• Home
  • News
  • Desa Lumban Gaol Desa Pariwisata 2017 Kawasan Danau Toba
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 29 Agustus 2017 12:16:00

Desa Lumban Gaol Desa Pariwisata 2017 Kawasan Danau Toba

BAGIKAN:
tap|pelitabatak
Balige (Pelita Batak):
Desa Lumban Gaol Kecamatan Balige Kabupaten Toba Samosir terpilih sebagai juara utama Lomba Kebersihan, Keindahan dan Kerapian antar Desa di Pinggiran Danau Toba Tahun 2017. Kebersihan dan keindahan desa di tepian danau Toba dinilai akan mampu mendorong peningkatan kunjungan wisatawan ke daerah ini.

Pengumuman hasil lomba yang penilaiannya dilakukan sejak Juni 2016-Juli 2017 itu dilaksanakan di bibir pantai Danau Toba di Desa Lumban Gaol, Tobasa, Selasa (29/8/2017). Panitia yang terdiri dari RE Foundation, YSKI, PWI Sumut, RRI, LiteFM, Kardopa Group, PelitaBatak.com, Horas Halak Hita, Bank Sumut, Universitas Prima Indonesia dan PT Inalum telah melakukan penilaian di 214 desa di tujuh kabupate  kawasan danau Toba.

Dalam arahannya, Wakil Gubernur Sumut Dr Nurhajizah Marpaung MH, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan untuk mengajak masyarakat sadar akan kawasan wisata. "Bapak RE Nainggolan melalui RE Foundation dan seluruh panitia sudah berbuat. Kita harusnya malu jika tidak berbuat untuj Toba," katanya dihadapan ribuan warga dan pegawai yang hadir pada acara tersebut.

Dikatakan Nurhajizah bahwa saat ini kawasan Danau Toba harus benar-benar mendapat perhatian dari semua kalangan khususnya masyarakat. Kabupaten atau desa yang belum mendapat penilaian yang bagus diharapkan terus bersungguh-sungguh.

Sementara itu, Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian juga menyampaikan terimakasih kepada panitia yang memilih Tobasa sebagai lokasi pengumuman hasil lomba. Dia juga memaparkan bahwa Tobasa saat ini sedang menggalakkan sektor pariwisata. Dengan mengajak dan melibatkan masyarakat.

Darwin berpesan agar masyarakat mengubah karakter agar kiranya pembangunan sektor pariwisata yang dilakukan bisa berlanjut.

Lomba ini, dijelaskan pembina panitia Dr RE Nainggolan MM, digagas oleh panitia dengan harapan adanya kesadaran bagi warga desa se kawasan Danau Toba untuk menjaga kebersihan. Danau Toba kini menjadi perhatian pemerintah di era Kepemimpinan Presiden Joko Widodo, untuk itu masyarakat dan pemerintah daerah mestinya juga memberikan perhatian.

"Kami sadari, apa yang kami lakukan belum memberikan dampak yanga besar. Namun kami yakin, masyarakat yang tinggal di kawasan Danau Toba akan semakin peduli terhadap kebersihan lingkungan," ujar mantan Sekda Provinsi Sumut ini.

Dikatakan RE Nainggolan, tidak ada kemampuan panitia untuk memberikan sumbangan berupa materi untuk peningkatan pariwisata di kawasan Danau Toba. Namun, hanya upaya mengajak dan mendorong warga semakim sadar akan wisata.

Sebagaimana disampaikan Ketua Panitia Jadi Pane, SPd dalam laporannya bahwa panitia berupaya merangkul berbagai kalangan untuk turut memberi sumbangsih.

Adapun desa-desa yang mendapat penghargaan secara berturut yaitu Desa Silalahi II, Kecamatan Silahi Sabungan Kabupaten Dairi, Desa Sibandang Kecamatan Muara Kabupaten Tapanuli Utara, Desa Ambarita Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir, Desa Tipang Kecamatan Bakti Raja Kabupaten Humbahas, dan Desa Nagori Tiga Ras Kecamatan Dolok Pardamean Kabupaten Simalungun. Pembacaan SK pemenang dibacakan Rektor Unita Adriani Siahaan.

Turut hadir Wakil Bupati Tobasa, Dandim, Kapolres, Wakil Ketua PWI Sumut Wilprid Sinaga, kordinator kemanusiaan YSKI drg Annita, mewakili PT Inalum Indra Welly Arifin, mewakili para bupati se kawasan Danau Toba. Dan undangan lainnya.(TAp)
  BeritaTerkait
  • Wagubsu Apresiasi Lomba Kebersihan Antar Desa Pinggiran Danau Toba

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Wakil Gubernur Sumut Dr Hj Nurhajizah Marpaung mengapresiasi pelaksnaan lomba kebersihan dan keindahan antar desa pinggiran danau Toba yang berlangsung sejak 2016 yang lalu. Gerak

  • Besok Hasil Lomba Kebersihan Antar Desa Pinggiran Danau Toba Diumumkan

    3 tahun lalu

    Balige (Pelita Batak) :Panitia Lomba Kebersihan dan Keindahan antar Desa pinggiran Danau Toba telah merampungkan hasil penilaian di 214 desa yang ada di bibir pantai Danau Toba sejak Mei 2016-Agustus

  • Bupati Tobasa Apresiasi Lomba Kebersihan dan Keindahan Antar Desa Pinggiran Danau Toba

    3 tahun lalu

    Balige (Pelita Batak):Bupati Toba Samosir Darwin Siagian mengapresiasi kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan ajakan sadar wisata bagi warga. Sebagaimana yang dilakukan Panitia Lomba Kebersihan dan K

  • Anggota DPRD Tobasa, Sabaruddin Tambunan: Pariwisata Percepat Pertumbuhan Ekonomi Warga

    3 tahun lalu

    Balige (Pelita Batak):Bupati Toba Samosir Darwin Siagian mengapresiasi kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan ajakan sadar wisata bagi warga. Sebagaimana yang dilakukan Panitia Lomba Kebersihan dan K

  • Panitia Lomba Antar Desa dan Masyarakat Kecewa, Pemkab Simalungun dan Tobasa Tak Hadiri Pengumuman

    4 tahun lalu

    Ambarita-Samosir (Pelita Batak) : Panitia Lomba Antar Desa kawasan Danau Toba beserta masyarakat kecewa ketidakhadiran perwakilan Pemerintah Kabupaten Simalungun dan Toba Samosir (Tobasa) pada pe

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb