• Home
  • Humbahas
  • Baginda Lumban Gaol Ikuti Proses Bacalon Bupati Humbahas di Perindo Sumut
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 06 Desember 2019 10:51:00

Baginda Lumban Gaol Ikuti Proses Bacalon Bupati Humbahas di Perindo Sumut

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Bakal calon (balon) Bupati Humbahas, Baginda Lumban Gaol didampingi Ketua DPW Partai Perindo Sumut, Rudi Zulham Hasibuan, Bukit Tambunan dan Landen Marbun, Ketua Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Sumut.
Medan (Pelita Batak):
Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kalimantan Barat (Kalbar) Baginda Lumban Gaol seriusi niatnya untuk ikut bertarung di Pilkada Humbahas tahun 2020. Mantan Wakajati Sumut itu mengikuti uji kepatutan dan kelayakan bagi para bakal calon bupati/walikota dan wakilnya yang dilaksanakan DPW Perindo Sumut, Kamis sore 95/12/2019).

Rela meninggalkan posisi sebagai pejabat tinggi di Kejaksaan, tentu membutuhkan motivasi pendorong besar hanya untuk memperebutkan kursi nomor satu di Kabupaten Humbahas tersebut. Baginda mengatakan, motivasi meninggalkan jabatannya untuk ikut berkompetisi menjadi Bupati Humbahas, dia mengatakan beranjak dari panggilan nurani yang ingin berbakti kepada rakyat khususnya di "Bona Pasogit" yakni Humbahas.

Baginda yang didampingi Ketua DPW Partai Perindo Sumut Rudi Zulham Hasibuan dan Landen Marbun, Ketua DPD Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Sumut  mengatakan untuk mewujudkan visinya menjadikan masyarakat Humbahas yang Maduma (Makmur dan Sejahtera).

"Untuk mewujudkan ini maka harus meningkatkan sumber daya masyarakat melalui pendidikan dan pelatihan. Sumber daya alam yang kaya tidak berguna jika mutu sumber daya manusianya rendah dan tidak kompeten," kata mantan Kejari Tarutung ini.

Baginda mencontohkan dewasa ini sudah banyak program yang bertujuan mensejahterakan rakyat, namun tidak dapat dimanfaatkan dengan baik karena sumber daya manusia yang tidak kompeten.

"Skim pembiayaan Kredit Usaha Rakyat yang sudah disediakan oleh pemerintah namun belum banyak dimanfaatkan rakyat termasuk di Humbahas akibat mutu sumber daya manusia yang rendah," katanya.

Menjawab pertanyaan tentang kompetensi yang dimilikinya sebagai aparatur kejaksaan yang sarat pengalaman dikaitkan dengan tugas birokrasi di pemerintah daerah, menurut Baginda hal tersebut saling berkaitan dan saling berhubungan.

Bahkan, menurut Baginda, kompetensi dan pengalaman sebagai aparatur penegak hukum akan berguna menekan berbagai potensi yang merongrong optimalisasi pemanfaatan anggaran.

Program lain, kata Baginda harus dilakukan adalah menyuluh para petani agar memahami pola tanam yang benar sehingga produksi meningkat signifikan.

Mengenai bakal calon pasangan yang akan digandengnya untuk bertarung dalam Pilkada Humbahas, Baginda menyebutkan sudah menjajaki sejumlah partai politik yang memiliki kursi di DPRD Humbahas.

Sekadar mengingatkan, dalam Pilkada 2020 di Humbahas para penantang akan berhadapan dengan bupati petahana Dosmar Banjarnahor.(TAp|*)
  BeritaTerkait
  • Santer, Sejumlah Nama Disebut Maju di Pilkada Humbahas

    4 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Sebanyak 23 dari 33 Kabupaten/Kota di Sumut akan ikut dalam pesta demorkasi Pemilihan Kepala Daerah serentak di tahun 2020. Diantaranya Kabupaten Humbang Hasundutan yang nampaknya

  • Amigos Band, Joel Simorangkir dan Tere Marbun Meriahkan Panggung Natal Bersama Sahabat Baginda-Rajin

    3 minggu lalu

    Doloksanggul (Pelita Batak):Ribuan warga Kabupaten Humbanghasundutan larut dalam kemeriahan hiburan bersama Sahabat Baginda-Rajin (Baginda P Lumban Gaol, SH,MH-Rajin Tajom Sihombing, Bakal Pasangan Ca

  • Dirgahayu ke 14 Humbahas: Sekilas Sejarah Peran Serta Masyarakat yang Ada di Parserahan Atas Berdirinya Kabupaten Humbang Hasundutan

    3 tahun lalu

    Oleh: Gandhi PakpahanPARNADOS (PARSAHUTAON NAHUMALIANG DOLOKSANGGUL)PARNADOS yang berdiri pada tanggal 27 Januari 1995 mempunyai benang merah dengan PERNADOS yang berdiri sebelumnya dan wadah lain set

  • Selamat Datang Wakajati Sumut yang Baru, Yudhi Sutoto

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Yudhi Sutoto tiba di Medan. Kajati Sumut Dr. Bambang Sugeng Rukmono, MM, MH, menyematkan Ulos Selamat Datang kepada Wakajati Sumut b

  • Saat Jadi Kajari, Baginda Lumban Gaol Sering 'Intip' RE Nainggolan

    2 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Baginda Polin Lumban Gaol, SH.,M.Hum saat menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Tarutung mengaku sering 'intip' trik dan cara Dr RE Nainggolan,MM (Bupati Tapanuli Uta

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb