• Home
  • News
  • DPD Minta Pemerintah Pusat Percepat Penandatanganan MoU Penanganan Banjir
KSP Makmur Mandiri
Senin, 10 September 2018 18:47:00

DPD Minta Pemerintah Pusat Percepat Penandatanganan MoU Penanganan Banjir

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Anggota DPD RI Sumut Parlindungan Purba bersama Direktur Bina Penatagunaan Sumber Daya Air Direktorat Jenderal SDA Kementerian PUPR Fauzi Idris di Kompleks Kementerian PUPR Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Senin, (10/9).
Jakarta (Pelita Batak):
Anggota DPD RI Sumut Parlindungan Purba, SH MM hari ini Senin, (10/9) mendatangi Direkrorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Kompleks Kementerian PUPR Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Pertemuan ini dalam rangka menindaklanjuti surat Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera II tentang draf Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) pelaksaanan pemeliharaan Sungai, Drainase Perkotaan di Kota Medan dan sekitarnya antara Kementerian PUPR dengan Pemerintah Provinisi Sumut dan Pemerintah Kota Medan. Dalam pertemuan ini Parlindungan Purba diterima langsung Direktur Bina Penatagunaan Sumber Daya Air Direktorat Jenderal SDA Kementerian PUPR Fauzi Idris.

"Pertemuan ini dalam rangka menindaklanjuti surat Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera II tentang draf Nota Kesepahaman (MoU) pelaksaanan pemeliharaan Sungai, Drainase Perkotaan di Kota Medan dan sekitarnya antara Pemerintah Provinsi, Balai Sungai dan Pemerintah Kabupaten/Kota," kata Parlindungan Purba.

Menurut Parlindungan Purba pertemuan ini adalah upaya tindaklanjut penyelesaian persoalan banjir di Kota Medan yang tak kunjung tuntas. Dalam penyelesaian persoalan banjir ini  diperlukan Nota Kesepahaman bersama antara Pemko Medan, BWS dan Pemprov Sumut dalam rangka penanganan banjir, khususnya untuk normalisasi sungai sehingga upaya pelaksaanan pemeliharaan Sungai, Drainase Perkotaan di Kota Medan dan sekitarnya tersebut dapat berfungsi dengan baik. Parlindungan Purba juga menyampaikan bahwa MoU ini harus segera selesai karena di Medan sekarang ini sudah mulai memasuki musim banjir karena ini atas dasar permintaan dari masyarakat. 

"MoU ini harus segera selesai secepat mungkin karena di Medan sekarang ini sudah mulai memasuki musim banjir. Ini adalah permintaan masyarakat," jelasnya.

Selain itu Parlindungan Purba juga mengajak kepada seluruh masyarakat agar mendukung pemerintah dalam mengatasi masalah banjir. Menurutnya dibutuhkan dukungan dan kerja sama dari seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama dengan pemerintah dalam mengatasi banjir di Kota Medan.

"Kami juga mengajak kepada semua masyarakat agar mendukung pemerintah dalam mengatasi masalah banjir. Jangan sampai nanti ketika sungai sudah dinormalisasi ternyata masih ada yang buang sampah di sungai. Ayo sama-sama jaga sungai dengan membuang sampah di tempatnya jangan buang sampah sembarangan ke sungai," imbaunya.

Menanggapi hal ini Direktur Bina Penatagunaan Sumber Daya Air Direktorat Jenderal SDA Kementerian PUPR Fauzi Idris mengatakan dirinya menyambut baik adanya MoU atau kesepakatan bersama dalam penanganan banjir tersebut. Dirinya meminta dalam MoU tersebut agar dibuat secara detail hak dan kewajiban dari pada masing-masing lembaga sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

"Saya menyambut baik adanya MoU penanganan banjir tersebut. Namun saya minta agar dalam MoU tersebut dapat dibuat secara detail hak dan kewajiban dari pada masing-masing lembaga sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari," ungkapnya.(TAp|*)
  BeritaTerkait
  • Awas! Cuaca Ekstrim Hujan Deras & Angin Kencang Landa Medan

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menginstruksikan kepada  organisasi perangkat daerah (PD) terkait di lingkungan Pemko Medan untuk siaga dan langsung action di lapa

  • Deklarasi dan Sosialiasi Medan Bebas Banjir 2020 : Medan Bersih Sumut Bermartabat

    2 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Pemko Medan menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Gubsu Edy Rahmayadi atas perhatiannya yang begitu mendalam terhadap Kota Medan. Dengan oper

  • Mentan Optimis Sumut Kembali Lima Besar Produksi Padi

    4 tahun lalu

    Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut untuk mengejar target produksi pertanian padi, jagung dan kedelai (Pajale) di tahun 2016. Dengan demikian, Sumut dapat kembali menempati urutan lima besar nasional sebagai

  • Sumut Terima Helikopter SAR, Erry Ingatkan Daerah Waspada Bencana

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) menerima satu unit helikopter jenis AW139 buatan Italia tahun 2016 dari Badan SAR Nasional

  • Ini Perpres Penanganan Pengungsi dari Luar Negeri Sejak 2017

    3 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak) : Presiden Joko Widodo pada 31 Desember 2016 telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 125 Tahun 2016 tentang Penanganan Pengungsi Dari Luar Negeri. Menu

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb