• Home
  • News
  • Bupati Humbahas Serahkan Bantuan 43 Unit Alsintan Kepada Kelompok Tani
KSP Makmur Mandiri
Minggu, 30 Oktober 2016 14:33:00

Bupati Humbahas Serahkan Bantuan 43 Unit Alsintan Kepada Kelompok Tani

BAGIKAN:
Freddy Hutasoit
Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor didampingi Ketua DPRD Manaek Hutasoit, Sekdakab Saul Situmorang, Kadis Pertanian Ir. Happy Silitonga dan perwakilan Dandim 0210/TU, menyerahkan bantuan Alsintan kepada sejumlah kelompok tani di Komplek Perkantoran Bukit
Doloksanggul(Pelita Batak): Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dosmar Banjarnahor didampingi Ketua DPRD Humbahas Manaek Hutasoit, Sekdakab Saul Situmorang, dan perwakilan Dandim 0210/TU Pabung Mayor Inf. M. Junedi, menyerahkan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) sebanyak 43 unit kepada sejumlah kelompok tani di Komplek Perkantoran Bukit Inspirasi Doloksanggul, Jumat 28 Oktober 2016.
 
Bantuan Alsintan yang diserahkan itu terdiri dari, 6 unit traktor roda empat, 27 unit traktor roda dua, dan 10 unit Rice Transplanter (mesin pemanen padi). Hal itu tak terlepas aspirasi dari sejumlah anggota DPR RI antara lain Mindo Sianipar, Sahat Silaban, Handani, dan Syamsudin Siregar kepada Kementerian Pertanian. 
 
"Ini merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian tahap ke V untuk tahun 2016, yang dialokasikan melalui aspirasi sejumlah anggota DPR RI. Perlu kita sampaikan, untuk penyalurannya harus berbasis kelompok tani," kata Kadis Pertanian Humbahas Ir Happy Silitonga
 
Bupati Humbahas berpesan agar penggunaan Alsintan benar-benar dimanfaatkan untuk kepentingan dan keperluan kelompok tani untuk membantu para petani memeperluas dan mengolah lahan pertanian. 'Penggunanan alsintan jangan disalahgunakan oleh perorangan tertentu, melainkan milik bersama para kelompok tani", katanya.
 
Dosmar menambahkan, berhubung bantuan Alsintan hanya dapat disalurkan melalui kelompok tani, disarankan agar semua masyarakat berkenan masuk dan membentuk kelompok tani di daerah masing-masing, dengan syarat harus menjadi kelompok tani yang handal dan berprestasi serta mempunyai aktifitas yang baik di tengah-tengah masyarakat.
 
Dia mengajak seluruh petani untuk menyesuaikan jenis tanaman yang baik dan terencana, sehingga tidak terjadi hasil produksi yang membludak yang menyebabkan harga jual dari hasil pertanian jadi rendah sebagaimana yang sudah dialami petani tomat beberapa waktu lalu di pasar. "Pada kesempatan ini saya juga perlu sampaikan, agar PPL dapat sungguh-sungguh melaksanakan tugasnya untuk mendampingi dan membina para petani di wilayah kerja masing-masing,"ujarnya.
 
Ketua DPRD Humbahas Manaek Hutasoit berharap, agar penggunaan Alsintan itu dapat bermanfaat bagi para penerima bantuan dan masyarakat sekitar. Kepada kelompok tani supaya menggunakan alsintan ini dengan baik untuk meningkatkan produktifitas hasil pertanian.(FH)
  BeritaTerkait
  • Tengku Erry Serahkan Bantuan Pertanian untuk Humbahas Rp12 Miliar Lebih

    3 tahun lalu

    Doloksanggul (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menyampaikan bahwa dirinya selalu menyediakan waktu untuk hadir bersama para petani/kelompok tani, penyuluh dan Babinsa

  • 2 Lagi Excavator Bantuan Pusat Tiba di Humbang Hasundutan

    2 tahun lalu

    Doloksanggul (Pelita Batak): Dua (2) unit lagi excavator merek pindad bantuan pemerintah pusat tiba di Kabupaten Humbang Hasundutan, Kamis 19 Juli 2018. Alat berat ini dipersembahkan hanya untuk masya

  • Melalui Kedaulatan Pangan dan Ekonomi Kerakyatan Menuju Humbang Hasundutan Hebat dan Bermentalitas Unggul

    tahun lalu

    PendahuluanKITA patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kini Kabupaten Humbanghasundutan usianya mencapai 16 Tahun setelah terbentuk menjadi daerah pemekaran otonomi daerah baru salah satunya di I

  • Darwin Siagian : Kita Adakan Brigade Mesin Pertanian

    4 tahun lalu

    Pemerintah juga mengupayakan menekan angka biaya produksi dengan penggunaan alsintan. Mulai tahun ini Pemkab Toba Samosir membentuk brigade alat mesin pertanian.

  • Pemkab Galakkan Pertanian Tepat Sasaran di Hutaginjang Silando Kecamatan Muara

    4 tahun lalu

    Muara (Pelita Batak) :Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan didampingi Ketua DPRD Kabupaten Tapanuli Utara Ir. Ottoniyer Simanjuntak dan beberapa SKPD lakukan penanaman perdana kentang jenis Grafika.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb