KSP Makmur Mandiri
Jumat, 13 Desember 2019 09:17:00

Kabar dari seberang

Selamat Datang Kapolda Baru

Oleh Bachtiar Sitanggang
BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Martuani Sormin
SUMATERA Utara (Sumut) sebagai provinsi dibentuk melalui UU No. 10 tahun 1948 termasuk daerah otonom Aceh waktu itu, ketika  Sumatra terdiri dari tiga provinsi yaitu utara, tengah dan selatan. Kemudian berdasarkan UU No. 24 tahun 1956 tanggal 7 Desember 1956 Aceh menjadi wilayah tersendiri.

Sumut terdiri dari Pulau Nias, pantai barat sampai pantai timur dari perbatasan Aceh sampai perbatasan Sumbar dan Riau dengan luas 72.981,23 Km2. Sejak tahun 1956 sampai sekarang provinsi yang beribukota Medan ini tetap utuh, tidak seperti provinsi lain yang sudah mekar seperti Sumatera Tengah telah menjadi Sumatra Barat, Riau dan Kepulauan Riau; Sumsel bertambah menjadi Bengkulu, Jambi, Lampung dan Bangka Belitung.

Hanya Sumut yang tetap bertahan, akibatnya pembangunan dan peningkatan pelayanan masyarakat seolah terfokus di pantai timur atau sekitar kota Medan, dan sentra produksi seperti perkebunan sawit, karet, tembakau, teh dan hasil pertanian lainnya, seperti sayur dan buah-buahan dari Karo.

Secara tak langsung perputaran perekonomian menjadikan pantai timur semakin tumbuh ditunjang geografisnya dekat dengan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia dengan Selat Malakanya, menjadikan Belawan potensial bagi Sumut dengan Bandara Polonia, (dulu) sekarang Kualanamu Medan.

Peningkatan kesejahteraan dan fasilitas publik di Pantai barat Sumut, (Nias, Kabupaten Tapsel, Tapteng, Taput dan kabupaten pemekarannya) seolah jalan di tempat di bidang pendidikan, pelayanan kesehatan. Terbukti tidak ada rumah sakit dan universitas yang memadai orang sakit masih andalkan RS Adam Malik dan RS Pirngadi Medan.

Demikian juga perguruan tinggi belum memadai kualitas dan kuantitas, anak-anak dari pantai barat dan pegunungan Sumut harus menuntut ilmu ke Medan atau daerah lain di Indonesia.

Paling merepotkan urusan pemerintahan dan administrasi lainnya harus ke Medan,sehingga menghabiskan dana, tenaga dan waktu, sementara penghasilan masyarakat tidak bertumbuh sesuai kebutuhan.

Oleh karenanya, sesuai dengan peningkatan kebutuhan yang tidak seimbang dengan menghasilan, maka "Tapanuli Peta Kemiskinan di Sumatera Utara" yang diungkap Koran sore Harian Umum Sinar Harapan tahun 1982 sampai sekarang kelihatannya masih belum teratasi.

Untuk itulah kita sambut kedatangan Irjenpol Martuani Sormin, putera Lobu Sonak, Lumban Sormin, Pangaribuan Tapanuli Utara sebagai Kepala Kepolisian Daerah Sumut yang baru.

Kita berharap, beliau menjembatani keinginan masyarakat pantai barat Sumut yang telah diwacanakan sejak tahun 1982 untuk menjadi provinsi agar lebih mudah memperoleh pelayanan pemerintahan serta fasilitas pelayanan public yang layak, tidak seperti sekarang ini harus ke ujung, di pinggiran selat Malaka Medan.

Menurut informasi persyaratan untuk berdirinya provinsi Tapanuli sudah terpenuhi, namun menjadi terhenti akibat peristiwa di DPRD Sumut di Medan, di mana Ketua DPRD saat menghadapi unjuk rasa terkena serangan jantung dan wafat, lalu usulan itu tanpa ujung.

Kemudian muncul wacana mau membuat usulan baru dengan Provinsi Danau Toba, itu juga tidak tahu wujudnya.

Dengan kehadiran Martuani yang sangat sadar dan mengetahui karakter warga pantai barat dan pegunungan Sumut, kiranya dapat menghimpun wacana tersebut demi kepentingan msayarakat dan bukan kepentingan partaipolitik, golongan apalagi pribadi.

Menjadi satu provinsi Tapanuli atau Danau Toba sesuai dengan peraturan perundang-undangan, sarana dan prasarana telah tersedia dengan adanya Bandara FL Lumban Tobing dan Silangit serta menghidupkan kembali Pelabuhan Tapian Nauli di Sibolga.

Kendala yang mengganjal selama ini dengan pemahaman sang jenderal, putra Lobu Sonak ini, "Tapanuli Peta Kemiskinan" di Sumut akan dapat diatasi dengan mudah kepada mantan atasannya Jenderal Polisi Tito Karnavian, yang sekarang Menteri Dalam Negeri.

Kehadiran Martuani yang tahu karakter orang Sumut sebagai alasan membedakannya dengan Kapolda sebelumnya, rakyat akan sangat senang kalau penyakit masyarakat segera diberantas seperti toto gelap (togel), yang sungguh menguras keuangan keluarga di Sumut.

Selain itu, masalah penyerapan anggaran pembangunan yang selama ini hampir tidak pernah menjadi titik perhatian di Sumut, mudah-mudahan semua tidak ada penyelewenagan, sebab di daerah lain bahkan ada Desa fiktif, bagaimana di Sumut? Peranan penegak hukum terutama Kepolisian sangat menentukan suksesnya pembangunan dan pemberantasan korupsi. Selamat bertugas jenderal.***

Penulis adalah wartawan senior dan advokat berdomisili di Jakarta.


  BeritaTerkait
  • Selamat Datang Kapolda Sumut yang Baru

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :<br></br> Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi menyambut kehadiran Kapolda Sumut Irjen Pol DR H Rycko Amelza Dahniel

  • Selamat Datang Ke Sumut Pak Wakapolda, Brigjen Pol Agus Andrianto

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi mengucapkan selamat bertugas kembali kepada Brigjen Pol Agus Andrianto sebagai Wakapolda Sumut yang baru dan mengucapkan sela

  • Dihadiri Kapolri, Aplikasi Polisi Kita Dilaunching di Medan

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menghadiri acara launching aplikasi Polisi Kita Polda Sumatera Utara di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (5/2).  Launching la

  • Selamat Datang Kapolda Sumut Paulus Waterpauw

    3 tahun lalu

    Deliserdang (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menepung-tawari Kapolda Sumut yang baru Irjen Pol Paulus Waterpauw saat tiba di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Ser

  • Kapolda Sumut Lepas 2.365 Personil Polri BKO Pengamanan Pilkada 2018

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw melepas keberangkatan personil pasukan BKO Polri ke Satker jajaran Polda Sumut dalam rangka Pengamanan Pilkada Sumut 2018.Turut hadi

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb