KSP Makmur Mandiri
Kamis, 06 Februari 2020 16:07:00

ASN Labuhanbatu Belum Gajian

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Ilustrasi
Labuhanbatu (Pelita Batak):
Pemkab Labuhanbatu kembali diterpa isu miring. Setelah disebut-sebut bangkrut, kini sejumlah ASN mengaku belum menerima gaji bulan Februari 2020, walaupun sudah dipenghujung pekan pertama.

Tentu, kondisi mirisnya situasi keuangan Pemkab Labuhanbatu, membuat kegelisahan sejumlah ASN di kabupaten yang telah dimekarkan tersebut.

Menurut IS (50) ASN di salahsatu OPD, Kamis (6/2/2020), gaji yang belum diterima mereka menimbulkan keresahan, terutama dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari di keluarganya.

"Beruntung bagi yang memiliki pendapatan lain. Kalau saya cuma itu yang diharapkan," keluhnya ketika bertemu di Rantauprapat.

Biasanya, IS sudah dapat menikmati haknya sejak beberapa hari yang lalu. Namun, kini dia masih heran apa penyebab gaji mereka belum dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Hal senada diungkapkan BD (58) seorang ASN berbeda OPD. Karena khawatir akan sesuatu hal, dirinya tidak memiliki keberanian mempertanyakan penyebab gajinya tidak kunjung dibayarkan.

“Takut juga nanyanya, entar ada apa-apa pula sama kita. Apalagi saya mendengar isu keuangan Labuhanbatu sedang gawat," bebernya.

Diakui ayah empat anak itu. Akibat belum dibayarkannya hak mereka, beberapa kegiatan sekolah anaknya tergendala. "Seharusnya saya sudah bayar uang les dan latihannya. Malu juga jadinya," ujarnya.

Sementara, Sekda Labuhanbatu, Ahmad Muflih ketika dimintai tanggapan penyebab maupun kebenaran telatnya pembayaran gaji ASN, hingga kini belum berkomentar, walau pesan via WhatsApp yang dikirim tertanda diterimanya.

Sebelumnya, sejumlah media mempublikasikan bahwa puluhan paket proyek fisik tahun 2019 yang telah selesai dikerjakan, hingga kini belum dibayarkan. Katanya, itu disebabkan kritisnya kondisi keuangan Pemkab Labuhanbatu.

Namun jauh sebelumnya, Sekda Labuhanbatu, Ahmad Muflih menerangkan, faktor rekanan belum menerima uang proyek dikarenakan kesiapan administrasi yang disediakan rekanan, belum mendukung.

Labura dan Labusel Tidak Ada Masalah

Kondisi murung para ASN di Pemkab Labuhanbatu ternyata tidak dirasakan oleh abdi negara yang bertugas di wilayah Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) dan Labuhanbatu Utara (Labura).

Bagaimana tidak, dua kabupaten hasil pemekaran dari Labuhanbatu sekitar tahun 2008 silam tersebut, ternyata tidak memiliki masalah ataupun kendala terkait pembayaran gaji ASN.

Kadis Kominfo Pemkab Labusel, M Irsan Arini maupun Kadis Kominfo Pemkab Labura, Sugeng dihubungi terkait hak ASN setiap bulannya, mengaku tidak terjadi sendatan pembayaran gajinya.

Kedua pejabat bidang komunikasi tersebut mengakui, gaji ASN untuk bulan Januari maupun Februari tahun 2020 sudah dibayarkan. "Sudah dibayarkan, kita tidak ada gendala," begitu pengakuan Irsan maupun Sugeng. (TAp|J)
  BeritaTerkait
  • Ephorus HKBP Pastikan Medis dan Pegawai Rumah Sakit HKBP Balige Terima hak Gaji

    12 bulan lalu

    Balige(Pelita Batak): Pimpinan HKBP Ompu i Ephorus Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing mengunjungi Rumah Sakit HKBP Balige yang didampingi Praeses HKBP Distrik XI Toba Hasundutan Pdt. Donda Simanjuntak, S.Th

  • Ajak Siswa Waspada Hoax, Kapolres Labuhanbatu Pembina Upacara di SMK Pemda Rantauprapat

    5 bulan lalu

    Labuhanbatu (Pelita Batak):Sebagai bagian dari upaya sosialisasi masyarakat khususnya generasi muda terhindar dari hasutan berita bohong (hoax), Kapolres Labuhanbatu, AKBP Agus Darojat bertindak sebag

  • Pilkada 2020, Sosok Kaum Millenial Warnai Balon Bupati Labuhanbatu

    5 bulan lalu

    Labuhanbatu (Pelita Batak):Ridwan Dalimunthe mendaftar ke Partai Nasdem dan Partai Perindo menjadi Balon (bakal calon) Bupati Labuhanbatu pilkada serentak 2020 mendatang. Selasa (15/10/2019). Pria yan

  • Oknum Polantas Peras Pengendara, Kemana Warga Melapor

    3 tahun lalu

    Jalinsum (Pelita Batak) :Ada saja ulah oknum Polisi yang mencoreng marwah dinasnya. Seperti oknum Polisi Lalu Lintas (Polantas) yang terekam video warga melakukan pungutan liar (pungli), diperiksa Bidang Propam Polda Sumatera Utara (Sumut). Dalam video be

  • Kantor TKBM Pelabuhan Belawan Tutup, Ribuan Buruh Tak Gajian

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Buruh tenaga kerja bongkar muat dan pengurus koperasi yang tergabung di Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Upaya Karya, Pelabuhan Belawan hingga kemarin, Rabu (2/11/206) belum gajian.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb