• Home
  • News
  • Bangunan Baru Masjid Al Muttaqin Dekat Pasar Induk Lau Cih Diresmikan
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 28 Februari 2020 18:00:00

Bangunan Baru Masjid Al Muttaqin Dekat Pasar Induk Lau Cih Diresmikan

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Medan (Pelita Batak):
Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi meresmikan Masjid Al Muttaqin yang baru selesai dibangun di Jalan Bunga Turi 1, Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan Medan Tuntungan, Jumat (28/2). Dengan bangunan baru, para jamaah diharapkan semakin tenang, nyaman dan khusyuk ketika melaksanakan shalat lima waktu berjamaah, termasuk kegiatan keagamaan Islam lainnya di masjid tersebut.

Pembangunan dilakukan karena bangunan lama Masjid Al Muttaqin terkena pelebaran Jalan Bunga Turi 1 guna memperlancar akses keluar masuk kendaraan ke Pasar Induk Lau Cih. Proses pembangunan masjid sempat tertunda akibat lamanya proses ganti rugi. Pembangunan baru dimulai Nopember 2019 dan selesai awal Februari 2020.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita serta penandatanganan prasasti yang dilakukan Akhyar didampingi anggota DPRD Medan Dhiyaul Hayati, Asisten Pemerintahan Setdako Medan Musaddad Nasution, Kadis Perumahan, Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang Kota Medan Benny Iskandar, Kabag Agama Setdako Medan Adlan, Kabag Tapem Ridho Nasution serta Camat Medan Tuntungan Topan Ginting.

Sesuai dengan namanya Al Muttaqin, Akhyar berharap seluruh masyarakat maupun jamaah semakin meningkat ketakwaannya dengan hadirnya bangunan baru Masjid Al Muttaqin. Di samping itu juga semakin meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Kemudian Akhyar pun mengajak warga dan jamaah untuk senantiasa memakmurkan Masjid Al Muttaqin tersebut.

"Tidak hanya untuk melaksanakan shalat berjamaah, saya juga berharap agar Masjid Al Muttaqin juga dapat digunakan untuk tempat pembinaan umat, terutama generasi muda. Selain mencegah melakukan tindakan negatif, juga kita harapkan melalui pembinaan yang dilakukan dapat melahirkan generasi muda yang berakhlak dan cinta akan agamanya," kata Akhyar.

Kemudian Akhyar pun berpesan agar warga dapat menjaga dan merawat Masjid Al Muttaqin dengan sebaik-baiknya, terutama kebersihan sehingga siapa saya yang shalat merasa tenang dan nyaman ketika melaksanakan ibadah. "Ketenangan dan kenyamanan tentunya akan membantu untuk meningkatkan kekhusyukan, terutama dalam melaksanakan shalat," ungkapnya.

Di kesempatan itu Akhyar juga mengajak seluruh warga dan jamaah untuk mendukung program Pemko Medan. Selain menjaga kebersihan, warga juga diajak untuk ikut mempercantik Kota Medan. Akhyar optimis, jika seluruh warga berpartisipasi mendukung gerakan "Yok, Bikin Cantik Medan", maka ibukota Provinsi Sumatera Utara akan menjadi lebih baik lagi ke depannya.

Sebelumnya, BKM Masjid Al Muttaqin Tukino mengatakan, atas nama warga dan jamaah mengucapkan terima kasih karena telah selesai dibangunnya Masjid Al Muttaqin. Selain lahan lebih luas, bangunan masjid juga lebih baik dan cantik sehingga masyarakat semakin nyaman saat melaksanakan shalat waktu berjamaah.

Tukino menjelaskan, lahan Masjid Al Muttaqin saat ini seluas sekitar 1.100 meter persegi, sedangkan lahan lama hanya  410 meter persegi. Dengan demikian masjid saat ini memiliki lahan parkir yang cukup luas dan mampu menampung lebih banyak jamaah lagi, terutama ketika melaksanakan Shalat Jumat berjamaah. "Alhamdulillah, jamaah kita ketika Shalat Jumat mencapai 300 orang," ungkap Tukino.

Selanjutnya demi kenyamanan jamaah melaksanakan shalat berjamaah maupun kegiatan agama Islam lainnya, Tukino mengharapkan bantuan untuk pemagaran masjid untuk mencegah hewan peliharaan masyarakat masuk. Termasuk, pemasangan conblock atau paving block di halaman masjid untuk mencegah becek dan tergenang air, sehingga masyarakat tidak terganggu ketika hendak melaksanakan shalat berjamaah pada musim penghujan.(H|TAp)
  BeritaTerkait
  • Gubernur Minta Penerapan Gerbangswara

    3 tahun lalu

    Gunungsitoli (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi meresmikan gedung kantor Walikota Gunungsitoli Di Jl. Pancasila No.14 Desa Mudik, Kota Gunungsitoli. Sabtu (26/11/2016),

  • Martin Manurung Harapkan Pasar Rakyat Lumban Julu Dirawat Baik

    2 tahun lalu

    Tobasa (Pelita Batak):Setelah diresmikan pada Jumat, 16 Februari 2018, Pasar Rakyat Lumban Julu resmi hadir sebagai pasar kecamatan termegah di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa). Peresmian sekaligus ser

  • Kantor Camat Medan Tuntungan Diresmikan

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Walikota Medan Drs. H T Dzulmi Eldin S, M.Si meresmikan Kantor Camat Medan Tuntungan di Jl. Bunga Melati, Kecamatan Medan Tuntungan, Selasa (16/1) yang ditandai dengan pemotongan

  • Friedrich Silaban Disebut "By the Grace of God" Oleh Soekarno

    4 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak) : Lahir di Bonandolok, Sumatera Utara, 16 Desember 1912, Friedrich Silaban hanya bersekolah di HIS Narumonda, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, dan Koningin Wilhelmina School, sebuah sekolah teknik di Jakarta.

  • Kajian QBE : Banyak Perusahaan Indonesia yang Tidak Siap Menanggulangi Risiko Bisnis

    3 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak) :Kajian terbaru dari QBE Insurance menunjukkan bahwa sebagian besar perusahaan Indonesia tidak memiliki kesiapan untuk menghadapi krisis. Hanya 54% dari perusahaan-perusahaan ya

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb