• Home
  • News
  • Bupati Tapsel Terima Kunjungan Kerja Ketua DPRD Sumut
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 10 Juni 2021 22:49:00

Bupati Tapsel Terima Kunjungan Kerja Ketua DPRD Sumut

BAGIKAN:
Saut Togi Ritonga | Pelita Batak
Bupati Tapsel Terima Kunjungan Kerja Ketua DPRD Sumut

Tapanuli Selatan (Pelita Batak) :

Bupati Tapanuli Selatan H Dolly Pasaribu, SPt MM menerima kunjungan kerja Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting dan anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara Dapil Sumut VII di Aula Kantor Bappeda Tapanuli Selatan, Rabu 9 Juni 2021.

Pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan bahwa, indeks pembangunan manusia (IPM) mulai 2016 hingga 2020 di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), terus mengalami kenaikan. Terakhir, pada 2020, Kabupaten Tapsel berada di posisi 70,12.

“Kemudian, indeks pendidikan 67,71. Angka rata-rata tamat sekolah 9,28 tahun. Harapan usia lama sekolah 13,24 tahun. Angka harapan hidup 64,91 tahun," ujar Dolly 

Sementara, angka kemiskinan  juga turun dari 24,22 di tahun 2019 menjadi 23,98 di tahun 2020 serta disaat kabupaten/kota lain pertumbuhan ekonominya menurun, justru Kabupaten Tapsel mengalami tren positif 0,39 persen dan gini rasio 0,2. Untuk itu, Bupati mengharapkan sinergitas yang baik antar semua pihak demi kesejahteraan masyarakat Tapsel.

“Besar hati kami, Ketua dan anggota DPRD Dapil Sumut VII sangat memahami potensi kami di Tapsel. Harapan dan aspirasi kami pemerintah provinsi kiranya memperoleh perhatian," ujar Bupati.

Sementara itu, Ketua DPRD Sumut, Drs Baskami Ginting, dalam sambutannya berharap kiranya para anggota legislatif Dapil Tapsel, dapat menampung aspirasi pemerintah daerah dalam pembangunan maupun kesejahteraan masyarakat. 

“Tolong, setiap ada keinginan (aspirasi dari Kabupaten Tapsel), untuk dimasukkan di Musrenbang Provinsi Sumut, tolong fotocopy-nya dikasih (diberi) sama kawan-kawan di dewan (DPRD Sumut). Supaya mereka sama-sama punya tanggungjawab," katanya.

Sedangkan, Ketua DPRD Tapsel Husin Sogot Simatupang pada kesempatan itu menyampaikan, bahwa kewajiban untuk menyejahterakan masyarakat bukan hanya tanggungjawab Bupati dan Wali Kota, tetapi pemerintah provinsi memiliki andil yang sama. 

Sebagai contoh, jika ada bangunan sekolah menengah atas (SMA) yang rusak, maka rakyat hanya mengetahui bahwa hal itu adalah tanggungjawab Bupati/Wali Kota. Padahal saat ini untuk SMA, SMK dan MAN, wewenangnya ada di pemerintah provinsi.

“Contoh lain, seperti jalan provinsi yang berada di Kecamatan Arse, anggarannya di refocusing pada tahun 2020. Dan saya berharap pada forum laporan pertanggung jawaban Provinsi Sumatera Utara di Kabupaten Tapsel ini (bisa diluruskan)."ujarnya.

Begitu juga pada Dinas Pertanian Provsu, Sogot meminta agar lebih selektif dalam memberikan bantuan kepada kelompok tani. Jika sudah dibantu kabupaten, jangan meminta bantuan lagi dari pemerintah provinsi dengan kelompok dan jenis yang sama. “Ini menjadi evaluasi kita dalam perbaikan pemerintahan satu tahun ke depan,” tutup Sogot.

Turut hadir Wakil Ketua DPRD Sumut Harun Mustafa Nasution, Anggota DPRD Provinsi Sumut Dapil Sumut 7, Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, Sekda Tapsel Parulian Nasution, para Asisten, Staf Ahli, Pimpinan OPD Kab. Tapsel, Kepala Bagian dan undangan lainnya.(STR)

  BeritaTerkait
  • Kemeriahan Festival Bunga, Buah dan Sayuran Karo

    4 tahun lalu

    Karo (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menyebutkan aneka buah, bunga dan sayuran dari Kabupaten Karo sudah terkenal luas. Untuk itu perlu dikenalkan lebih luas lagi."S

  • Deklarasi Nusantara Untuk Jokowi (N4J) di Medan; RE Nainggolan: Sekarang Saya Dukung Jokowi

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Mantan Gubernur Sumatera Utara H Syamsul Arifin SE mengatakan, kapan lagi Indonesia mendapat sosok Presiden seperti Joko Widodo (Jokowi). Masyarakat sudah menikmati hasil pembangu

  • Walikota Padangsidimpuan Buka Festival Budaya Oleh Oleh Tabagsel

    2 tahun lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Festival Budaya Oleh Oleh Tabagsel  di gelar di alun alun alaman bolak resmi di buka Walikota Padangsidimpuan, Rabu 18 Desember 2019. Ketua Panitia FBO2T Safr

  • Ini Dia Kegiatan Pengurus Daerah FBBI Selama 2016

    5 tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Forum Bangso Batak Indonesia (FBBI) merilis kegiatan pengurus daerah yang telah dilaksanakan sebagai berikut di bawah ini.   a. DPD FBBI Provinsi Riau.

  • Dihadapan Jemaat HKBP Pearaja Tarutung, Ini Cerita Gubernur Tentang Kondisi Sumut

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi bercerita tentang kondisi Sumatera Utara kepada Ephorus HKBP  Pdt Dr Darwin Lumban Tobing dan para jemaat HKBP di kantor P

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb