• Home
  • News
  • DPD RI akan Fasilitasi Pembuatan Akte Kelahiran Gratis bagi Anak Panti Asuhan dan Masyarakat Kurang Mampu di Sumut
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 07 Juni 2018 03:11:00

DPD RI akan Fasilitasi Pembuatan Akte Kelahiran Gratis bagi Anak Panti Asuhan dan Masyarakat Kurang Mampu di Sumut

BAGIKAN:
IST|pelitabatak
Anggota DPD RI Sumut Parlindungan Purba saat pertemuan dengan Kepala Kantor Cabang Yayasan Pondok Kasih Jakarta Nelsy Tondang untuk membahas program percepatan pembuatan akte kelahiran bagi anak panti asuhan di Jakarta, Selasa (5/6)
Jakarta (Pelita Batak):
Dalam rangka menindak lanjuti pertemuan dengan Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Republik Indonesia Hartono Laras untuk membahas anak-anak panti asuhan di Sumut yang belum memiliki akte kelahiran. Selasa (5/6) anggota DPD RI Sumut Parlindungan Purba SH MM bertemu dengan Kepala Kantor Cabang Yayasan Pondok Kasih Jakarta Nelsy Tondang untuk membahas program percepatan pembuatan akte kelahiran bagi anak panti asuhan di Sumut.

"Hari ini kita sudah sepakat untuk bersama-sama membantu pemerintah dan masyarakat untuk membuat kegiatan percepatan pembuatan akte kelahiran bagi anak-anak panti asuhan dan komunitas masyarakat kurang mampu di Sumut," kata Parlindungan Purba di Jakarta.

Lebih lanjut Parlindungan Purba menjelaskan bahwa sebagai kegiatan awal program ini akan di gelar di Kota Medan dan akan dilanjutkan ke Kota/Kabupaten lainnya yang ada di Sumut. Dalam acara ini nanti akan ada Mou antara Pemko Medan dan Yayasan Pondok Kasih yang telah direkomendasikan oleh Kemensos. Rencananya kegiatan ini akan digelar usai Hari Raya Idul Fitri atau lebaran.

"Kami sudah berkordinasi dengan kepala dinas Sumut dan nanti akan kita inventasisasi semua panti-panti asuhan dan komunitas masyarakat kurang mampu yang ada di Sumut, rencananya program ini akan kita mulai usai lebaran nanti," jelasnya.

Parlindungan Purba juga menjelaskan bahwa pembuatan akte kelahiran ini adalah gratis dan tidak dipungut biaya khusus bagi anak-anak panti asuhan dan komunitas masyarakat yang kurang mampu. Sebagai pusat informasi, pendaftaran dalam percepatan pembuatan akte kelahiran ini disepakati Kantor DPD RI di Jalan Gajah Mada No.32 Medan Sumatera Utara sebagai kantor sekretariat. Parlindungan Purba juga berharap dukungan dari semua pihak untuk dapat membantu program ini karena menurutnya masalah ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata tetapi tanggung jawab semua.

"Pembuatan akte kelahiran ini adalah gratis dan tidak dipungut biaya khusus bagi anak-anak panti asuhan dan komunitas masyarakat yang kurang mampu. Dan sebagai pusat informasi dan pendaftaran kita sepakati Kantor DPD RI di Jalan Gajah Mada No.32 Medan sebagai kantor sekretariatnya," tambahnya.

Sementara itu Kepala Kantor Cabang Yayasan Pondok Kasih Jakarta Nelsy Tondang mengatakan bahwa akta kelahiran itu sangat penting karena ini merupakan salah satu cara untuk memutus rantai kemiskinan. Karena menurutnya ketika seorang anak atau Warga Negara Indonesia yang telah memiliki akte kelahiran dirinya telah dianggap sah menjadi Warga Negara Indonesia. Dengan adanya legalitas ini seorang anak sudah dapat mengakses fasilitas yang sudah disediakan oleh pemerintah seperti mendapatkan pendidikan dan kesehatan (Kartu Indonesia Pintar dan Kartu Indonesia Sehat). Selain itu akte kelahiran juga menjadi syarat bagi masyarakat muslim yang ingin menunaikan ibadah haji dan umroh.

"Akta kelahiran itu sangat penting karena ini merupakan salah satu cara untuk memutus rantai kemiskinan karena akte kelahiran adalah syarat untuk mendapatkan fasilitas yang telah disediakan oleh pemerintah," jelasnya.

Tambah Nelsy, kegiatan pembuatan akte kelahiran ini adalah kegiatan sosial yang sifatnya umum untuk semua anak-anak panti asuhan dan komunitas masyarakat kurang mampu tanpa melihat suku, ras dan agama.

"Ini adalah kegiatan sosial yang sifatnya umum untuk semua anak-anak panti asuhan dan komunitas masyarakat kurang mampu tanpa melihat suku, ras dan agama," tuturnya.(*|TAp)
  BeritaTerkait
  • HKSN di Tanjung Balai, Anggota DPD, Wali Kota dan Mewakili Mensos Puji Gubernur Sumut

    3 tahun lalu

    Tanjung Balai (Pelita Batak):Sejumlah kalangan dan tokoh masyarakat mengapresiasi pelaksanaan peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN), Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tahun 20

  • DPD RI Bersama Pemko Medan Bahas Pelayanan Akte Lahir bagi Anak Panti Asuhan

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Anak-anak pantai asuhan kerap kesulitan untuk memiliki berkas administrasi kependudukan dikarenakan berbagai hal yang tidak bisa dipenuhi sesuai ketentuan. Dibutuhkan ketentuan at

  • Rakor di Medan, Parlindungan Purba : 14 Oktober, 5000 Akta Kelahiran Bagi Anak Panti Asuhan di Sumut

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Dalam rangka mendorong percepatan pembuatan akta kelahiran bagi anak-anak panti asuhan di Sumatera Utara (Sumut), DPD RI menggelar rapat koordinasi percepatan pelayanan akte lahir

  • Setahun Memimpin 14 Program Peduli Keummatan Dilaksanakan

    tahun lalu

    Labuhanbatu (Pelita Batak):Program Peduli ummat sangatlah menyentuh langsung kepada masyarakat yang dirasakan manfaatnya secara langsung oleh seorang pemimpin yang peka terhadap kehidupan warga masyar

  • Wali Kota Canangkan Kampung KB Sehat Sejahtera Kota Medan 2016

    5 tahun lalu

    Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mencanangkan Kampung KB Sehat Sejahtera Kota Medan tahun 2016 di Jalan Takenaka, Kelurahan Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan, Selasa (10/5). Melalui program ini diharapkan dapat menggalakkan revolusi mental

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb