• Home
  • News
  • Anggota DPD RI Pdt Willem TP Simarmata: Sudah Sepantasnya Erupsi Sinabung Ditetapkan Sebagai Bencana Nasional
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 03 Maret 2021 18:18:00

Anggota DPD RI Pdt Willem TP Simarmata: Sudah Sepantasnya Erupsi Sinabung Ditetapkan Sebagai Bencana Nasional

BAGIKAN:
IST|Pelita Batak
Anggota Komite III DPD RI Pdt Willem TP Simarmata
Medan (Pelita Batak):
Anggota DPD RI Pdt Willem TP Simarmata mengatakan bencana erupsi gunung Sinabung sudah layak ditetapkan sebagai bencana nasional. Erupsi terjadi sejak 27 Agustus 2010, dan kemarin kembali memindahkan lahar ke udara setinggi 5.000 meter. Bencana ini sudah menimbulkan kerugian yang cukup besar baik secara ekonomi maupun sosial budaya.

Hal itu dikatakan Anggota Komite III DPD RI itu untuk mendorong pemerintah menganalisis kondisi saat ini menjadi perhatian serius. "Sudah cukup lama, erupsi terjadi terus menerus sehingga mengganggu kehidupan masyarakat sekitar. Sudah sepantasnya erupsi gunung sinabung ditetapkan sebagai bencana nasional," kata Pdt Willem ketika diminta tanggapannya terkait erupsi gunung Sinabung yang terjadi lagi kemarin,Rabu (3/3/2021).

Menurutnya, erupsi Sinabung yang telah berlangsung bertahun-tahun sudah memprihatinkan. "Rakyat sudah sangat menderita. Lahan pertanian tidak produktif lagi karena tertutup debu erupsi," katanya.

Selain itu, sejumlah luas lahan pertanian kini tidak bisa dimanfaatkan warga lagi karena masuk zona merah erupsi. Jadi kondisinya sangat membutuhkan perhatian serius dan penanganan komprehensif sangat dibutuhkan. 

Pdt Willem juga melihat posisi saat ini, bahwa warga semakin terancam ketika erupsi kembali terjadi sehingga mengganggu kesehatan warga. "Anak-anak tentu sangat terganggu dengan kondisi ini. Kesehatan mereka sangat terganggu. Bisa kita bayangkan,  anak-anak pada usia sekolah tidak lagi memikirkan pendidikan mereka," ujarnya.

Di lain sisi, Pdt Willem berharap warga terdampak erupsi agar tetap waspada dan mengutamakan keselamatan diri dan keluarga. "Dengan tetap mengawasi dan saling menjaga anggota keluarga masing-masing, maka dampak bencana akan bisa diminimalisir," ujarnya.

Kepada pemerintah Kabupaten Karojuga dihinbau agar terus melakukan penanganan yang terukur untuk warga terdampak erupsi Sinabung yang terjadi hingga kemarin. "Pemkab jangan sampai lengah, tetap berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan pusat agar kendala dalam penanganan warga terdampak bencana bisa ditangani dengan benar," ujarnya. (Tap)
  BeritaTerkait
  • Pengungsi Sinabung Harus Tinggalkan Posko

    5 tahun lalu

    Semua pengungsi erupsi gunung sinabung, Kabupaten Karo, Sumut harus ditempatkan di lokasi relokasi yang sudah ditentukan. Hal itu sesuai instruksi Presiden RI Joko Widodo yang meberikan tenggang waktu hingga akhir tahun 2016.

  • Toko Tani Indonesia dan Galeri Pangan Lokal Khas Sumut Dibuka

    5 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi meminta seluruh kepala daerah (bupati maupun walikota) di Sumut untuk jeli melihat potensi pangan loka

  • Semua Pihak Diajak Bangun Ekonomi Sumut

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) mengajak semua pihak, baik itu jajaran pemerintah, pelaku usaha, akademisi, maupun seluruh masyarakat untuk selalu optimis dan semangat serta selalu bersinergi membangun perekonomian Sumatera Utara.

  • Pangdam I/BB Kunjungi Korban Erupsi Sinabung di Siosar

    4 tahun lalu

    Karo (Pelita Batak):Disela-sela kunjungannya ke Mako Yonif 125/Si'mbisa, Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri melaksanakan kunjungan ke pemukiman relokasi dampak bencana erupsi Gunung Sinabung s

  • Pembukaan Jambore Kesiapsiagaan Bencana

    3 tahun lalu

    Deli Serdang (Pelita Batak):Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi mengungkapkan Sumut memiliki risiko tinggi untuk terpapar dan terkena bencana. Selama kurun waktu 2015-2016 telah terjadi

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb