• Home
  • News
  • 7 Nama Komisioner KPID Sumut Beredar Dua Versi
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 20 Mei 2016 22:15:00

7 Nama Komisioner KPID Sumut Beredar Dua Versi

BAGIKAN:
Ketua Komisi A DPRD Sumut Sarma Hutajulu saat berdialog serius dengan Koordinator Peduli KPID Sumut Fakhruddin Pohan.


Medan (Pelita Batak)

Dugaan suap pemilihan komisioner KPID Sumut tampaknya semakin jelas. Buktinya, tujuh nama yang telah ditetapkan Komisi A DPRD Sumut, Rabu (18/5/2016) kemarin, telah beredar ke tengah publik. Berdarnya dalam bentuk dua versi.

Informasi diperoleh, Jumat (20/5/2016) mengatakan, beredar dua versi tujuh nama Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumut, lantaran masing-masing calon diduga membayar meminta kepastian nama mereka masuk dalam daftar yang ditetapkan.

Sehingga, dari masing-masing anggota Komisi A yang jadi 'pemain' tidak bisa menolak ketika calon yang diduga membayar meminta daftar nama yang ditetapkan untuk dikirim.

Seharusnya, ketujuh nama belum bisa diketahui oleh publik sebelum disahkan pimpinan DPRD Sumut untuk diserahkan ke Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi. Tetapi, akibat adanya dugaan suap yang terjadi, ketujuh nama itu kini sudah diketahui oleh masyarakat.

Dua versi ketujuh nama beredar dari pesan berantai yang dikirim melalui ponsel kepada publik. Padahal, sejauh ini Komisi A DPRD Sumut secara kelembagaan belum mengumumkan ketujuh nama tersebut.

Ketua Komisi A DPRD Sumut Sarma Hutajulu dikonfirmasi melalui telpon seluler sampai saat ini belum bisa memberikan penjelasan. Nomor telpon selulernya 081361249177 ketika dihubungi berbunyi 'tekan pesan anda'. Meski dikirim pesan namun Sarma tidak kunjung menjawab.

Sementara, Koordinator Peduli KPID Sumut Fakhruddin Pohan menegaskan, kebocoran yang terjadi atas ketujuh nama Komisioner KPID Sumut, jika benar beredar dalam bentuk dua versi ke tengah publik, ini membuktikan bahwa kinerja Komisi A DPRD Sumut patut dicurigai kejujurannya.

"Ini bukti Komisi A blunder. Malu kita, bobrok sekali kerja mereka, hanya pimilihan setingkat KPID saja mereka seperti ini, bocor entah kemana-mana nama-nama yang mereka pilih," kata Fakhruddin.

Seharusnya, kata Fakhruddin, hasil uji publik yang mereka lakukan yang seharusnya beredar ke tengah publik. Namun sebaliknya, belum diumumkan sudah beredar dua versi nama-nama komisioner yang mereka tetapkan.

"Persoalan ini harus disikapi segera oleh Pimpinan DPRD Sumut, dan Gubernur Sumut harus cepat tanggap agar situasi Sumut tetap kondusif. Batalkan proses pemilihan KPID Sumut ini karena sudah menabrak peraturan dan melanggar proses hukum," tegas Fakhruddin alias Kocu.

Berikut daftar nama Komisioner KPID Sumut yang beredar dalam bentuk dua versi;

Versi Pertama:

1. Abdul Jalil, Pensiunan PNS (mantan kepala biro hukum Pemprov Sumut)
2. Adrian Azhari Akbar Harahap, Pengusaha (Pemborong Kontraktor)
3. Parulian Tampubolon, (incumbent KPID Sumut)
4. Ahmad Zulfikar, Jurnalis MNC
5. Mutia Atika, (incumbent KPID Sumut)
6. Muhammad Syahrir, mantan Caleg Partai Gerindra 2014 dan mantan Ketua PWI Sumut
7. Nahot Tua Parlindungan, Dosen HKBP Nomensen

Versi Kedua:

1. Selamet Widodo, Caleh dari PKS tahun 2014 (pengusaha batik)  
2. Ade Wahyuni Azhar Harahap, Dosen
3. Ramses Simanulang, Pendeta (Ketua PGI)
4. Rahmad Karo-karo, Pensiunan PNS (mantan Humas Pemkab Sergai)
5. Ryan Sukma Rangkuti, Wakil Ketua KNPI Sumut
6. Jaramen Purba, PNS (mantan Sekretaris KPID Sumut)
7. Zainul Arifin Siregar, Kepala Biro Majalah Forum Keadilan

(TAp)

  BeritaTerkait
  • Komisioner KPID Sumut Periode 2016-2019 Belum Bisa Dilantik?

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Tengku Erry Nuradi menegaskan, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) belum bisa memastikan kapan melantik Anggota KPID (Komisi Penyiaran Indonesia Daerah) Sumut periode 2016-2019, meskip

  • Forum Masyarakat Peduli Penyiaran Sehat Kota Medan Terbentuk

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi mengapresiasi atas terbentuknya forum masyarakat peduli penyiaran sehat kota Medan. Kehadiran forum ini diharapkan menjadi perpanjang tan

  • 'Horas Amang' Segera Tayang di Layar Lebar

    7 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Budaya dan adat istiadat masyarakat Batak kembali diangkat ke layar lebar. Horas Amang, sebuah film bergenre drama keluarga akan hadir di sejumlah bioskop tanah air.Film yang disu

  • Pahitnya Kehidupan Antarkan DL Sitorus 'Rebut' Kesempatan Hidup

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Ternyata kisah hidup yang pahit semasa kecil yang menempah DL Sitorus atau pemilik nama lengkap Darianus Lungguk memaksanya untuk merebut kehidupan yang sukses itu baginya. Bukan

  • Peran Masyarakat Mutlak Upaya Menekan Pengaruh Negatif Lembaga Penyiaran

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Peran aktif masyarakat dalam upaya menekan dampak negatif siaran yang ditayangkan lembaga penyiaran, mutlak adanya. Peran aktif ini bukan saja berdampak bagi penonton atau pemirs

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb