• Home
  • News
  • DPD AMPI Sumut Peduli "Cegah Stunting Demi SDM Lebih Unggul"
KSP Makmur Mandiri
Senin, 16 Desember 2019 10:28:00

DPD AMPI Sumut Peduli "Cegah Stunting Demi SDM Lebih Unggul"

Ketua DPD AMPI Sumut Resmikan Jamban Sehat
BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Medan (Pelita Batak):
Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Sumatera Utara (Sumut0 melakukan giat AMPI Sumut Peduli "Cegah Stunting demi Sumber Daya Manusia (SDM) lebih Unggul" di Desa Saba Sitahul tahul dan Saba Bangun Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) pada 13 Desember 2019 kemarin.

Ketua DPD AMPI Sumut Dr David Luther Lubis SKM MKed(OG), SPOG(K) meresmikan jamban sehat yang dibangun DPD AMPI Sumut. Dalam hal ini, David Luther Lubis langsung menyerahkan kepada Ketua AMPI Kabuapten Paluta Gusti Putra Hajoran.

Acara tersebut dirangkai juga dengan melakukan salah satu jenis intervensi stunting yakni pemberian makanan tambahan untuk para ibu hamil dan balita yang tampak hadir memenuhi ruangan acara yang didatangkan oleh unsur Dinas Kesehatan dan Kepala Desa setempat.

David Luther Lubis dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan aksi tindak lanjut dari pernyataan deklarasi cegaah stunting, yang telah disampaikannya pada acara puncak Hari Kesehatan Nasional di RSUD Deli Serdang Minggu (17/11) lalu.

Pada kesempatan itu, Daid Luther Lubis mengatakan AMPI Sumut akan menjadi mitra pemerintah dalam upaya pencegahan stunting di Provinsi Sumut.

Dikatakan David, stunting merupakan masalah bersama yang harus dikawal dan disosialisasikan dengan konstan. Sehingga target intervensinya dapat tercapai.

"Dengan mencegah stunting di Indonesia pada umumnya  dan di Sumut pada khususnya, bangsa kita akan dapat lebih cepat dan lebih berpeluang untuk menciptakan generasi yang sehat, dengan potensi SDM unggul demi tercapainya Indonesia maju,"kata David Lubis.

Disebutkan David, AMPI Sumut sebagai organisasi dengan peran sebagai lokomotif pembangunan di Sumut melihat dengan serius, bahwa kesehatan merupakan sektor hulu, untuk pembentukan generasi dengan SDM Unggul, dimana dengan generasi yang sehat, akan banyak mencetak generasi yang pintar, dan generasi yang pintar akan banyak mencetak generasi yang suksesunggul, dan pada akhirnya akan menciptakan banyak kebermanfaatan bagi sesama manusia.

DPD AMPI Sumut yang saat ini memiliki 45.000 kader yang tersebar di seluruh Provinsi Sumut, siap untuk mendukung dan melaksanakan giat aksi pencegahan stunting secara bersama-sama dan sejalan dengan Dinas Kesehatan Provsu dan juga Dinkes Kabupaten/ Kota.

Desa Saba Sitahul Tahul Padang Bolak, Kabupaten Paluta katanya, merupakan titik awal pergerakan Karya Nyata AMPI Sumut Peduli Stunting di prov Sumut.

Gubernur Sumut yang kali ini diwakili Kepala Dinas Kesehatan Provsu menambahkan, bahwa Paluta menempati urutan ke-3 tertinggi yang menderita stunting yaitu sebesar 4,53 persen setelah Nias dan Mandailing natal. dengan kata lain dari 2 orang anak yang lahir, 1 orang menderita stunting.

Kedepannya, dharapkan giat seperti ini akan diadaptasi dan juga dilakukan di DPD AMPI Kabkota di seluruh Sumut khususnya di daerah-daerah dengan status lokus stunting

Tapkan hadir juga pada kegiatan itu, Sekjen Golkar Sumut Amas Muda Siregar, yang juga merupakan Wakil Ketua DPD AMPI Sumut,  Ketua DPD AMPI Deli Serdang, Ketua DPD AMPI Madina, Ptl Ketua DPD AMPI Tapsel, Plt Ketua DPD AMPI Palas dan Plt Ketua AMPI sibolga serta pengurus DPD AMPI Suimut beserta kader AMPI lainnya.

Turut hadir juga Bupati Padang Lawas Utara yang diwakili Kabag Administrasi Pembangunan M.Khadafi S STP MM, perwakilan Dandim, Pwrwakilan Polsek, Kepala Desa Sitahul tahul dan juga unsur tokoh masyarakat setempat.(TAp|*)
  BeritaTerkait
  • AMPI Sumut Dukung Penuh Program Kesehatan Gubsu Edy Rahmayadi demi SDM Unggul di Masa Mendatang

    2 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Sumatera Utara (Sumut) mendukung penuh program kesehatan Gubernur sumatera utara (Gubsu) Edy Rahmayadi demi Sumber Daya Manusia (SDM) un

  • Puncak Jambore Anak, Generasi yang Berkarakter dan Berakhlak Mulia

    3 tahun lalu

    Karo (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi mengharapkan anak-anak Indonesia khususnya Sumatera Utara (Sumut) memiliki karakter yang kuat, cerdas, berakhlak mulia dan memil

  • GMKI : Pemerintah Harus Lebih Kerja Keras Membangun Sumatera Utara

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Beberapa hari lalu Presiden Joko Widodo (Jokowi) datang ke Sumut di Taman Raja Batu, Mandailing Natal, Sumatera Utara (Sumut), Sabtu (25/03/2017)menyerahkan 1.158 sertifika

  • Isron Hasibuan, Mahasiswa USU Medan Sosok Inspiratif

    3 tahun lalu

    Mahasiswa muda kerap disapa Isron kelahiran Paranjulu, 19 September 1995 ini adalah mahasiswa matematika 2013 fakultas MIPA USU. Ia adalah salah satu sosok penginspirasi yang memiliki banyak prestasi.

  • Dirgahayu ke 14 Humbahas: Sekilas Sejarah Peran Serta Masyarakat yang Ada di Parserahan Atas Berdirinya Kabupaten Humbang Hasundutan

    3 tahun lalu

    Oleh: Gandhi PakpahanPARNADOS (PARSAHUTAON NAHUMALIANG DOLOKSANGGUL)PARNADOS yang berdiri pada tanggal 27 Januari 1995 mempunyai benang merah dengan PERNADOS yang berdiri sebelumnya dan wadah lain set

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb