• Home
  • News
  • Bersiap Menghadapi New Normal Dengan Protokol Kesehatan
KSP Makmur Mandiri
Sabtu, 20 Juni 2020 15:24:00

Bersiap Menghadapi New Normal Dengan Protokol Kesehatan

BAGIKAN:
Rahmat Purba |Pelitabatak
Labuhanbatu (Pelita Batak):
Sejak pandemi Covid-19 muncul, hampir semua orang mengalami kendala untuk menjalani kehidupan normal akibat pembatasan yang perlu dilakukan untuk mencegah penularan virus Corona Namun dengan lamanya pembatasan tersebut, pemerintah menganjurkan kita untuk mulai melakukan kegiatan seperti biasa, hidup berdampingan dengan Covid-19, tentunya juga dengan di barengi mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Seperti halnya di Kabupaten Labuhanbatu, persiapan demi persiapan menghadapi New Normal terus di lakukan, sejak memutuskan siap mengikuti new normal didalam rapat kordinasi bersama Forkopimda Labuhanbatu, Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe ST.MT  Bersama intansi terkait melakukan sosialisasi dan himbaun kepada seluruh masyarakatnya untuk kembali hidup bergaul dan beraktifitas seperti biasa.

Jumat 5 Juni 2020 Andi Suhaimi Dalimunthe menelusuri dermaga Tanjung Sarangelang guna memberikan arahan dan tatanan menghadapi New Normal dengan mengikuti protokol kesehatan, disan Bupati memaparkan apa saja yang harus di ketahui dan di lakukan masyarakat saat menerapkan hidup normal.

Berikut yang di sampaikan Bupati Labuhanbatu yang harus di terapkan menghadapi new normal:

Pertama:  Saat harus keluar rumah dan masuk kerumah.
Penerapan new normal akan membuat kita lebih leluasa untuk keluar rumah. Namun, mengingat pandemi COVID-19 masih berlangsung, kita harus tetap waspada mengikuti aturan menerapkan protokol kesehatan kapan pun dan di mana pun kita berada.Bila keperluan sudah selesai, segera kembali ke rumah. Sesampainya di rumah, langsung lakukan beberapa hal berikut:

Buka alas kaki sebelum masuk ke dalam rumah.
Semprotkan disinfektan pada alas kaki maupun peralatan yang kamu gunakan.
Cuci tangan dengan air dan sabun.

Lepaskan pakaian yang dikenakan dan segera masukkan ke dalam tempat cucian yang tertutup.
Mandi dan berganti pakaian bersih sebelum bersantai atau berkumpul dengan keluarga.
Kedua:  Ketika menggunakan transportasi umum
Bila kita harus bepergian ke suatu tempat dan menggunakan transportasi umum, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selain menerapkan langkah pencegahan dasar.

Untuk memudahkan kita dalam menjaga kebersihan tangan, bawalah selalu hand sanitizer. Jangan menyentuh wajah dengan tangan yang belum dibersihkan. Selain itu, pastikan kamu membawa botol minum agar tetap terhidrasi selama perjalanan.

Yang paling penting untuk diingat selama berada di dalam transportasi umum adalah mengurangi interaksi dan menjaga jarak setidaknya 1 meter dengan penumpang lain. Bila hal ini tidak memungkinkan, sebaiknya jangan menggunakan transportasi umum.

Ketiga: Sewaktu bekerja 
Dimulainya new normal akan membuat para karyawan kembali bekerja di kantor secara bertahap setelah beberapa bulan bekerja dari rumah. Nah, agar tetap aman dan terhidar dari corona, kamu perlu menerapkan pshysical distancing dalam setiap kegiatan.

Begitu juga saat makan . Jika sebelumnya kita terbiasa makan di kantin, sementara ini usahakan untuk selalu membawa bekal dari rumah agar kamu tidak perlu ke tempat yang ramai untuk membeli makanan. Saat makan bersama teman kerja pun tetap jaga jarak dengan teman teman sepekerjaan.

Ke-empat, Waktu berbelanja
Bila kita harus berbelanja membeli kebutuhan makanan, kemungkinan besar kita akan bertemu dengan banyak orang. Ingat, selalu terapkan physical distancing, 

Batasi menyentuh barang-barang di toko maupun di tempat umum. Setelah menyentuh barang-barang tersebut, jangan menyentuh wajah atau barang-barang pribadi, misalnya tas dan handphone, sebelum mencuci tangan. Tujuannya adalah untuk mengurangi risiko terpapar virus Corona.

Selain itu, usahakan untuk tidak berlama-lama saat belanja. Catat barang-barang apa saja yang perlu dibeli dan langsung ke kasir ketika semua sudah Anda dapatkan.

Hal ini pun berlaku bila kamu dan keluarga makan di restoran. Ketika makan, kamu tentu harus melepas masker. Jadi, pilihlah tempat makan dengan ventilasi yang baik agar ada pertukaran udara di tempat tersebut. Ingat, selalu jaga jarak dengan orang lain, termasuk pramusaji, pengunjung lain, dan kasir, 

Sewaktu membayar, gunakan metode pembayaran nontunai untuk mencegah kontaminasi. Namun, jika tidak memungkinkan, pastikan untuk langsung mencuci tangan setelah memegang uang ataupun kartu.

Kelima: Ketika berbelanja online 

Sejak bergulirnya pandemi, belanja online makin banyak diminati, karena orang bisa berbelanja dengan mudah tanpa harus keluar rumah. Melalui belanja online, kita bisa membeli makanan, minuman, atau barang yang kita butuhkan meskipun hampir seluruh mall dan pusat perbelanjaan tutup selama PSBB.

Meski begitu, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, yaitu:

(1). Hindari kontak langsung dengan kurir. Bila perlu, kenakan masker saat bertransaksi.

(2).Upayakan untuk membayar barang belanjaan dengan secara nontunai untuk meminimalkan interaksi dengan kurir.

(3). Sediakan tempat khusus bagi kurir menaruh barang pesananmu, agar kamu tidak perlu bertemu langsung atau bersentuhan dengan kurir ketika menerima barang.

(4). Buka bungkus paket di luar rumah dan segera buang bungkusnya di tempat sampah atau semprot bungkus paket dengan disinfektan sebelum membawanya masuk ke dalam rumah.

(5).Untuk makanan, jangan menyemprotkan disinfektan ke bungkusnya. Cukup buka dan buang bungkusnya, lalu pindahkan makanan ke piring. Jangan makan makanan langsung dari wadahnya.

(6). Setelah membuka kemasan paket barang atau makanan, langsung cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Ke-Enam: Saat membutuhkan layanan kesehatan.
Berkonsultasilah secara online lewat aplikasi kesehatan dinilai lebih aman untuk mencegah penularan virus Corona, khususnya bagi orang-orang dengan penyakit yang rentan terpapar Corona, seperti diabetes atau penyakit jantung.

Jika kamu memiliki bayi yang harus menjalani imunisasi atau kamu sedang hamil dan perlu memeriksakan kehamilan, ikuti panduan imunisasi dan pemeriksaan kehamilan yang dianjurkan oleh dokter selama pandemi COVID-19 ini.

Ketika kehidupan  new normal telah dicanangkan oleh pemerintah, bukan berarti virus Corona telah hilang dan aman. Oleh karena itu, kita tetap harus memperkuat daya tahan tubuh kita, dengan memerhatikan asupan nutrisi dan cairan, serta menerapkan pola hidup sehat, seperti beristirahat yang cukup, rutin berolahraga, mengelola stres dengan baik, serta tidak merokok.

Penting untuk diingat, jangan memaksakan diri untuk keluar rumah bila sedang tidak sehat, apalagi jika kamu mengalami gejala mengarah ke Covid-19, seperti demam, batuk, sesak napas, pilek, atau sakit tenggorokan. Segera lakukan isolasi mandiri. Dengan begitu, kamu juga akan melindungi orang lain dari risiko terpapar virus Corona.

Namun selain daripada itu, perlu digaris besari ada poin yang harus benar-benar diperhatikan yaitu posisi anak, dimana posisi mereka dalam penerapan new normal perlu perhatian dan perlindungan khusus dari pemerintah dan juga orang tua.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Labuhanbatu Tinur Bulan SKM.M.Kes dalam penerapan new normal posisi anak menjadi tanggung jawab besar Pemerintah, disini pemerintah harus memiliki solusi, seperti masalah pendidikan disekolah nantinya. 

"Saya berharap protokol kesehatan di sekolah harus tetap dijaga dan di laksanakan, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan sosial distanching, guru harus memiliki trik, misalnya berbagi jam waktu pelajaran, guru study cukup satu guru untuk satu kelas, tiadakan jam istirahat, bawa makanan dari rumah dan tutup kantin sekolah untuk menghindari kerumunan keramaian.

Selain itu tempat bermain anak seperti mall dan taman bermain harus di tutup, bila di perlukan perlengkapilah mereka dengan APD yang cukup,dan orang tua kiranya selalu perhatikan gerak anak di lingkungan dan keluarga berikanlah langkah dasar kepada mereka untuk mencegah penularan virus tersebut.(Rahmat Purba)
  BeritaTerkait
  • Menghadapi Tatanan Normal Baru Covid-19 Disektor Pendidikan Dasar

    4 bulan lalu

    Jakarta (Pelita Batak):Menghadapi Tatanan Normal Baru (the News Normal) pandemi COVID 19, Komisi Nasional Perlindungan Anak meminta pemerintah khususnya Menteri Pendidikan (Mendiknas) untuk segera mem

  • Kata Sambutan Bachtiar Sitanggang Pada Peluncuran Buku 'RAJA SITEMPANG ANAK NI RAJA NAI AMBATON'

    2 bulan lalu

    UBHARA JAYA BEKASI (Pelita Batak):Horas. Selamat siang, Selamat Hari Minggu.Atas nama Tim Penulisan Buku TAROMBO RAJA SITEMPANG ANAK NI RAJA NAI AMBATON mengucapkan terimakasih atas perkenan Bapak-bap

  • Komnas Perlindungan Anak Menolak Klaster Tatanan "Normal Baru" untuk Sektor Pendidikan Dasar

    4 bulan lalu

    Jakarta (Pelita Batak):Kebijakan Tatanan Normal Baru untuk pemulihan sektor ekonomi Indonesia akibat dari Pandemi COVID 19 adalah sebuah keputusan pemerintah yang harus dipatuhi dengan syarat menegakk

  • Jaksa Agung Lantik Mantan Wakajati Sumut Jadi Kajati Yogya

    4 bulan lalu

    Jakarta (Pelita Batak):Jaksa Agung Dr. ST Burhanuddin SH. MH melantik mantan Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Sumardi SH, MH sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Daerah Istimewah Yogyakarta, di

  • Bupati Taput Harapkan BLT Disisihkan Untuk Modal Usaha

    4 bulan lalu

    Taput (Pelita Batak):Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M. Si bersama Dandim 0210/TU Rony Agus Widodo, Kajari Tatang Darmi, Wakapolres Taput Mukmin Rambe, didampingi Asisten I Parsaoran Hutaga

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb