• Home
  • News
  • Buku "Tarombo Raja Sitempang Anak Ni Raja Nai Ambaton" Diluncurkan
KSP Makmur Mandiri
Minggu, 16 Agustus 2020 16:05:00

Buku "Tarombo Raja Sitempang Anak Ni Raja Nai Ambaton" Diluncurkan

BAGIKAN:
IST|Pelita Batak
Jakarta (Pelita Batak):
Buku silsilah atau Tarombo Raja Sitempang Anak Ni Raja Nai Ambaton diluncurkan Minggu, 16 Agustus 2020 di Auditorium Kampus II Ubhaya Jaya, Jalan Perjuangan, Kota Bekasi, Jawa Barat. Buku ini disusun oleh Bachtiar Sitanggang, SH (wartawan dan advokat senior) serta Brigjen Polisi (Purn) Drs. Antonius Sitanggang, SH, MH. 
Acara peluncuran secara sederhana untuk mematuhi Protokol Kesehatan Pandemi Covid-19 ditandai dengan penyerahan buku kepada beberapa tokoh dari keturunan Ni Raja Nai Ambaton. 

Buku ini antara lain bersumber dari sejumlah buku dan tulisan tentang silsilah, adat,  dan masyarakat Batak Toba, terutama yang berkaitan dengan keturunan Raja Sitempang Anak Ni Raja Nai Ambaton. Di antaranya, Pustaha Batak  Tarombo dohot Turi-turian ni Bangso Batak karya WM Hutagalung (terbitan pertama 1926 dan kedua 1991);  Perihal Bangsa Batak karya E. St. Harahap; Pustaha Tumbaga Holing, Adat Batak - Patik Uhum karya Raja Patik Tampubolon; Sejarah dan Tarombo Raja Sitanggang karya Drs. Marcius Albert Sitanggang; Raja Sitempang karya Komen Sitanggang, SPd.; Kisah Si Raja Batak dan Sejarah Raja Soribuntu Sidabutar (Raja Sidabutar Tomok) karya Drs. Ch. Robin Simanullang dan Asdon Hutagalung, SH; Tarombo Ni Raja Sitempang karya  Raja Napogos JP Sitanggang, serta buku-buku karya Dr. Ir. Bisuk Siahaan, Nalom Siahaan, Ompu Buntilan Simanjuntak, JC Vergouwen;  Prof. Dr. Bungaran Antonius Simanjuntak; Norman Sidabutar; dan lain-lainnya.
 
Buku tarombo ini terdiri atas sembilan bagian (BAB), dilengkapi dengan sejumlah pohon keluarga (family tree). Setelah BAB I sebagai Pendahuluan,  uraian selanjutnya adalah BAB II tentang Si Raja Batak (Asal-usul Orang Batak), BAB III Raja Naiambaton, BAB IV Raja Sitempang Anak Ni Raja Naiambaton, BAB V Raja Sitanggang Gelar Raja Pangururan, BAB VI Sitanggang - Simbolon, BAB VII Harajaon di Pangururan, BAB VIII Pelurusan Tarombo PARNA, dan BAB IX yang menjadi Penutup dilengkapi dengan Kesimpulan dan Saran.

Selain dari penulis Bachtiar Sitanggang dan Antonius Sitanggang, buku ini dilengkapi dengan beberapa kata pengantar dan kata sambutan. Di antaranya, pengantar dari cendekiawan Prof. Tatang Ary Gumanti, Ph.D,  pengantar dari Ketua Umum Punguan Pomparan Raja Sitempang (Paporata) Indonesia Raja Napogos JP Sitanggang, dan pengantar dari Punguan Raja Sitanggang Dohot Boruna Se-Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) Bungaran Sitanggang, SH, MH.

Kemudian, kata sambutan disampaikan oleh Kol (P) Nasib Simarmata,  Ketua Dewan Penasihat Punguan Raja Sitanggang Dohot Boruna Jakarta, Bogor, Depok Tangerang, Bekasi,  Satar Alexander Sitanggang; Prof. Dr. Juang Sitanggang, St. Dr. Edward Sigalingging mewakili Sigalingging; dan sambutan dari Ketua Umum Punguan Pomparan Raja Simanihuruk Boru & Bere (Punguan PRSBB), Sahala Simanihuruk, SH.    
 
Dalam kata pengantarnya pada Buku Tarombo ini, Ketua Umum Paporata Indonesia, Raja Napogos JP Sitanggang, antara lain, menyatakan, setelah  menunggu 40 tahun akhirnya buku Tarombo Raja Sitempang Anak Ni Raja Nai Ambaton terbit.

Dalam kata sambutannya, Bachtiar Sitanggang mengatakan buku ini tidak sempuna, karena yang sempurna adalah Pencipta alam semesta. Buku ini dibuat berdasarkan fakta dan data serta membandingkan dan menyandingkan data-data yang ada. 

Prof. Juang mempertegas bahwa buku ini bukan untuk diperdebatkan. Buku ini sebagai pedoman dan panduan. Mari sosialisasikan ke pomparan, terutama generasi muda.(*)
  BeritaTerkait
  • Buku "Tarombo Raja Sitempang Anak Ni Raja Nai Ambaton" Diluncurkan di Pangururan

    satu minggu lalu

    Pangururan (Pelita Batak):Buku 'Tarombo Raja Sitempang Anak Ni Raja  Nai Ambaton" diluncurkan di Hotel Sitiotio, Pangururan, Kabupaten Samosir, Sabtu, 10 Oktober 2020. Buku yang disusun

  • Kata Sambutan Bachtiar Sitanggang Pada Peluncuran Buku 'RAJA SITEMPANG ANAK NI RAJA NAI AMBATON'

    2 bulan lalu

    UBHARA JAYA BEKASI (Pelita Batak):Horas. Selamat siang, Selamat Hari Minggu.Atas nama Tim Penulisan Buku TAROMBO RAJA SITEMPANG ANAK NI RAJA NAI AMBATON mengucapkan terimakasih atas perkenan Bapak-bap

  • Masihkah Perlu Tarombo, Bagi Orang Batak?

    3 tahun lalu

    Oleh: oleh Ronsen LM PasaribuSelama ini tarombo sebagai silsilah seseorang, diterima sebagai hal yang given, diterima apa adanya. Tarombo, memang tidak bisa direkayasa, sifatnya apa adanya jujur dan o

  • Akhyar Nasution Harapkan Marga Panggabean Dukung Pembangunan Kota

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Wakil Wali Kota Medan Ir Akhyar Nasution Msi, mengharapkan Pomparan Marga Panggabean mendukung pembangunan Kota Medan. Sebab dukungan semua pihak termasuk Marga Panggabean

  • Junimart Girsang Santuni Korban Kebakaran Parongil Kabupaten Dairi

    4 tahun lalu

    Parongil (Pelita Batak): Anggota Komisi III DPR RI Junimart Girsang dan sejumlah organisasi memberikan sumbangan kepada korban kebakaran, Sabtu (4/6) di Jalan Gereja Kelurahan Parongil, Kecama

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb