• Home
  • News
  • Desa Simarlelan-Angkola Sangkunur Tergenang Banjir
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 28 November 2017 19:18:00

Desa Simarlelan-Angkola Sangkunur Tergenang Banjir

BAGIKAN:
Saut Ritonga
Banjir

Tapsel (Pelita Batak) : Bencana banjir tampaknya terus menghantui warga Kabupaten Tapanuli  Selatan.

Kali ini, lermukaan air sungai Garoga Kecamatan Muara Batangtoru meluap mengakibatkan puluhan rumah warga desa simarlelan terendam air.

Kepala Desa Simarlelan Nito Waruwu kepada wartawan, Selasa 28 November 2017 mengatakan, meluapnya permukaan sungai Garoga disebabkan beberapa hari ke belakang sampai saat ini wilayah tersebut terus di guyur hujan.

"Tidak saja permukiman warga bahkan puluhan hektare lahan perkebunan warga Simarlelan juga ikut terendam," ujarnya.

Ia menyatakan, akibat peristiwa yang sudah 4 kali terjadi dalam bulan November ini aktivitas keseharian warga Simarlelan menjadi terganggu.

"Saat ini warga tidak bisa lagi kekebun, soalnya ketinggian air mencapai antara 20 centimeter hingga 100 centimeter," ungkapnya.

Ironisnya lagi, pembangunan program Dana Desa termen II melanjutkan tahapan Dana Desa termen I Tahun 2017 berupa rabat beton sepanjang 360 meter lebar 2 meter juga ikut terganggu.

"Warga tidak bisa bekerja, soalnya lokasi rabat beton termen II kerap terendam banjir,"jelasnya.

Ia khawatir target pengerjaan dana desa termen II tidak bisa dikejar tepat waktu mengingat kondisi cuaca sekarang kurang bersahabat. "Sedikit saja datang hujan lokasi bangunan sudah terendam air," ungkapnya.

Sementara itu, kondisi sekitar 80 kepala keluarga yang dihuni mayoritas "Ono Niha" atau suku Nias tersebut sampai saat ini, sebut Nito Waruwu masih bertahan di rumah masing-masing.

"Sebaliknya, warga juga bersiap-siap mengungsi ke lokasi yang lebih aman apabila ketinggian air bertambah," katanya seraya mengimbau warganya agar tetap waspada.(Saut Togi Ritonga)

  BeritaTerkait
  • Satu Rumah Hanyut, Ratusan Terendam Banjir di Angkola Sangkunur

    3 tahun lalu

    Tapsel (Pelita Batak) : Kecamatan Angkola Sangkunur masih saja menjadi langganan banjir ketika memasuki musim penghujan setiap tahun nya.Seperti tahun lalu, kecamatan pemekaran dari Angkola barat itu

  • Batangtoru Dikepung Banjir

    3 tahun lalu

    Tapsel (Pelita Batak) : Intensitas hujan yang cukup tinggi melanda wilayah kabupaten Tapanuli Selatan mengakibatkan Kecamatan  Batangtoru di kepung banjir. Sedikitnya 227 jiwa terpaksa mengungsi

  • Rumah Warga Angkola Sangkunur Terendam Banjir

    3 tahun lalu

    Tapsel (Pelita Batak) : Curah hujan yang sangat tinggi dan ekstrim di Kabupaten Tapsel membuat sungai Batang Toru meluap dan mengakibatkan puluhan rumah di Dusun Sibara-Bara Desa Simataniari, Keluraha

  • Jalinsum Sipirok - Tarutung Desa Marsada Amblas

    3 tahun lalu

    Tapsel (Pelita Batak) : Hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan tidak hanya mengakibatkan banjir di dua kecamatan yaitu Batangtoru dan Angkola Sangkunur tapi juga menjadi penyebab ambl

  • Sungai Batangtoru Meluap, Sangkunur Terendam Banjir

    2 tahun lalu

    Tapanuli Selatan ( Pelita Batak) : Banjir akibat luapan sungai Batangtoru Tapanuli Selatan kembali merendam ratusan rumah warga di Kecamatan Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapanuli Selatan beberapa hari

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb