• Home
  • News
  • Data Meninggal Covid 19 Di Sidimpuan Simpang Siur
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 09 Juni 2021 16:08:00

Data Meninggal Covid 19 Di Sidimpuan Simpang Siur

BAGIKAN:
Saut Togi Ritonga | Pelita Batak
Data Meninggal Covid 19 Di Sidimpuan Simpang Siur

Padangsidimpuan (Pelita Batak) :

Pendataan korban meninggal dunia akibat Corona Virus Disease 2019 (Covid 19) di Kota Padangsidimpuan terkesan "amburadul" dan simpang siur sehingga menimbulkan kebingungan  bagi masyarakat selaku pihak yang berhak memperoleh informasi yang akurat dari pemerintah.

Pasalnya, pada 8 Juni 2021 terjadi ketidak sinkronan data  meninggal karena kasus Covid 19 yang publish dalam tabel oleh akun Facebook Gesid Bersinar maupun laman bagian protokol dan komunikasi pimpinan sekretariat daerah kota Padangsidimpuan dengan pidato Walikota Padangsidimpuan pada sosialisasi forum kewaspadaan dini masyarakat di aula Daulay Simorangkir Makodim 0212/TS.

Pada sosialisasi itu, Walikota Irsan Efendi Nasution menyampaikan bahwa yang meninggal dalam kasus Covid 19 di Padangsidimpuan saat ini sudah sebanyak 31 orang.

Namun penyampaian itu tidak sinkron dengan tabel yang di publish oleh FB Gesid Bersinar pada hari yang sama tanggal menyajikan data meninggal hanya 28 orang.

Pihak Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Padangsidimpuan melalui Halomoan Pulungan ketika ditanyakan perihal itu, Selasa (8/6) mengatakan akumulasi yang ada pada data itu adalah jumlah yg meninggal dengan status konfirmasi covid 19 dengan hasil swab PCR, penambahan meninggal dunia pada saat sambutan walikota pada acara di aula daulay simorangkir kodim, 3 orang dalam status probable dan suspek dan belum keluar hasil swab PCR.

"Penjelasan tersebut sesuai hasil koordinasi dengan kabid P2P Dinkes dengan hal pertanyaan yang sama kita sampaikan kepada beliau."ujarnya.

Penjelasan ini, menimbulkan tanda tanya karena data meninggal pasien Covid 19 (suspek dan probable) tidak diakomodir dalam data yang di publish, sehingga patut diduga angka meninggal kasus Covid 19 (Suspek, probable dan konfirmasi) di Kota Padangsidimpuan lebih tinggi dari angka tabel yang di publish di akun maupun laman fb resmi bagian protokol dan komunikasi pimpinan tersebut.

Menanggapi hal itu, Halomoan mengatakan untuk menjawab pertanyaan ini pihaknya koordinasikan kembali dengan pihak dinkes agar tidak terjadi kesalahan dan miss komunikasi dalam hal memberikan jawaban.

Sementara Kabid P2P Dinkes Padangsidimpuan Elpi Zunianti  ketika dikonfirmasi perihal tersebut via WhatsApp, Rabu 9 Juni 2021 tidak memberikan jawaban hingga berita ini dikirimkan.(STR)

  BeritaTerkait
  • Fenomena Tolak Orang Meninggal Saat Covid-19

    tahun lalu

    SITUASI paling mencemaskan, meresahkan, membingungkan, menakutkan sekaligus menimbulkan kepanikan luar biasa saat ini ialah "Fenomena Tolak Orang Meninggal Saat Covid-19" ditengah masyarakat daerah at

  • Kiat Aman Bekerja di Tengah Wabah Corona dengan Teknologi HRIS

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Sejak penyebarannya dari kota Wuhan, Cina, virus Corona (COVID-19) telah mewabah ke banyak negara, seperti Korea Selatan, Iran, Italia, Amerika Serikat, hingga Indonesia. Hingga s

  • Warga Tebingtinggi PDP Positif Covid-19, Tak Terdata di Padangsidimpuan

    tahun lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Warga Kota Tebing Tinggi yang dinyatakan positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan punya riwayat perjalanan ke wilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel), ternya

  • Sembuh dari Covid-19, Diduga Ini Penyebab Meninggalnya Asner Silalahi

    5 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Simpang siur penyebab meninggalnya Wali Kota terpilih Pematangsiantar, Asner Silalahi, sempat menjadi perbincangan publik. Sebab, sebelumnya almarhum disebut sebagai pasien terpap

  • Jumlah Pasien Terkonfirmasi Covid 19 Sidimpuan Bertambah

    5 bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelitadi Batak) :Setelah sempat berhasil bertahan tidak ada kasus baru, namun Satgas Penanganan COVID-19 pada Selasa, 27 Januari 2021, kembali melaporkan ditemukannya pertambahan 

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb