• Home
  • News
  • Bimtek DPRD Kabupaten Dairi, Dr. Janpatar Simamora, SH., MH: DPRD Berperan Strategis dalam Pembangunan Daerah
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 11 Agustus 2020 12:14:00

Bimtek DPRD Kabupaten Dairi, Dr. Janpatar Simamora, SH., MH: DPRD Berperan Strategis dalam Pembangunan Daerah

BAGIKAN:
IST|Pelita Batak
Ketua LPPM Universitas HKBP Nommensen Dr. Janpatar Simamora, SH., MH menyerahkan sertifikat secara simbolis dan cenderamata kepada Wakil Ketua DPRD Dairi Wanseptember Situmorang di Hotel Labersa, Balige, Kabupaten Toba baru-baru ini.
Medan (Pelita Batak):
Sebagai bagian dari upaya untuk turut serta berkontribusi dalam rangka perwujudan visi misi perguruan tinggi, maka untuk kesekian kalinya, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas HKBP Nommensen Medan kembali menggelar Bimbingan Teknis untuk Pimpinan dan Anggota DPRD. Bimtek kali ini dilaksanakan untuk DPRD Kabupaten Dairi yang dilangsungkan di Hotel Labersa, Balige Kabupaten Toba, tanggal 2-5 Agustus 2020. 

Adapun pelaksanaan bimbingan teknis DPRD Dairi tersebut diselenggarakan atas kerjasama dengan Sekretariat DPRD Kabupaten Dairi dan koordinasi melalui BPSDM Provinsi Sumatera Utara. Penyelenggaraan bimtek tersebut diawali dengan Kata Sambutan dari Ketua LPPM Universitas HKBP Nommensen Medan Dr. Janpatar Simamora, SH., MH dan dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas HKBP Nommensen, Dr. Haposan Siallagan, SH., MH serta dibarengi dengan Kata Sambutan yang langsung disampaikan Kepala BPSDM Provinsi Sumatera Utara, Dr. Kaiman Turnip. 

Bimtek kali ini dilangsungkan dengan menghadirkan 4 narasumber dengan unsur kepanitiaan diantaranya Nancy Sitompul, SE, MSi, Alida Simanjuntak, SPd, Mori Rajagukguk, SH dan Rona Panjaitan, AMd. Adapun narasumber dimaksud adalah Dr. Kaiman Turnip, Kepala BPSDM Provinsi Sumatera Utara, Dr. Adanan Silaban dan Dr. Dimpos Manalu serta Dr. Janpatar Simamora, SH., MH yang merupakan pakar hukum tata negara dengan judul materi Peran dan Fungsi DPRD dalam perumusan RPJMD yang dihubungkan pula dengan LKPJ.

Dalam kesempatan itu, Dr. Janpatar Simamora, SH., MH memaparkan pentingnya RPJMD sebagai penjabaran dari visi, misi, dan program kepala daerah yang memuat tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, pembangunan daerah dan keuangan daerah, serta program perangkat daerah dan lintas perangkat daerah yang disertai dengan kerangka pendanaan bersifat indikatif untuk jangka waktu 5 (lima) tahun. 

Selain itu, Dr. Janpatar Simamora, SH., MH, yang merupakan doktor hukum lulusan Universitas Padjadjaran ini mengemukakan bahwa keberadaan RPJMD sangat urgen karena merupakan dasar penyusunan LKPJ berdasarkan penjabaran tahunan yang memuat sekurang-kurangnya: arah kebijakan umum pemerintahan daerah; pengelolaan keuangan daerah secara makro, termasuk pendapatan dan belanja daerah; penyelenggaraan urusan desentralisasi; penyelenggaraan tugas pembantuan; dan penyelenggaraan tugas umum pemerintahan. 

Disisi lain, Rektor Universitas HKBP Nommensen Dr.Haposan Siallagan berharap agar Pendalaman Tugas Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Dairi dapat menjadi sarana dalam meningkatkan pemahaman dan pengetahuan DPRD dalam menjalankan tugas-tugasnya. Sementara itu, Kepala BPSDM Provinsi Sumatera Utara, Dr. Kaiman Turnip dalam sambutannya memaparkan bahwa pelaksanaan kegiatan ini sudah sangat baik dan mengharapkan agar LPPM UHN Medan tetap menjaga kualitas kegiatan di masa mendatang.

Adapun Ketua DPRD Kabupaten Dairi, Sabam Sibarani melalui Wakil Ketua, Wanseptember Situmorang menyampaikan sambutan yang pada intinya sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan pendalaman tugas ini. "Kami merasa senang dengan pelaksanaan kegiatan bimtek ini, kiranya dapat menambah pengetahuan dan wawasan kami dalam rangka menjalankan tugas-tugas yang dipercayakan rakyat kepada kami," pungkasnya.

Di akhir acara, Ketua LPPM UHN Dr. Janpatar Simamora, SH., MH menyampaikan pesan dan ucapan terimakasih. "Atas nama Universitas HKBP Nommensen, kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada unsur pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Dairi beserta Sekretaris DPRD dan staff yang telah berkenan dan percaya menjalin kerjasama dengan kami. Tak lupa juga kami meminta saran dan masukan serta menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas berbagai kekurangan selama pelaksanan acara," tegas Ketua Program Studi Magister Ilmu Hukum UHN ini.(Tim)
  BeritaTerkait
  • Dirgahayu ke 14 Humbahas: Sekilas Sejarah Peran Serta Masyarakat yang Ada di Parserahan Atas Berdirinya Kabupaten Humbang Hasundutan

    3 tahun lalu

    Oleh: Gandhi PakpahanPARNADOS (PARSAHUTAON NAHUMALIANG DOLOKSANGGUL)PARNADOS yang berdiri pada tanggal 27 Januari 1995 mempunyai benang merah dengan PERNADOS yang berdiri sebelumnya dan wadah lain set

  • UHN Medan dan Pemkab Labura Teken MoU

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Perguruan Tinggi merupakan lembaga yang sangat strategis dalam mendorong percepatan pembangunan suatu Daerah. Dengan sejumlah keunggulan yang dimiliki suatu perguruan tinggi, sepe

  • Perayaan Natal Nasional di Humbahas Berlangsung Khidmat

    4 tahun lalu

    Doloksanggul (Pelita Batak) :Puncak perayaan natal nasional 2016 yang dilaksanakan Komplek Kantor Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Bukit Inspirasi, Dolok Sanggul, Senin (26/12/2016) berlangsung khidmat.

  • Nommensen Dan DPRD Samosir Jajaki Kerjasama Penyusunan Ranperda Tanah Ulayat

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau merasa bangga atas kepercayaan lembaga pemerintah kepada pihaknya. Khususnya dalam upaya pembangunan daerah lewat perumusan-perumusan degulasi dari

  • Dr. Janpatar Simamora, SH, MH : Mutu Perda Inisiantif DPRD Tergantung Kapasitas SDM DPRD

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Kapasitas mutu sumber daya manusia DPRD sangat menentukan mutu Pembentukan Perda Inisiatif  yang merupakan usulan DPRD dalam program legislasi daerah (Prolegda), sehingga tat

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb