• Home
  • Humbahas
  • Menteri Pertanian Tanam Jagung dan Bawang Merah di Humbahas
KSP Makmur Mandiri
Minggu, 21 Juni 2020 13:57:00

Menteri Pertanian Tanam Jagung dan Bawang Merah di Humbahas

BAGIKAN:
IST|Pelita Batak
Doloksanggul (Pelita Batak):
Menteri Pertanian Republik Indonesia, Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH, MH menanam Jabung dan Bawang Merah di Kabupaten Humbang Hasundutan (20/6). Selain menanam jagung dan bawang, Menpan juga melaksanaan panen bawang putih dan peninjauan pembibitan kentang PT. Indofood.

Hadir bersama rombongan, Dirjen Tanaman Pangan, Dr. Ir. Suwandi, M.Sc., Dirjen Perkebunan, Dr. Ir. Kasdi Subagyono, M.Sc., Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian, Dr. Sarwo Edhy, SP, MM., Dirjen Hortikultura, Dr. Ir. Prihasto Setyanto, M.Sc., Kepala Badan Karantina Pertanian, Ir. Ali Jamil, MP, PhD., Staf Khusus Menteri Pertanian. Prof. Imam Mujahidin., Direktur Pupuk dan Pestisida Dr. Ir. Muhrizal Sarwani, M. Sc., Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian. Muhammad Hatta, S.TP, MM., Sekda Provsu Dr. Ir. Hj R Sabrina, M.Si.

Rombongan disambut oleh Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE besama Forkopimda, Pimpinan dan Anggota DPRD, Sekretaris Daerah Drs. Tonny Sihombing, MIP, Staf Ahli, Asisten dan Pimpinan OPD serta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Dalam sambutannya Menteri Pertanian Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH, MH menyampaikan mempercayai Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE oleh karenanya akan terus mensuport, mengasistensi dan menginginkan semua Dirjen Pertanian turun tangan di Kabupaten Humbang Hasundutan dan menjadikan Humbang ini menjadi percontohan.

Tanah Humbang Hasundutan sangat subur, jagung ditanam dipelihara sedikit bisa menghasilkan 10 s/d 15 juta per hektarnya, kalau padi kurang lebih 15 s/d 20 juta hanya dengan waktu 100 hari belum lagi kita menanam bawang, harga bawang sangat mahal. Belum lagi kalau petani menanam kentang, bisa sampai 280 juta/Ha. Belum lagi dengan menggunakan mekanisasi akan lebih baik hasilnya.

Hasil panen bawang putih di Kabupaten Humbang Hasundutan tidak kalah dengan import, namun ada proses dan interpensi yang perlu adalah perbanyak bibit, memberikan permodalan kepada rakyat melalui KUR, mekanisasi, pupuk dan obat-obatan. Pasca panen juga harus dipikirkan sehingga harga tidak turun sehingga semangat petani turun.

Yasin Limpo juga berharap masyarakat Humbang Hasundutan tidak lagi hanya menjual gabah tetapi sudah menjual beras.
Sementara itu Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE menyampaikan terimakasih kepada Menteri Pertanian bersama rombongan yang memberikan waktu perhatian berkunjung ke daerah Humbang Hasundutan.

Pada kesempatan itu juga Dosmar melaporkan kepada Mentan dan rombongan bahwa di Kabupaten Humbang Hasundutan masih banyak lahan tidur dan bisa tersedia 50.000 ha menjadi sumber pangan kalau kami dibantu dan diberikan escavator.

Pada saat ini di situasi Pandemi Covid-19, kami buat program, memberikan bantuan pengolahan lahan dengan menggunakan traktor secara gratis kepada para petani akan tetapi karena keterbatasan alat semenara permintaan sangat banyak sehigga tidak terlayani semuanya, kalau bisa kami dibantu traktor.

Pada acara tersebut, Menteri Pertanian juga memberikan bantuan Alsintan berupa traktor roda 4, Cultivator, traktor roda 2, Bantuan Benih Jagung dan Padi, KUR dari Bank BNI, Mandiri dan BRI, 2 Paket Unit Pengolahan hasil kopi serta Asuransi Usaha Tani Padi dan Asuransi Usaha Ternak Sapi-Kerbau dari Jasindo.

Sebagai tanda terimakasih, Pemkab Humbahas dan Masyarakat memberikan ulos khas Batak Tapanuli kepada Menpan oleh tokoh adat dan tokoh masyarakat.(*)
  BeritaTerkait
  • Melalui Kedaulatan Pangan dan Ekonomi Kerakyatan Menuju Humbang Hasundutan Hebat dan Bermentalitas Unggul

    tahun lalu

    PendahuluanKITA patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kini Kabupaten Humbanghasundutan usianya mencapai 16 Tahun setelah terbentuk menjadi daerah pemekaran otonomi daerah baru salah satunya di I

  • Hasil Gandum & Anggur Makmurkan Bangso Batak Seperti Dinikmati Bangso Yahudi, Eropa dan Amerika

    7 bulan lalu

    Oleh: Maruba SihalohoSelama di rumah sudah lebih dari sebulan karena wabah Covid19 yang kutonton adalah NHK TV dan YouTube mengenai kesempurnaan karya budaya tani, jenis dan rasa makanan  dan min

  • Peduli Pembangunan Humbahas, Kaum Millenial Diskusi Dana Desa untuk Pertanian

    5 bulan lalu

    Humbang Hasundutan (Pelita Batak):Sebagai wujud kepedulian Pemuda Humbang Hasundutan terhadap pembangunan Humbang Hasundutan yang lebih maju khususnya pada sektor pertanian. Pemuda Humbang Hasundutan

  • Tengku Erry Serahkan Bantuan Pertanian untuk Humbahas Rp12 Miliar Lebih

    3 tahun lalu

    Doloksanggul (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menyampaikan bahwa dirinya selalu menyediakan waktu untuk hadir bersama para petani/kelompok tani, penyuluh dan Babinsa

  • Jokowi Targetkan RI Swasembada Protein di 2025

    4 tahun lalu

    Jakaarta (Pelita Batak) : Kebutuhan protein yang didapatkan dari ayam, ikan, hingga daging sapi di Indonesia semakin meningkat. Meningkatnya kebutuhan tersebut sebagai sumber pangan di Indonesia se

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb