• Home
  • News
  • Bupati Tapsel Minta Aparatur Desa Lebih Kreatif Dan Inovatif
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 09 Juni 2021 16:10:00

Bupati Tapsel Minta Aparatur Desa Lebih Kreatif Dan Inovatif

BAGIKAN:
Saut Togi Ritonga | Pelita Batak
Bupati Tapsel Minta Aparatur Desa Lebih Kreatif Dan Inovatif

Tapanuli Selatan (Pelita Batak) :

Bupati Tapanuli Selatan H Dolly Pasaribu, SPt MM meminta para aparatur Desa supaya lebih kreatif dan inovatif dalam mendukung kinerja kepala Desa. Minimal dapat beradaptasi dengan kemajuan teknologi khususnya di bidang pengoperasian komputer karena pekerjaan sekarang tidak terlepas dari alat-alat yang sifatnya mempermudah tugas.

"Setiap perangkat desa sesuai tugas masing-masing agar melengkapi administrasi Desa, dengan mengisi dua puluh delapan jenis buku administrasi desa." Ujar Bupati pada acara pembekalan perangkat desa se Kecamatan Muara Batangtoru, Senin (7/6/2021) di Aula Kantor Camat setempat.

Dalam kesempatan itu, menyahuti laporan Kepala Dinas Ketenagakerjaan bersama Staf BPJS Ketenagakerjaan, Bupati mengaku miris saat mendengar masih adanya para kepala Desa yang menunda pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan perangkat Desanya. Sebab, menurut Bupati jaminan BPJS Ketenagakerjaan itu merupakan hak dari perangkat Desa.

Anggaran untuk membayar iuran itu ada dan sudah dianggarkan dari alokasi dana desa (ADD). “Kita tidak mengetahui kapan sakit, cacat tetap akibat kecelakaan, bahkan meninggal dunia bisa terjadi. Tapi dengan iuran yang secara teratur kita bayarkan ke BPJS Ketenagakerjaan, maka santunan akan diberikan kepada ahli waris seandainya musibah tersebut terjadi. Alangkah sedihnya apabila aparat desa tidak menerima hak mereka, dikarenakan kelalaian dalam penyetoran iuran."Pungkas Dolly.

Bupati juga berpesan agar para perangkat Desa bisa menjadi contoh dan kepala desa/lurah sebagai motor dalam menyosialisasikan ke masyarakat untuk lebih mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

“Yang penting, diingatkan ke masyarakat supaya disiplin untuk menggunakan masker. Kemudian, sering cuci tangan dengan air mengalir dan menggunakan sabun. Yang memiliki hand sanitizer, agar dipakai. Seterusnya, jaga jarak. Kalau tak perlu kali berkerumun ataupun berkumpul, tundalah dulu,” terang Bupati.

Terakhir, ia berpesan kepada perangkat Desa agar menampilkan papan informasi sehingga masyarakat lebih mudah dalam mengurus berbagai macam hal di kantor pemerintahan Tapanuli Selatan sampai tingkat desa dan kelurahan. Papan pengumuman, diagram, dan lainnya ditampikan dengan menarik dan informatif demi kemudahan masyarakat dalam mengakses informasi.

Masyarakat harus menerima informasi dengan benar, ketika mereka ingin mengurus dokumen-dokumen yang diperlukan. Mengetahui apa saja persyaratannya, berapa lama proses dan pengerjaannya, berapa biaya yang resmi. Semua informasi ini harus diketahui masyarakat, sehingga masyarakat akan senang jika pelayanan sesuai dengan informasi yang mereka terima.

Sebelumnya, Kadis Pemerintahan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Tapsel, Muhammad Yusuf, menyampaikan, bahwa kegiatan ini dilakukan agar para perangkat desa mengetahui apa tugas-tugasnya ke depan mengingat tantangan tugas bagi para aparatur desa di kemudian hari akan semakin berat.

“Perlu ada penguatan penguatan kepada kita semua sehingga pelaksanaan dari pemerintahan desa ke depan, betul-betul bisa memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Kiranya, nanti akan tercipta kesejahteraan masyarakat lewat kemandirian di desa,” ungkap Yusuf seraya menyampaikan kegiatan pembekalan perangkat Desa ini akan dilaksanakan di 15 kecamatan.(STR)

  BeritaTerkait
  • Pemkab Tapsel Ikuti TTG Nasional

    4 tahun lalu

    Tapsel (Pelita Batak) : Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan mengikuti Tekhnologi Tepat Guna (TTG) Nasional ke XIX Tahun 2017 di Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah.  Sekretaris D

  • Suara FBBI Untuk Calon Gubernur Sumatera Utara

    3 tahun lalu

    Momen yang tepat buat FBBI sebagai ormas yang berposisi indipenden dalam setiap Pilkada untuk menyampaikan aspirasi yang mau disampaikan untuk dijadikan isu memajukan Bonapasogit di Sumatra Utara.FGD

  • Bupati Tapsel Ingatkan ASN Dan Perangkat Desa Tidak Lakukan Pungli

    3 minggu lalu

    Tapanuli Selatan (Pelita Batak) :Dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, Bupati Tapanuli Selatan H Dolly Pasaribu SPt, MM meminta Aparatur Sipil Negara dan perangkat desa agar tidak melakukan pu

  • Kembangkan Inovasi 'Unit Reaksi Cepat Anti Kekerasan Anak dan Perempuan'

    5 tahun lalu

    Batu Bara (Pelita Batak) : Untuk ke tiga kalinya Bupati Batu Bara H OK Arya Zulkarnain SH MM meraih penghargaan Kepala Daerah Innovatif dari Koran Sindo tahun 2016 di Bandung, Jawa Barat. Sebelum nya Bupati Batu Bara meraih penghargaan Kepala Daerah Inov

  • Ribuan Masyarakat Hadiri Syukuran Tahun Baru 2018 di Bukit Inspirasi Doloksanggul

    3 tahun lalu

    Doloksanggul (Pelita Batak): Ribuan masyarakat dari berbagai elemen hadiri acara syukuran tahun baru 2018 yang dilaksanakan di Perkantoran Bupati Humbahas Bukit Inspirasi Doloksanggul, Jumat 12 Januar

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb