• Home
  • News
  • 30 Da'i Al Washliyah SUMUT Ikuti Bimtek Penguatan Kompetensi Penceramah
KSP Makmur Mandiri
Senin, 19 Oktober 2020 15:45:00

30 Da'i Al Washliyah SUMUT Ikuti Bimtek Penguatan Kompetensi Penceramah

BAGIKAN:
Ist| pelita Batak
Medan (Pelita Batak):
Sebanyak 30 Da'i Al Washliyah SUMUT mengikuti bimbingan teknis Penguatan Kompetensi Penceramah Agama yang digelar Kantor Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara pada Rabu (14/10/2020).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Utara  Drs. H. Syahrul Wirda, MM mengatakan dalam sambutannya bahwa pelaksanaan bimtek ini merupakan tindak lanjut dari kebijakan Menteri Agama pada November 2019 lalu tentang program pembinaan dan penguatan kompetensi para pendakwah/penceramah agama. Menurutnya,  program ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan bimbingan kepada umat Islam di Indonesia.

“Penceramah merupakan faktor utama dan sangat penting dalam memberi penerangan dan pemahaman serta pencerahan di tengah umat. Maka dari itu, program ini sebagai acuan untuk menyatupadukan visi bersama, komitmen bersama dan meyatukan derap langkah sebagai pendakwah yang berkualitas, berwawasan tinggi, keterampilan, dan profesionalitas,” jelasnya.

Syahrul Wirda menekankan,  bimtek ini bukanlah kegiatan yang bertujuan mengeluarkan sertifikat boleh atau tidaknya penceramah melaksanakan tugas dakwah di masyarakat. Program ini, lanjutnya, dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi penceramah agama, baik pada aspek  teori maupun metodologi, utamanya dalam merespon tantangan dakwah di era millenial. 

“Ini sifatnya sukarela. Kita ingin menampilkan bagaimana Islam yang rahmatan lil ‘Alamin. Maka dari itu, kita harus bersama-sama melaksanakan misi mulia ini. Tentu akan lebih baik kita punya pandangan yang sama, teori dan metodologi yang kita diskusikan bersama, serta terwujud keamanan dan kenyamanan dalam berbangsa dan bernegara,” ungkapnya.

Ketua panitia H. Tuah Sirait, MA melaporkan bahwa kegiatan ini digelar se-Indonesia untuk menguatkan kompetensi dan literasi para Da'i. 

"Untuk Sumatera Utara tahun ini kita mendapat kuota 300 peserta yang dibagi menjadi 3 angkatan. Semoga tahun depan dapat bertambah sehingga semua ormas Islam di Sumut terakomodir dalam program Penguatan Kompetensi Penceramah Agama ini," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Dakwah PW Al Washliyah SUMUT, Drs.H. Junaedi Husda,  MM mengapresiasi kegiatan ini. "Kami berterimakasih kepada panitia dan mengapresiasi Kanwil Kemenagsu dan kedepan harapan kami kuota peserta dari Al Washliyah ditambah mengingat jumlah Da'i kami sangat banyak yang tersebar di Sumatera Utara," harapnya.(*)
  BeritaTerkait
  • Ketua DPD ALPEKSI Sumut, Kapasitas SDM Kata Kunci Sumut Memenangkan MEA

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Kapasitas sumber daya manusia (SDM) yang bermutu adalah kata kunci Provinsi Sumatera Utara untuk bisa menghadapi dan memenangkan era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Sebagai

  • KPK Harapkan Kabupaten Kota Bisa Ikuti Langkah Pemprov Sumut

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi melakukan soft launching Aplikasi Elektronik Sistem Usulan Musrenbang Terintergrasi Provinsi Sumut (E-Sumut) di Hotel Santika Medan Senin (28/11/2016).

  • Rapat Perdana: PIKI Sumut Ambil Peran Strategis Sumbang Pembangunan di Sumut

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia (PIKI) Provinsi Sumatera Utara (DPD PIKI-SU) melakukan pembenahan dan penguatan internal. Mendorong pertumbuh

  • Konsolidasi Kepemimpinan Polri dan Makna Reformasi Polri Terhadap Nawacita

    2 tahun lalu

    Oleh : Firman Jaya Daeli (Mantan Tim Perumus UU Polri Dan Anggota Komisi Politik & Hukum DPR-RI)Institusi Polri di bawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Pol. Prof. Tito Karnavian, MA, Ph.D sudah sem

  • Kebijakan Bupati Zahir Lantik Pejabat Eselon di Batubara Diapresiasi Tokoh Masyarakat

    6 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Kebijakan Bupati Batubara Ir Zahir MAP dalam menempatkan dan mengangkat pejabat eselon di lingkungan kerjanya mendapat apresiasi dari tokoh masyarakat Sumut. Sesuai Surat keputusa

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb