• Home
  • News
  • Bupati Tapsel : Sektor Pertanian Bertahan Dimasa Pandemi
KSP Makmur Mandiri
Minggu, 13 Juni 2021 13:09:00

Bupati Tapsel : Sektor Pertanian Bertahan Dimasa Pandemi

BAGIKAN:
Saut Togi Ritonga | Pelita Batak
Bupati Tapsel : Sektor Pertanian Bertahan Dimasa Pandemi

Tapanuli Selatan (Pelita Batak) :

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan saat ini tengah memprioritaskan pembangunan sektor pertanian untuk mendukung ketahanan pangan dan upaya pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid 19 saat ini.

“Sejak mewabahnya Covid-19 di negara kita, sektor yang justru bertahan bahkan maju yakni sektor pertanian. Setelah mendalami dan melihat potensi Tapanuli Selatan, maka prioritas kami ke depan adalah membangun sektor pertanian,” ujar Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H Dolly Pasaribu, SPt MM,saat menghadiri panen perdana bawang merah binaan Karang Taruna Tapsel di Desa Sugi, Kecamatan Marancar, Jumat 11 Juni 2021.

Menurut Bupati, panen perdana bawang merah kali ini, dapat memberikan edukasi, motivasi, serta inovasi ke pemuda Karang Taruna di bidang pertanian. Sekaligus bisa mengembangkan potensi sumber daya alam di desa, dengan didukung sumber daya manusia pembangun dan mempunyai semangat kreativitas, inovasi dan berjiwa entrepreneur.

“Saya turut bangga kepada kawan-kawan Karang Taruna yang ikut mempelopori apa yang menjadi harapan kami. Semoga produk pertanian kita, bisa mendongkrak perekonomian masyarakat Tapanuli Selatan dan dapat bersaing baik ditingkat kabupaten, provinsi, bahkan nasional," harapnya.

Bupati berharap agar penanaman bawang merah ke depan dapat terus dikembangkan, agar dapat memenuhi kebutuhan lokal dan bila perlu, bisa diekspor ke luar negeri. Tanaman bawang merah juga, menurut Bupati sejalan dengan apa yang kerap ditekankan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi.

“Gubernur selalu menekankan bahwa tanaman yang perlu dibudidayakan di Tapsel yakni bawang putih, cabe merah, cabe hijau, dan bawang merah, seperti yang kita lakukan panen perdana pada hari ini."Ujar Dolly.

Pada kesempatan itu, Bupati mengucapkan terima kasih atas semangat segenap pengurus Karang Taruna Tapsel maupun Kepala Desa Sugi yang telah membantu dan menyediakan lahan untuk dikelola. Kiranya, budidaya tanaman bawang merah tersebut dapat terus berlanjut.

Sebelumnya, Ketua Karang Taruna Tapsel, Bangun Ritonga, menyampaikan bahwa, program budidaya usaha ekonomi produktif bawang merah usaha itu merupakan Karang Taruna binaan dari Karang Taruna Tapsel. Sebab, sejak 3 April 2021 lalu, Ketua Karang Taruna Kecamatan Marancar telah programkan penanaman budidaya bawang merah.

Adapun alokasi dana tersebut berasal dari dana hibah Karang Taruna Tapsel. Sedangkan lahan budidaya tanaman bawang merah itu merupakan lahan pinjam pakai dari tanah Kepala Desa Sugi dengan luas sekitar setengah hektar.

Turut hadir, Kabag Humas dan Protokol Isnut Siregar, mewakili Kadis Sosial, dan Kepala Desa Sugi.(STR)

  BeritaTerkait
  • Bupati Tapsel Dorong Usaha Masyarakat

    3 bulan lalu

    Tapanuli Selatan (Pelita Batak) :Dalam meningkatkan taraf perekonomiannya, pelaku usaha masyarakat perlu memperoleh dorongan  sehingga bisa maju dan berkembang.Hal itu diungkapkan Bupati Tapanuli

  • Peduli Pembangunan Humbahas, Kaum Millenial Diskusi Dana Desa untuk Pertanian

    tahun lalu

    Humbang Hasundutan (Pelita Batak):Sebagai wujud kepedulian Pemuda Humbang Hasundutan terhadap pembangunan Humbang Hasundutan yang lebih maju khususnya pada sektor pertanian. Pemuda Humbang Hasundutan

  • Hadiri Rapat Dengan Gubsu, Walikota Padangsidimpuan Siap Kembangkan Potensi Daerah

    12 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengumpulkan para bupati/walikota se-Sumut dalam rangka penguatan dan sinergi untuk bersama-sama membangkitkan perekonomian daerah ya

  • Bupati Tapsel : Infrastuktur Tetap Menjadi Prioritas

    4 bulan lalu

    Tapanuli Selatan (Pelita Batak) : Semangat pembangunan infrastruktur berkelanjutan baik jalan dan jembatan dalam wilayah Tapsel menjadi skala prioritas Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Taps

  • Pemkab Tapsel Gelar Konsultasi Publik Rancangan Awal Perubahan RPJMD

    3 bulan lalu

    Tapanuli Selatan (Pelita Batak) : H Syahrul M Pasaribu, SH, Bupati Tapanuli Selatan periode 2010-2015 dan 2016-2021 tampil sebagai narasumber pada acara Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana P

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb