anak bisa dilakukan oleh perseorangan, lembaga perlindungan anak, lembaga kesejahteraan Sosial, organisasi kemasyarakatan lembaga pendidikan media massa dan dunia usaha.

Karena menurut Sabrina perlindungan anak merupakan segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi anak dan hak-haknya agar dapat hidup tumbuh berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Selaku tuan rumah, Kepala Desa Tanjung harapan rustam Effendi Ritonga, mengucapkan terima kasih kepada Tim penilai PATBM, "Terimakasih atas perhatian Tim penilai PATBM terhadap Desa kami, Saya akan selalu siap mendukung segala bentuk kegiatan Aktifis PATBM Desa Tanjung Harapan".

Usai mendengarkan paparan dari narasumber, sesi acara di lanjutkan dengan foto bersama dan pemberian cendera mata secara simbolis kepada Aktifis PATBM Desa Tanjung Harapan.(Rahmat Purba)

  BeritaTerkait
  • Kepala Dinas P3A Kabupaten Labuhanbatu Kukuhkan Pengurus PATBM Desa Tanjung Harapan

    5 bulan lalu

    Labuhanbatu (Pelita Batak):Kepala Dinas Pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak kabupaten labuhanbatu,Hj.Tinur Bulan Harahap,SKM,M.Kes menghadiri dan mengkukuhkan Pengurus Perlindungan Anak Terpa

  • Warga Mengeluh di Sosmed, Polisi OTT 6 ASN Dinkes Labusel

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Tim Saber Pungli Polres Labuhanbatu melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel), Senin (9/7).Informasi dihimpun, OTT itu dila

  • Dinas PMDK Minta Seluruh Desa Lakukan Penyemprotan Disinfektan

    tahun lalu

    Labuhanbatu (Pelita Batak):Menindaklanjuti arahan Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT untuk mencegah virus corona (Covid-19), Kepala Dinas PMDK Abdi Jaya Pohan SH, meminta agar seluru

  • Andi Suhaimi: "Saya ingin bantuan ini berjalan terarah sesuai ketentuan"

    12 bulan lalu

    Labuhanbatu (Pelita Batak):"Saya ingin bantuan sosial untuk masyarakat kabupaten labuhanbatu berjalan terarah dan tidak menyimpang sesuai ketentuan. Demikian diucapkan Bupati Kabupaten Labuhanbatu H.A

  • Situasi Terkini Covid-19 di Kabupaten Labuhanbatu, Ini Penjelasan Kadis Kesehatan Labuhanbatu

    10 bulan lalu

    Labuhanbatu (Pelita Batak):Dimulai dari kasus terkonfirmasi Manejer Perkebunan PTPN III Janji Kecamatan Bilahbarat berinisial EZN (54) yang secara administrasi bukan warga labuhanbatu namun beraktivit

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb