• Home
  • Humbahas
  • Bersama Kelompok Tani Hutan "Bersama", TPL Lakukan Penanaman Kemenyan
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 06 Februari 2020 20:24:00

Bersama Kelompok Tani Hutan "Bersama", TPL Lakukan Penanaman Kemenyan

BAGIKAN:
Abed Ritonga | Pelita Batak
Parlilitan (Pelita Batak):
PT.Toba Pulb Lestari  dengan kelompok tani hutan "BERSAMA" Desa Sionom Hudon Kecamatan Parlilitan Kabupaten Humbang Hasundutan lakukan penanaman Kemenyan di wilayah Parlilitan Sektor Tele Rabu (5/02/2020).

Kegiatan penanaman perdana kemenyan ini di hadiri oleh Camat Parlilitan Eliabzan Sihotang,Kapolsek Parlilitan AKP P.Simanungkalit, Plt Danramil Peltu Andi Lumban Toruan, mewakili  Dinas Pertanian Humbahas, KUPT Dinas Kehutanan Cabang Doloksanggul wilayah XIII, Kepala Desa Sion Timur Piatur Tinambunan beserta Tokoh Agama,Tokoh Masyarakat dan juga masyarakat Sionom Hudon.

Dalam kesempatan itu Direktur menejer PT. TPL Mulia Nauli berharap agar kerja sama antara kelompok tani hutan dan juga masyarakat kepada pihak PT.TPL berharap lancar dan aman.

"Kami dari pihak Toba Pulb Lestari meminta kerja sama yang baik kepada kelompok tani hutan dan juga masyarakat agar kita menjaga tanaman kita. Saya menitipkan Sektor tyele ini kepada bapak bapak sekalian, tegur kami jika ada kekurangan kami dalam bekerja karena kami tidak luput dari kesalahan dan kekurangan. JIka memang kita harus bekerja sama dengan baik, pasti bapak sekalian menegur jika kami melakukan kesalahan dalam bekerja karena kami juga manusia biasa," ucap Mulia Nauli.

Camat Parlilitan Eliabzan Sihotang yang di dampingi Kapolsek Parlilitan dan Danramil dalam sambutanya mengucapkan terima kasih atas adanya kegiatan perdana penanaman kemenyaan tersebut .

"Kami dari Uspika kecamatan parlilitan mengucapkan terimakasih kepala Toba Pulb Lestari atas undangannya, kami dalam undangan adalah sebagai parhobas dalam kegiatan penanaman kemenyan perdana antara kelompok tani hutan bersama dengan PT.TPL. Kami baru menyadari bahwa kehadiran PT.TPL ditengah tengah masyarakat bukanlah untuk menyengsarakan masyarakat, namun mensejahterakan. Apa yang ingin di butuhkan, bisa di sampaikan kepada PT.TPL dan juga apa yang pelu di sampaikan agar di serahkan ke perusahaan TPL demi kerja sama yang baik ini," ucapnya.

Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Wilayah XIII Doloksanggul, Benhard Purba juga berharap agar kelompok tani hutan semakin serius untuk bertani.

"Kami sangat mendukung kegiatan yang terlaksana ini, karena inilah langkah awal untuk membangkitkan kelompok tani hutan yang kita bina. Saat ini kita telah membina kelompok- kelompok yang ada di sekitaran hutan agar pendapatanya meningkat. Kita akan tetap mengajarkan bagaimana caranya mensejahterakan masyarakat tanpa merusak hutan dan kami berharap kepada kelompok tani hutan agar jangan di sini saja perjuanganya karena ini masih langkah awal bagi kalian," tandasnya.

Hal senada dengan Dinas Pertanian Kabupaten Humbahas, juga meminta kelompok tani agar lebih serius untuk melakukan setiap kegiatan pertanian.

"Kami juga dari Dinas Pertanian Kabupaten Humbang Hasundutan meminta kepada kelompok tani hutan agar lebih serius untuk bertani karena kelompok tani hutan saat ini sudah memasuki tahap sejahtra karena adanya bantuan- bantuan seperti ini dan juga kami meminta kepada pihak perusahaan Toba Pulb Lestari agar tidak jangan disi saja bantuan yang di berikan, tapi berikanlah bantuan bantuan lain yang dapat di rasakan masyarakat," ucap  Sekretaris Dinas Pertanian Br Manullang 

Sementara itu, Kepala desa Sionom Hudon Timur  juga pada kesempatan itu meminta masyarakatnya agar selalu mengucap syukur dan berterimakasih atas apa yang di peroleh Kelompok Tani Hutan "BERSAMA".

"Dalam kesempatan ini saya Kepala Desa Sionom Hudon mengucapkan terimakasih kepada perusahaan Toba Pulb Lestari atas apa yang sudah di serahkan kepada kami. Dalam kegiatan ini perusahaan TPL telah membuka satu pintu kepada masyarakat saya, terkhusus kelompok tani hutan. Kedepan kami menghimbau kepada saudara saudara kami agar kelompok tani makin di galakkan dan jangan di tidurkan," ucap Piatur 

Dan kelompok tani hutan kepada perusahaan TPL dalam kegiatan tersebut juga menyambut baik dalam kegiatan ini. Hal ini disampaikan perwakilan kelompok BERSAMA yang diwakili oleh  S Simbolon sebagai penasehat kelompok menjelaskan kedepan semoga kerja sama ini bisa berlanjut.

"Saya sebagai penasehat kelompok tani hutan BERSAMA mengucapkan banyak terimakasih kepada perusahaan TPL karena memenuhi permintaan kami. Kelompok tani yang kami bentuk adalah kelompok tani BERSAMA yang di bina kepala Desa Sionom Hudon dan kami merasa bangga karena permintaan penanaman kemenyan yang kami minta di penuhi oleh perusahaan. Dan harapan kami kedepan perusahaan bersama pemerintah agar memperhatikan kami lagi kedepan lebih serius karena kami di Desa Sionom Hudon rata-rata petani dan itu harapan kami agar perekonomian kami semakin meningkat," harapnya.(Abed Ritonga)
  BeritaTerkait
  • Pemkab Galakkan Pertanian Tepat Sasaran di Hutaginjang Silando Kecamatan Muara

    3 tahun lalu

    Muara (Pelita Batak) :Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan didampingi Ketua DPRD Kabupaten Tapanuli Utara Ir. Ottoniyer Simanjuntak dan beberapa SKPD lakukan penanaman perdana kentang jenis Grafika.

  • Sutrisno Pangaribuan: Pemkab Tapsel Lakukan Pembohongan Publik

    4 tahun lalu

    "Pertemuan Reses kali ini dengan masyarakat, semakin menegaskan bahwa Pemkab Tapsel, telah melakukan pembohongan publik. Dan merela telah melakukan upaya-upaya paksa terhadap masyarakat, agar bersedia demi kelancaran pembongkaran kuburan,"

  • TPL Kembali Dituding Berupaya Mengkriminalisasi Masyarakat Adat

    3 tahun lalu

    Taput (Pelita Batak) : Lima puluhan keturunan Op. Bolus Simanjuntak dari Huta Aek Napa, Sipahutar mendatangi kantor Polres Tapanuli Utara, Rabu pagi, 1 Februari 2017. Turut bersama mereka perwaki

  • Gunakan Dana CSR, Poktan Hutan Alam Jaya Tuai Hasil

    3 tahun lalu

    Dairi (Pelita Batak) : Kelompok Tani Hutan Alam Jaya yang berlokasi di Kabupaten Dairi, adalah salah satu potret keberhasilan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Toba Pulp Lestari (TPL).

  • Paparkan Sejumlah Program!! Bupati Humbahas Coffee Morning Bersama Masyarakat Desa Bonanionan Doloksanggul

    2 tahun lalu

    Doloksanggul (Pelita Batak): Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE Coffee Morning bersama masyarakat Desa Bonanionan, Kecamatan Doloksanggul di salah satu kedai kopi jalan Siliwangi 10 Okt

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb