• Home
  • News
  • Akses Jalan Masuk Mobil Ambulance di TPU Simalingkar B Diperkirakan Selesai 2 Hari Lagi
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 01 April 2020 21:15:00

Akses Jalan Masuk Mobil Ambulance di TPU Simalingkar B Diperkirakan Selesai 2 Hari Lagi

BAGIKAN:
IST | Pelita Batak
Medan (Pelita Batak):
Pemko Medan melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Medan terus mempersiapkan akses jalan masuk mobil ambulan untuk mengangkut jenazah di Taman Pemakaman Umum (PTU) Simalingkar B, Kecamatan Medan Tuntungan. Diperkirakan, proses pengerjaan akan rampung dalam dua hari kedepan. Dengan demikian mobil jenazah akan mudah memasuki lokasi pemakaman guna mendukung kelancaran prosesi pemakaman jenazah.

Di lokasi pemakaman ini, Pemko Medan juga telah menyediakan lahan untuk mengebumikan khusus pasien Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang meninggal dunia. Penyediaan lahan ini dilakukan sebagai antisipasi apabila terjadinya penolakan dari warga atas jenazah positif Covid-19 yang hendak dimakamkan di pemakaman umum.

"Proses pengerjaan jalan masuk mobil ambulan terus dilakukan. Alhamdulillah, berkat kerja keras yang dilakukan, kita perkirakan dalam dua hari ke depan akan selesai sehingga mobil ambulance dengan mudah memasuki lahan perkuburan," kata Kadis DKP Kota Medan HM Husni di Medan, Rabu (1/4).

Proses pengerjaan berjalan lancar, puluhan pekerja tampak terus bekerja untuk menyelesaikan jalan masuk untuk mobil ambulance tersebut. Pengerjaan juga melibatkan petugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan agar cepat selesai. Satu unit alat berat milik Dinas PU juga diturunkan untuk mempercepat proses penyelesaian.

Plt Kadis PU Kota Medan Zulfansyah juga turut serta dalam pengerjaan jalan masuk untuk mobil ambulance.  Zulfansyah pun tampak berulangkali memberikan instruksi kepada sejumlah pekerjanya guna mempercepat penyelesaian. "Usai pembukaan akses jalan masuk untuk mobil ambulance, kita kemudian melakukan pengerasan. Kita harapkan dalam dua hari ini pengerjaannya selesai," jelas Zulfansyah.

Terkait adanya penolakan warga yang tidak menginginkan jenazah korban Covid-19 dikebumikan di TPU Simalingkar B, Kecamatan Medan Tuntungan telah menggelar sosialisasi dan edukasi terkait Panduan Protokol Pengurusan Jenazah Pasien Covid-19 di Balai Pertemuan Kantor Camat Medan Tuntungan, Jalan Bunga Melati, Senin (30/3).

Dalam sosialisasi, juga diputarkan video tentang proses penanganan jenazah pasien Covid-19 yang dilakukan dalam beberapa fase. Selain selalu disemprotkan cairan disinfektan, juga ketika sudah di masukkan ke dalam peti jenazah dan hendak di masukkan ke dalam mobil jenazah atau ambulance, tetap dilakukan penyemprotan sebelum dibawa menuju pemakaman.

Bahkan, melalui aturan dan peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah, pemakaman jenazah pasien boleh dikuburkan harus memenuhi sejumlah ketentuan, seperti pemakaman berjarak 500 meter dari pemukiman warga. Kemudian, lokasi kuburan berada 50 meter dari sumber mata air tanah. Begitu juga dengan kedalaman dan ketinggian tanah yang akan menutup liang kubur. (H|TAp)
  BeritaTerkait
  • Langkah dan Antisipatif yang Dilakukan Pemko Medan Atasi Covid-19

    4 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Jauh hari sebelum Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) menerpa Kota Medan, Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi bersama sejumlah organisasi perangkat dae

  • Pemantauan Jalan Alternatif Pasar Induk-Simpang Selayang

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi memantau langsung  pengerjaan jalan altrnatif (tembus) yang tengah dilakukan guna menghubungkan  Pasar Induk Lau Cih dengan Si

  • Kronologi Tersendiri Penganiayaan Sebastian Hutabarat di TKP, Tempat Diskusi dan Minum Kopi

    3 tahun lalu

    08:15-08:20 Sepeninggal JM, SH ditarik kembali ke tempat diskusi dan minum kopi mereka sebelumnya. JS dan anggotanya mulai memaki-maki dan memukuli SH. Berkali kali Jautir menyebut siapa dirinya, dan

  • Jalan Dengan Segala Aspeknya

    2 tahun lalu

    Oleh: Ronsen PasaribuIngin tahu, kita bicarakan ihwal pentingnya pengaturan jalan bagi manusia.Jalan ya jalan. Tanpa butuh definisi, kita paham apa arti jalan. Hanya ada yang membedakan istilah di ber

  • 111 Tahun, Direksi Diminta Tumbuhkan Rasa Memiliki untuk Memajukan Tirtanadi

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):PDAM Tirtanadi Sumatera Utara harus dapat mencapai target cakupan pelayanan air minum di Medan sebesar 85 persen sebelum tahun 2019.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb