• Home
  • News
  • Bupati Rapidin Simbolon Tinjau Persiapan Pagelaran Seni dan Budaya Situmorang
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 13 September 2019 12:10:00

Bupati Rapidin Simbolon Tinjau Persiapan Pagelaran Seni dan Budaya Situmorang

BAGIKAN:
Ist|PelitaBatak
Bupati Rapidin Simbolon bersama wakilnya bersama Ketua Umum Panitia Edwin P Situmorang SH MH, Ketua Umum PSSAB Indonesia Ir JB Siringoringo dan yang lainnya saat persiapan acara.
Samosir (Pelita Batak):
Pagelaran seni dan budaya Situmorang akan digelar, Jumat (13/9/2019) di Desa Parsaoran Urat, Palipi, Samosir. Kegiatan ini dinilai berkontribusi bagi geliat pariwisata dari sektor adat dan budaya, yang mampu mendorong peningkatan angka kunjungan wisatawan ke Danau Toba khususnya pulau Samosir.

Demikian disampaikan Bupati Samosir, Rapidin Simbolon didampingi Wakilnya dan para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) saat meninjau persiapan kegiatan yang satu rangkaian dengan pelaksanaan Pesta Syukuran Revitalisasi Tugu Ompu Tuan Situmorang yang akan berlangsung hingga Minggu 15 September 2019.

Kehadiran Bupati dan rombongan disambut Ketua Umum Parsadaan Situmorang Sipitu Ama Dohot Boru (PSSAB) Ir JB Siringoringo, Ketua Umum Panitia Revitalisasi Tugu Edwin P Situmorang,SH,MH dan pengurus serta panitia lainnya.

Bupati mendapatkan informasi dari panitia bahwa pelaksanaan syukuran kali ini akan dihadiri ribuan keturunan Ompu Tuan Situmorang dari seluruh penjuru. 

Dijelaskan Edwin, bahwa pada Jumat pagi, dilaksanakan bakti sosial berupa pemeriksaan dan pengobatan kesehatan dasar, pembagian kaca mata baca dan pelayanan lainnya. "Setelah acara mambuat tua Nigondang, malam ini akan diadakan pagelaran seni dan budaya Situmorang. Kita buka untuk umum dan acara ini bentuk kerjasama panitia dengan Pemkab Samosir," ujar mantan Jamintel Kejagung RI ini.

Kemudian ditambahkan Ketua Umum PSSAB Indonesia, Ir JB Siringoringo acara akan dibuka denga bakti sosial berupa pemeriksaan dan pengobatan gratis dilanjutkan dengan Pagelaran Seni Dan Budaya Situmorang Sipitu Ama yang terbuka untuk umum. Perhelatan akbar ini ditargetkan disaksikan dua ribu warga yang merupakan keturunan Ompu Tuan Situmorang dan wisatawan yang sedang berada di pulau Samosir. Disebut Pagelaran Seni Dan Budaya Situmorang Sipitu Ama, dikarenakan yang akan dipertunjukkan adalah karya seni keturunan Ompu Tuan Situmorang seperti lagu ciptaan Nahum Situmorang, Buttora Situmorang, kemudian puisi karya Sitor Situmorang dan berbagai karya seni yang merupakan bagian kekayaan keturunan Ompu Tuan Situmorang.

"Juga akan dilakukan drama kolosal tentang sejarah perjalanan Ompu Tuan Situmorang hingga generasi yang ada saat ini yang berasal dari Samosir," ujar mantan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumut ini. Menurutnya kehadiran seluruh keturunan Ompu Tuan Situmorang akan menambah semangat persaudaraan dalam ikatan kekeluargaan sebagaimana pesan leluluhur.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan mulai Jumat 13 September akan digelar pengobatan  gratis, 'Mambuat Tua Nigondang', Pagelaran Seni dan Budaya Situmorang Sipitu Ama. Sabtu, 14 September merupakan puncak acara diawali kebaktian, penyerahan revitalisasi tugu dari panitia ke DPP PSSAB, peresmian selesainya revitalisasi tugu, makan bersama, gondang/manortor. Minggu, 15 September diawali kebaktian, 'Mangan Sipitu Dai'.(TAp)
  BeritaTerkait
  • Bupati Rapidin Simbolon Hadiri Deklarasi Persatuan Artis Kabupaten Samosir

    4 tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Bupati Rapidin Simbolon mendukung dan berharap komunitas artis yang tergabung dalam Persatuan Artis Kabupaten Samosir (PARKASA) dapat menjadi mitra straregis Pemkab Samosir m

  • Warga Antusias Ikuti Baksos Parnasib di Kecamatan Nainggolan Samosir

    tahun lalu

    Nainggolan (Pelita Batak):Keluarga Besar Parpunguan Nainggolan Sibatuara (Parnasib) menggelar bakti sosial di Kecamatan Nainggolan, Kabupaten Samosir, Jumat (5/7/2019). Warga khususnya para orangtua y

  • Liber Simbolon : Bandara Silangit Sumatera Utara Dibangun Saat Pendudukan Jepang

    3 tahun lalu

    Pangururan(Pelita Batak): Upaya pemerintah untuk membenahi berbagai sektoral infrastruktur antara lain pariwisata, perkebunan, pelabuhan, pertanian, jalan tol, lapangan udara  di Sumatera Utara m

  • Bakti Sosial Syukuran Revitalisasi Tugu Ompu Tuan Situmorang di Urat Diserbu Warga

    tahun lalu

    Samosir (Pelita Batak):Tim pelayanan Bakti Sosial pelayanan kesehatan dalam rangka Pesta Syukuran Revitalisasi Tugu Ompu Tuan Situmorang di Desa Parsaoran Urat Palipi Samosir dengan suka cita memberi

  • Konsultasi Nasional (Konas) XII Jaringan Kerja Lembaga Pelayanan Kristen Indonesia (JKLPK Indonesia) Digelar di Samosir

    4 tahun lalu

    Samosir(Pelita Batak): Konsultasi Nasional (Konas) JKLPK XII, Kamis,3 November 2016, diawali dengan pawai budaya nusantara dengan peserta sekitar 300 orang. Peserta  terdiri dari utusan masing

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb