• Home
  • News
  • 'Little India Gate' Pererat Hubungan Antar Umat di Medan
KSP Makmur Mandiri
Minggu, 18 Februari 2018 16:26:00

'Little India Gate' Pererat Hubungan Antar Umat di Medan

BAGIKAN:
ist|Pelitabatak
Medan (Pelita Batak):
Walikota Medan. Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si, meletakkan batu pertama pembangunan "Little India Gate" di persimpangan Jalan Zainul Arifin - T. Umar Medan, Minggu (18/2). Peletakan Batu Pertama di pondasi bangunan ini menandakan dimulainya pembangunan "Little India Gate" di Kota Medan.

Di hadapan Konsul Jendral India, Dr Shalia Shah, Anggota DPD RI, Parlindungan Purba, Dandim 0201/BS, Kol. Inf. Bambang Herqutanto, Ketua DPRD Medan, Jhon Hendri Hutagalung, Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Nanda Ramli dan tokoh masyarakat H. Syamsul Arifin yang menghadiri acara itu, Walikota mengapresiasi usaha masyarakat dalam mewujudkan pembangunan ini. Dirinya mengatakan, Little India Gate ini bukan berarti gerbang pembatas hubungan antar etnis di Medan melainkan sebagai perekat hubungan tali persaudaraan antar umat dan antar etnis di Kota Medan.

"Gerbang ini merupakan sebuah perwujudan eksistensi warga etnis India yang telah sekian lama berakulturasi ke dalam budaya lokal. Di Medan, ini juga menjadi cerminan wujud toleransi yang tinggi antar warga kota," ucap Walikota yang sesaat sebelum meletakkan batu pertama dipakaikan Talpa oleh panitia pembangunan.

Walikota juga menyebutkan, sebagai kota berbilang kaum, Medan tidak pernah membatasi siapa pun yang ingin menjadi bagian dari sejarah  kota ini. Selain delapan suku asli yang menjadi penghuni awal Provinsi Sumatra Utara, Medan juga dipenuhi oleh suku pendatang antara lain suku Jawa, Minangkabau, China, dan tentunya juga India. Kini Medan telah menjadi kota multikultural yang tinggi nilai toleransinya.

Dalam acara yang berlangsung sederhana dan ditandai dengan berbagai prosesi budaya India itu, Walikota menyampaikan harapannya bahwa dengan kehadiran Little India Gate ini akan kian menambah wawasan kebangsaan warga Medan. Sehingga warga bisa lebih menghargai perbedaan yang ada di Medan. "Dan tentunya menjadikan perbedaan tersebut sebagai sumber kekuatan yang mempersatukan masyarakat Medan," lanjutnya.

Sebelumnya, tokoh masyarakat H. Syamsul Arifin yang didaulat memberi sambutan juga berharap agar pembangunan ini terus berlanjut. Jangan hanya semangat di awal, namun tidak sampai pada penyelesaian. "Start memang mudah, mencapai finish yang perlu semangat, kerja keras, dan komitmen yang kuat," ucap Syamsul.

Dalam ksempatan itu,  Ketua Gema Sadhana, A.S. Kobalen, menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Walikota Medan, karena telah menunjukkan dukungan penuh terhadap pembangunan gate ini. Bagi mereka ini menunjukkan bahwa Walikota Medan benar-benar menghargai kebhinekaan yang ada di kota ini.

"Dan sejak masa Bapak Dzulmi Eldin, acara keagamaan maupun kebudayaan India mendapat perhatian yang cukup baik. Ini kami rasakan dampaknya dan akan terus kami kenang," ungkapnya. (HS|Tap)
  BeritaTerkait
  • Bangun Rasa Kebersamaan dan Persaudaraan Melalui Perayaan Deepawali

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Ribuan umat Hindu yang ada di Kota Medan menyaksikan  Perayaan Deepawali 5119 Kaliyuga  di lahan kosong bekas Taman Ria Jalan Gatot Subroto Medan, Sabtu (28/10) malam. M

  • Little India di Medan

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Wali Kota Medan  Drs H T Dzulmi Eldin S MSi meresmikan Gapura Little India di Jalan KH Zainul Arifin, Sabtu (27/10) malam. Kehadiran gapura yang berada di Kampung Madras ini

  • Usai Ikat Kerjasama, Ephorus Berikan Kuliah Umum di Universitas Islam Negeri Banda Aceh

    tahun lalu

    Banda Aceh (Pelita Batak):Pimpinan HKBP Ompu i Ephorus Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing memberikan kuliah umum di Universitas Islam Negeri (UIN) Ar - Raniry Banda Aceh bertempat di Gedung Museum UIN Ar -

  • Perayaan Natal BKAG, Tebarkan Nilai Kebaikan dan Kedamaian Bagi Siapapun

    10 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Umat Kristiani diajak untuk senantiasa mengamalkan nilai-nilai baik yang diajarkan Tuhan dalam kehidupan sehari-hari terlebih dalam bersosialisasi di tengah-tengah keberagaman hid

  • Ini Rangkaian Perayaan Deepavali 2016 di Medan

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Diperkirakan sekitar 3.000 umat Hindu dari seluruh penjuru Kota Medan akan menghadiri Perayaan Deepavali 5118 Kaliyuga di Jalan T Cik Ditiro, persis depan Kantor Dinas Pendidikan Sumatera Utara, Sabtu (26/10). Selain doa

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb