KSP Makmur Mandiri
Sabtu, 01 Agustus 2020 08:14:00

Wisata Keindahan Alam Desa Asri di Humbahas

BAGIKAN:
IST|Pelita Batak
BERKUNJUNG ke pelosok daerah pedesaan bisa menjadi salah satu alternatif lain untuk menikmati keindahan alam yang masih sangat terjaga kealamiannya.

Salah satu daerah yang bisa anda kunjungi untuk menikmati keindahan serta keasrian alam yang masih terjaga ialah daerah Sosorgadong, Banuarea Dolok, Lumban Marbun, Gadong Dolok, Saba Gotting dan lain lain.

Di sebuah perbukitan yang letaknya di Desa Banuarea, anda bisa menikmati keindahan alam yang masih sangat terjaga keasriannya. Desa tersebut tepatnya terketak di berbagai dusun seperti Sosorgadong, Banuarea Dolok, Lumban Marbun, Gadong Dolok, Saba Gotting dan lain lain.

Di desa tersebut kawasan deretan perbukitan yang megah menjadi salah satu panorama yang sangat indah dan bisa anda nikmati nuansa alam dan kesejukannya.

Menurut Welldy Simanullang, salah seorang warga sekitar, bukit tersebut juga menjadi salah satu rute jalan bagi para masyarakat sekitar untuk menuju ke ladang bertani, Maragat (Sebutan bagi petani nira) juga mencari pakan ternak.

"Perbukitan tersebut, sering digunakan masyarakat sekitar sebagai jalan menuju ke ladang atau hutan untuk mencari pakan ternak dan menuju ke sawah, Maragat (itu bagi petani yang mengolah air nira/enau) atau mengambil air nira yang di fermentasi jadi tuak, kadang mereka juga beristirahat disekitar perbukitan tersebut, setelah dari ladang," ujar Welldy Simanullang

Dari desa Banuarea tersebut, anda bisa melihat deretan bukit yang megah dan menawan. Panorama landscape yang eksotis juga bisa anda lihat ketika pagi hari.

Di pagi hari kabut-kabut tebal yang masih menyelimuti sekitar bukit, tampak bergelombang dan perlahan bergerak menghilang, menjadi pemandangan nan elok.

Di pegunungan desa Banurea tersebut, ekosistem alamnya masih sangat terjaga dengan baik, udara alamnya masih bersih, dan belum banyak tercemar.

Perbukitan hijau yang subur ditumbuhi beragam pepohonan yang rindang, menambah nuansa asli hutan disekitar lereng pegunungan tersebut.

Ekosistem alam yang masih sangat terjaga di sekitar lokasi pegunungan desa Bnuarea tersebut, membuat hewan-hewan habitat asli di tempat tersebut masih banyak bisa anda temui.

Burung-burung yang hinggap di pepohonan hutan, masih bisa anda temui dan beragam kicauannya yang indah dan khas masih bisa anda dengarkan sepanjang hari.

Di pagi hari udara di desa pegunungan desa Banuarea tersebut sangat dingin, menyebabkan anda harus memakai jaket tebal ketika berada di lokasi tersebut.

Untuk melihat lebih jelas, panorama landscape deretan pegunungan dan bukit yang megah, di sekitar lokasi desa tersebut spot spot pandang yang alami. Menurut Welldy Simanullang, spot pandang tersebut, merupakan titik titik view terbaik di desa perbukitan desa Banuarea ini.

"Ada beberapa spot pandang, misalnya Sosorgadong, Banuarea Dolok, Lumban Marbun, Gadong Dolok, Saba Gotting dan lain lain. Dari titik spot pandang tersebut, view deretan pegunungan kecamatan ini, kevamatan Pakkat bisa seluruhnya terlihat, karena di titik lainnya, kita akan terhalang pohon-pohon besar untuk melihat panorama alam disekitar sini," paparnya.

View panorama akan lebih indah lagi kalau dibuatkan gardu pandang dan spot foto. Spot pandang bisa dibuat misalnya dengan memanfaatkan pohon-pohon yang ada disekitar.

Dari desa Banuarea tersebut anda akan melihat sebuah sungai yang berkelok indah, rasanya seperti berada tepat dibawah kalau dari kejauhan. Kelokan sungai Sibambanon, mengalir dari Dolok Pinapan hingga Purba Bersatu Pakkat.

Di lereng perbukitan tersebut anda juga akan menemukan sebuah mata air yang airnya masih sangat jernih. Mata air tersebut menjadi sumber air minum juga digunakan sebagai pengairan bagi ladang dan sawah masyarakat desa Banuarea di sekitar lereng.

Disamping pemandangan indah, Sampuran Napa (Air Terjun Napa). Menurut Welldy Simanullang, Untuk menuju ke air tejun tersebut, anda harus berjalan kurang lebih sejauh 850 Meter, dengan medan perbukitan yang naik turun. Warga disini akan siap mendampingi untu kesana.

Di pagi hari yang cerah, cahaya matahari yang menyinari punggung pegunungan, menjadikan kontras warna hijau yang menawan pada lekukan-lekukan pegunungan di desa tersebut.

Desa Banuarea menjadi salah satu desa yang masih memiliki panorama alam yang masih alami dan indah, ditengah pembangunan kota yang semakin terus meningkat.

Untuk menuju ke desa Banuarea tersebut, dari kota Doloksanggul anda bisa melalui dua jalur jalan. Bisa dari Doloksanggul-Onanganjang-Panggugunan-Sipagabu-Banuarea. Kalau dari Kota Kecamatan Pakkat, anda akan menaiki jalan Pakkat, persimpangan Jalan di Desa Purba Bersatu ke wilayah Rambe hingga tida di simpang Banuarea di Desa Sipagabu. (*)

Sabtu/1 Agustus 2020
Oleh: Bernata Manalu, ST (0852 6151 9848)
  BeritaTerkait
  • Ini Lokasi Wisata Bagus di Humbahas

    4 tahun lalu

    Kabupaten Humbanghasundutan menyimpan panorama alam yang luar biasa untuk dunia pariwisata. Wisata alam, kuliner, wisata air dan yang lainnya bisa memberikan sentuhan pengalaman yang alami dan spektakuler.

  • Lawang Sewu Sudah Biasa, Ini 5 Wisata Semarang yang Paling Anyar!

    3 tahun lalu

    Tidak bermaksud mendiskreditkan Lawang Sewu. Namun, buat kamu yang cukup sering bolak-balik Semarang bisa jadi kamu kepengin tahu tempat wisata di Semarang lainnya yang belum pernah kamu sambangi. Men

  • Ribuan Masyarakat Hadiri Syukuran Tahun Baru 2018 di Bukit Inspirasi Doloksanggul

    3 tahun lalu

    Doloksanggul (Pelita Batak): Ribuan masyarakat dari berbagai elemen hadiri acara syukuran tahun baru 2018 yang dilaksanakan di Perkantoran Bupati Humbahas Bukit Inspirasi Doloksanggul, Jumat 12 Januar

  • Sihar Sitorus: Bakara Merupakan Kawasan Penuh Inspirasi

    3 tahun lalu

    Bakara (Pelita Batak) :Calon Wakil Gubernur (Cawagub) nomor urut dua, Sihar Sitorus kagum dengan keindahan Bakara, Kecamatan Baktiraja, Humbang Hasundutan (Humbahas). Kunjungan di kawasan kerajaan Sis

  • Presiden Tanam Bunga di Pinggir Danau Toba

    4 tahun lalu

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana Joko Widodo dihari ke-4 di Sumatera Utara, menyaksikan pesona Danau Toba dari ketinggian di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Senin (22/8/2016).

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb