• Home
  • News
  • Darwin Siagian : Kita Adakan Brigade Mesin Pertanian
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 05 Agustus 2016 11:21:00

Darwin Siagian : Kita Adakan Brigade Mesin Pertanian

BAGIKAN:
Balige (Pelita Batak)
Dalam upaya mendorong dan meningkatkan indeks produksi pertanian di Kabupaten Toba Samosir, berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
 
Pemerintah juga mengupayakan menekan angka biaya produksi dengan penggunaan alsintan. Mulai tahun ini Pemkab Toba Samosir membentuk brigade alat mesin pertanian. Hal itu dikatakan Bupati Toba Samosir Ir. Darwin Siagian saat menyerahkan 25 unit traktor roda dua kepada 25 Kelompok Tani dari 16 kecamatan di komplek kantor Bupati Tobasa, Rabu (3/8/2016).
 
Dikatakan Darwin, jika petani membutuhkan percepatan pengolahan lahan, bisa mengajukan permohonan kepada Kepala Dinas Pertanian. "Kepala Dinas akan memobilisasi alat mesin pertanian untuk mengelola lahan petani. Ini penting, karena selain mempercepat pengolahan, juga dapat mengurangi beban petani dalam mengolah lahan pertaniannya," katanya dirilis tobasamosirkab.
 
Sebalumnya, Wakil Bupati Ir. Hulman Sitorus menyampaikan pesan penting kepada seluruh kelompok tani penerima bantuan agar menggunakan traktor ini, dan sekaligus merawatnya dengan baik agar bisa bertahan lama.
 
"Supaya tidak terjadi kecemburuan di antara sesama anggota kelompok, buat jadwal pemakaiannya secara bergiliran. Jangan dimonopoli satu orang," katanya.
 
Menurut Hulman, selama ini bantuan alat-alat pertanian yang diberikan pemerintah, sering dimonopoli satu orang. Alhasil terjadi percekcokan antar sesama anggota kelompok. Kemudian tidak dipelihara dan anehnya, ada alat tidak digunakan, ada traktor tidak tahu dimana keberadaannya.
 
Kedepan, hal demikian tidak boleh terjadi lagi. Semua anggota kelompok harus bertanggung jawab supaya Kabupaten Tobasa bisa menjadi daerah penyumbang pangan. Itu harus menjadi komitmen kita bersama.
 
Guna mengetahui efektifnya pemakaian dan pemeliharaan traktor, seluruh camat dan para kepala desa kelompok tani penerima bantuan, diminta melakukan pemantauan secara baik.
 
Kepada para Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) pertanian juga harus lebih efektif melakukan penyuluhan dan pengawasan terhadap bantuan ini. Jangan nanti hilang, ketika ditanya tidak tahu dimana. “Semua kita harus berubah, kebiasaan buruk selama ini, harus kita tinggalkan,” tegas Hulman.
 
Dalam laporan singkatnya Kepala Dinas Pertanin Joni Hutajulu, SP mengatakan bantuan ini diserahkan dengan tujuan merangsang petani untuk meningkatkan indek pertanaman dari sebelumnya hanya 1 kali menjadi 2 kali tanam dalam satu musim serta meningkatkan produksi pertanian.
 
“Kita menyerahkan bantuan ini agar indek pertanaman dan produksi pertanian masyarakat kita kedepannya meningkat,” katanya.
 
Mengenai brigade, diakui pihaknya telah menyiapkan alsintan, diluar bantuan yang diserahkan kepada kelompok tani. Traktor roda empat yang kita punya saat ini, ada 20 unit, tapi 1 unit diserahkan ke warga Narumonda, karena itu sudah pernyataan Menteri Pertanian.
 
Traktor roda dua seperti yang diserahkan saat ini, ada kita terima 32 unit, tapi yang sudah tiba baru 20 unit, 12 unit lagi menyusul. Mesin tanam 30 unit, 20 unit sudah disini, 10 unit lagi dalam perjalanan. Pompa air 34 unit, 20 unit ukuran 4 inci, 4 unit ukuran 6 inci, tapi yang sudah tiba baru 24 unit, 10 unit lagi dalam perjalanan.
 
Mesin panen, 1 unit ukuran besar, 15 unit ukuran kecil, dan 8 unit ukuran sedang, tapi ukuran sedang ini masih dalam perjalanan. Excavator 2 unit, 1 unit sudah disini, 1 unit lagi menyusul.
 
“Jadi semua ini diluar bantuan yang diserahkan kepada kelompok tani dan alat inilah nanti yang akan kami gunakan untuk brigade,” katanya. (Kominfo/TAp)
  BeritaTerkait
  • Menko Luhut Pandjaitan Makin Optimistis

    3 tahun lalu

    Danau Toba (Pelita Batak):Menko Bidang Kemaritiman Luhut B Pandjaitan makin optimis, di Rakor Dewan Pengarah Badan Otorita Pariwisata Danau Toba dan Badan Otorita Borobudur, 10 Januari 2018. Didamping

  • Menkomar Luhut Pandjaitan dan Menpar Arief Yahya Bahas Pertumbuhan Ekonomi Dunia hingga Perkembangan BPODT & BOB

    3 tahun lalu

    Kampus IT Del, Tobasa (Pelita Batak):10 Januari 2018 - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut B. Pandjaitan memimpin Rapat Koordinasi (RAKOR) Dewan Pengarah Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (

  • Kaki Palsu Baru untuk Penyandang Disabilitas Se-Kawasan Danau Toba Saat Peluncuran MMC

    4 tahun lalu

    Tobasa (Pelita Batak) : Puluhan penyandang disabilitas se kawasan Danau Toba, Selasa (25/4/2017) tersenyum sumringah. Pasalnya, mereka telah mendapatkan kaki palsu mereka yang merupakan bantuan d

  • Ribuan Masyarakat Hadiri Syukuran Tahun Baru 2018 di Bukit Inspirasi Doloksanggul

    3 tahun lalu

    Doloksanggul (Pelita Batak): Ribuan masyarakat dari berbagai elemen hadiri acara syukuran tahun baru 2018 yang dilaksanakan di Perkantoran Bupati Humbahas Bukit Inspirasi Doloksanggul, Jumat 12 Januar

  • Komisi A DPRD Sumut Gelar RDP Bersama Bupati Tobasa, Direksi BODT, Dishut Provsu Bersama Masyarakat Adat Marga Butarbutar Sigapiton

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Menindaklanjuti aspirasi masyarakat terkait sengketa lahan seluas 500 hektar antara masyarakat adat Desa Sigapiton, Sibisa dan Motung sekitarnya dengan Badan Pelaksana Otorita Par

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb